Pemuda Day Sleeper Night Walker

0 11

“Lek isuk,

sing tuwek mancal sepeda,

sing enom mancal kemul”

Hal tersebut dilontarkan oleh ibu Ekawati, beliau adalah orang asli Sidoarjo yang tinggal di daerah Jenggolo. Saat bertemu dengan tim GWS, ibu ini begitu semanggat untuk berolahraga. Saat ditanya pendapatnya menggenai pemuda Sidoarjo, beliau menyeletuk …arek enom iku sing kreatif benno sidoarjo maju, ojok sing tuwek-tuwek tok. Lha piye isuk isuk ngene iki wong tuwek tuwek wes podo mancal sepeda, arek enome malah nang omah mancal kemul…”. Lontaran ini sebenarnya sangat relatif sehingga tidak bisa semua pemuda di Sidoarjo dikategorikan demikian (sukanya mancal selimut di pagi hari), tapi tidak bisa dipungkiri bahwa pasti ada pemuda yang model begini (termasuk yang nulis, kadang kadang), ehehe 😀

Sebelum kita membahas alasan kenapa pemuda suka bangun siang, kita akan coba memetakan rentang usia pemuda yang suka bangun siang. Kalo remaja SMA (Sekolah Menenggah Atas) kelihatanya mereka akan bangun siang saat hari minggu saja, karena di hari-hari biasanya mereka kan harus masuk sekolah pukul 07.00 sehingga mau tidak mau harus bangun pagi. Kelompok pemuda yang paling banyak bangun siang adalah para Mahasiswa dan fresh graduate, kaum pemuda baru lulus kuliah yang belum dapet kerjaan alias pengangguran. Mahasiswa suka bangun siang karena umumnya jadwal perkuliahan mahasiswa tidak dimulai di pagi hari seperti pelajar SMA atau SMP, malah beberapa universitas memungkinkan mahasiswanya untuk memilih mata kuliah yang tersedia, sehingga mereka dapat menentukan hari apa dan jam berapa saja mereka kuliah. Artinya jadwal kuliah memang lebih fleksibel, bisa dimulai siang, sore, atau bahkan malam hari. Agak lain halnya dengan lulusan baru atau pengangguran baru. Kelompok pemuda ini sama sekali tidak punya alasan untuk bangun pagi, mereka cenderung menjadi individu yang bebas tanpa ada keterikatan dengan waktu dan jadwal. Pokoknya santai, meskipun secara psikologis gak santai-santai amat, karena pasti terus didesak untuk segera bekerja oleh orang-orang di sekitarnya.

Berikut tipe pemuda dan alasan kenapa pemuda suka bangun siang:

  1. Belum Ada Pekerjaan

Belum memiliki pekerjaan adalah salah satu alasan kuat kenapa bangun siang diperbolehkan, karena besok tidak harus mengerjakan apa-apa atau harus kemana-mana. Di pagi hari, mereka cenderung santai dan memilih bangun di siang hari. Rutinitas yang semacam ini akan terjadi berulang-ulang. Siklus hidup sehari-harinya kurang lebih seperti ini: Bangun di siang hari, santai dulu sampai sehabis magrib, dilanjut dengan keluar rumah untuk sekedar main atau melakukan aktivitas lainnya sampai subuh, kembali kerumah, tidur, balik lagi ke bangun di siang hari, dan begitu seterusnya.

  1. Belum Ada Tangungan

Sama sekali belum ada tanggungan, makan masih ikut orang tua, tinggal ya dengan orang tua, uang jajan nanti tinggal minta ke orang tua. Atau bisa juga jenis anak kost yang untuk memenuhi kebutuhan tinggal minta transfer beres, tugasnya tinggal bersantai. Bentuk tanggungan lain seperti keluarga, istri/suami, anak, atau lainnya belum ada juga. Karena tidak memiliki hal yang harus dipenuhi dan diprioritaskan, alhasil santai dan bangun siang adalah opsi yang sangat masuk akal untuk dilakukan.

  1. Suka Begadang

Pemuda yang suka begadang biasanya memiliki lingakaran sosial yang luas. Malam hari adalah waktu yang harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk bersosialisasi dengan cangkruk, nonton bola, atau hal lainnya yang biasa dilakukan di malam hari. Ditambah mereka tidak memiliki tanggungan di esok pagi, maka ya sans aja.

  1. Idealis

Tipe pemuda yang bangun siang karena idealis, memilih menjadi seseorang yang unemployed, tidak bekerja karena bekerja adalah sesuatu hal yang melegitimasi pola kapitalisme. Memilih begadang untuk sekedar merenung dan memikirkan kemaslahatan dunia, perkembangan nasional serta bagaimana Indonesia bisa menjadi kekuatan baru yang mendominasi di kancah internasional dan menggeser Amerika atau China. Tipe pemuda yang seperti ini biasanya yang paling susah untuk disadarkan dan menemukan entitasnya sebagai manusia yang harus bangun pagi. I mean, tidak ada yang salah dengan merenung memikirkan nasib bangsa Indonesia (atau agama, atau apapun yang mereka renungkan), tapi ya mana bisa hanya dengan merenung semua pemikiran brilian itu dapat terwujud? Harus ada aksi nyata dong ya meskipun kecil dan dari bawah.

 

Demikian adalah beberapa tipe dan alasan kenapa pemuda suka bangun siang. Sah sah ae yo lur nek kate tangi awan, tapi nek situasine wes seje, wes podo nduwe tanggungan yo nek iso dirubah kebiasaane nang sing luwih apik ngono lur, yoopo? Sampeyan tipe yang mana?

(dnm)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.