8 Suku Terasing di Dunia yang Jauh dari Era Modern

0 125

Pada era modern sekarang ini ternyata masih banyak suku primitif yang ada di Indonesia. Semakin hari, berbagai macam hal baru yang berkaitan dengan teknologi semakin hadir. Kini, dunia sudah begitu modern dan memberikan kemudahan untuk manusia. Namun, di balik dunia yang serba modern ini ternyata masih terdapat suku pedalaman. Kondisinya memprihatinkan, bahkan begitu terisolasi. Tidak hanya itu, bahkan beberapa suku merasa terancam akan kehadiran manusia modern. Selengkapnya akan kami bahas beberapa suku terasing di dunia.

Meskipun keberadaannya tetap diakui, namun beberapa suku masih tetap mempertahankan kebudayaannya. Salah satunya dengan menghindari dunia luar dan memilih bertempat tinggal di pedalaman. Dunia yang penuh dengan kegelapan dan begitu sunyi pada malam hari. Meskipun menjalani aktivitas secara tradisional, namun tetap dapat bertahan hidup. Ingin tahu apa saja suku terasing di dunia? Baca terus lebih jelasnya pada artikel ini.

8 Suku Terasing di Dunia

Beberapa suku lebih memilih jalan hidup dengan kondisi yang apa adanya di bandingkan dunia luar. Inilah suku tersebut meliputi:

  1. Suku Sentinel

Suku SentinelBeberapa orang masih belum tahu bahwa terdapat suku yang cukup asing. Yaitu Suku Sentinel yang tinggal di daerah Teluk Benggala. Daerah ini berada di pulau Sentinel Utraa di teluk Benggala. Suku sentinel begitu terasing serta jauh dari peradaban yang sedang berkembang saat ini. Bahkan, para peneliti juga masih belum memahami mengenai suku sentinel secara lengkap. Karena, minimnya informasi yang bisa di dapatkan.

Bahkan, pemerintah India sendiri sudah melakukan pendekatan. Namun, sangat susah untuk memperoleh informasi yang jelas. Hanya saja, sebuah ekspedisi pernah dilakukan yaitu mendekati pulau sentinel dan memberikan makanan. Suku sentinel masih begitu waspada terhadap orang asing. Bahkan, mereka selalu siaga dengan bilah panahnya.

  1. Suku Goroka

Suku GorokaMenarik ! ternyata, masih ada suku yang begitu terasingkan di wilayah Papua Nugini. Yaitu suku Goroko ayang sampai saat ini masih belum tersentuh peradaban modern. Suku goroka juga di anggap sebagai suku paling primitif di dunia.  Suku ini kerap kali bertengkar dengan suku lainnya dalam melakukan perebutan wilayah. Maka, tidak heran jika suku Goroka bisa mundur dan mencari tempat yang lebih aman seperti daerah terisolasi.

Karena itu, suku ini masih begitu asing dan tentu belum dikenal oleh masyarakat sekitar. Bahkan, untuk kehidupan sendiri masih begitu sederhana. Namun, untuk rasa kekeluargaanya sendiri sangatlah kental. Mereka saling menghormati sesama anggota. Wajar saja, jika sampai saat ini suku Goroka masