9 Tari Daerah di Indonesia yang Unik dan Lengkap

0 37

Setelah membahas suku di Indonesia dan kebiasaan uniknya, sekarang lanjut bahas tari daerah yang unik di Indonesia. Tari tradisional adalah merupakan suatu tarian yang berkembang di suatu daerah yang berpedoman luas kepada adaptasi dari kebiasaan yang turun menurun yang dianut oleh suatu masyarakat yang memiliki tari tersebut. Jadi, pelestarian tari yang sudah ada sejak zaman dahulu wajib dilakukan oleh masyarakat zaman selanjutnya untuk menjaga ciri khas dari daerah tersebut. Baca terus mengenai 9 tari daerah di Indonesia sebagai pengetahuan mendasar agar dapat mengetahuinya.

Sifat nasionalisme tidaklah sulit, hanya sekedar melestarikan tarian – tarian yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut menjadi salah satu bentuk kecintaan pada negara Indonesia. Tidak sedikit budaya – budaya kita bahkan tarian yang diklaim menjadi milik negara lain. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa wajib melestarikan setiap budaya yang ada di Indonesia agar terus berlangsung dan Indonesia tidak kehilangan kekayaan budayanya tersebut. Selanjutnya 9 tari daerah di Indonesia.

9 Tari Daerah di Indonesia Terlengkap

Jenis tari ada dua macam, yaitu tari modern dan tradisional. Untuk mengetahui apa saja yang tarian – tarian khas dari setiap daerah, Anda perlu memperhatikan tarian nusantara dan penjelasannya berikut ini dalam 9 tari daerah di Indonesia yang unik dan menarik:

  1. Tari Topeng

Tari TopengTarian yang berasal dari DKI Jakarta ini, pada zaman dahulu sudah digunakan sebagai penolak bala. Namun seiring berkembangnya zaman, Tari Topeng sendiri sudah jarang digunakan sebagai penolak bala. Hal ini dikarenakan anak – anak muda yang sudah memasuki dunia modern yang beralih ke pergaulan anak muda.

  1. Tari Serimpi

Tari SerimpiTari serimpi merupakan tarian yang terkenal dari Yogyakarta yang dimana Yogyakarta sendiri sudah terkenal sebagai kota yang banyak meninggalkan kebudayaan dari kerajaan. Hal tersebut juga yang menjadi salah satu faktor tarian khas jogja ini terpengaruhi oleh keratonan. Maka dari itu, Tari Serimpi ini digunakan oleh masyarakat di zaman dahulu sebagai pertunjukan dari kerajaan di dalam keraton – keraton.

Mengenai perkembangan Tari Serimpi dari zaman dahulu hingga zaman sekarang terus ada dan tidak punah. Karena Tari Serimpi sendiri untuk zaman sekarang juga dapat dinikmati oleh para wisatawan. Baik dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung dan menikmati peninggalan dari kerajaan yang berada di daerah Yogyakarta.

  1. Tari Saman

Tari SamanTarian aceh saman ini berasal dari Nangroe Aceh Darussalam dan merupakan tarian yang sangat terkenal untuk dipentaskan kepada masyarakat umum ketika hari – hari besar tiba seperti acara maulid Nabi Muhammad SAW, dan hari – hari besar lainnya. Tarian ini berbeda dengan tarian pada umumnya karena Aceh yang terkenal akan julukan Serambi Mekahnya dan yang selalu berpegang teguh kepada agama yang menjadi alasan mereka hidup di dunia ini.

Keterkenalan Aceh terhadap julukan Serambi Mekah dan berpegang teguh terhadap agama tersebut dilambangkan dengan suatu tarian daerah aceh yang diberi nama Tari Saman. Budaya tari ini ketika zaman dahulu sudah digunakan sebagai sarana untuk dakwah oleh para ulama – ulama yang berada di Aceh untuk menyebarkan agama dan memberikan hal – hal baik di dalam dakwah tersebut.

  1. Tari Jaipong

Tari JaipongTari daerah di indonesia yang ke 4 yaitu tari Jaipong. Jaipong ini merupakan tarian yang sangat terkenal dari daerah Jawa Barat. Tarian ini bisa menjadi suatu hiburan bagi masyarakat Jawa Barat. Namun bagi sebagian orang yang memberikan pendapatnya bahwa tari jaipong adalah tarian yang digunakan untuk menyambut tamu besar baik tamu yang berasal dari dalam negeri hingga luar negeri.

  1. Tari Pendet

9 Tari Daerah Di Indonesia Yang Unik Dan LengkapTarian yang berasal dari Bali ini menjadi peninggalan agama hindu yang tidak hanya berpengaruh kepada karakteristik yang ada di suasana Bali saja. Tetapi juga berpengaruh terhadap tarian daerah Bali karena masyarakat Bali sendiri sering menggunakan tarian ini untuk upacara keagamaan Hindu.

Tari Pendet hingga saat ini masih menjadi daya tarik bagi orang – orang luar yang berkunjung ke Bali. Hal ini dikarenakan tarian Bali sekarang sudah menjadi suatu hiburan yang dipentaskan untuk menghibur orang banyak. Selain itu, Tari Pendet juga digunakan sebagai tarian untuk menyambut tamu penting seperti presiden, dan para aparat negara yang hadir ke Bali.

  1. Tari Piring

Tari PiringTari Piring merupakan tarian yang sangat terkenal yang menjadi tarian tradisional khas Sumatera Barat. Asal mula terciptanya tari piring ini berasal dari Kota Minangkabau dan fungsinya tidak digunakan sebagai acara pentas, melainkan digunakan ketika masa panen tiba. Tarian Piring telah dipercaya sebagai bentuk dari rasa syukur kepada Dewi Padi yang telah memberikan hasil panen yang melimpah kepada masyarakat Minang.

  1. Tari Makan Sirih

Tari Makan SirihTari tradisional yang berasal dari Riau ini pada zaman dahulu ketika masih terkenal sebuah kerajaan – kerajaan yang ada di Indonesia. Tarian Makan Sirih ini selalu menjadi tarian yang dipentaskan atau ditampilkan ketika para menteri dari kerajaan atau orang lain dari kerajaan yang menghadiri daerah Provinsi.

Budaya Tari Makan Sirih hingga saat ini masih dilestarikan oleh anak – anak bangsa dan untuk sekarang tarian Makan Sirih sendiri digunakan untuk menyambut tamu besar seperti para Gubernur hingga Presiden negara yang hadir ke Riau.

  1. Tari Perang Papua

Tari Perang PapuaTarian daerah papua yang satu ini pada zaman dahulu sering dipentaskan dengan tujuan ingin mengobarkan semakan dari para pejuang perang. Namun seiring berkembangnya zaman dan bergantinya tahun, mereka para penari Perang Papua sendiri menggunakan tarian ini untuk upacara adat yang ada di Papua. Daerah Papua sendiri memang dikenal dengan daerah yang memiliki banyak budaya dan tradisi yang masih melekat dan sangat unik untuk diketahui.

  1. Tari Campak

Tari CampakTari Campak berasal dari Bangka Belitung dan pada umumnya digunakan sebagai pengisi hiburan yang dipentaskan pada acara tertentu. Banyak orang yang mengenal tarian ini dengan sebutan tarian pentas. Akan tetapi, di dalam tarian ini terselip tujuan untuk menghibur para bujang agar tidak bersedih atas kesendirian yang dialaminya. Selain itu, Tari Campak juga dijadikan sebagai acara syukur atas panen padi seperti tari piring yang telah ada di provinsi Sumatera Barat.

Sekian ulasan mengenai 9 tari daerah di Indonesia. Semoga pembahasan di atas dapat menjadi manfaat bagi kita semua yang menjadi penerus bangsa agar tergerak hatinya untuk selalu melestarikan setiap budaya negara yang wajib untuk dilestarikan agar tidak punah. Tari – tari di atas sudah menjadi ikon dari setiap daerah yang ada sehingga para wisatawan hingga tamu negara yang hadir ke suatu daerah tersebut akan disuguhkan dengan pertunjukan tari yang indah dan menawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.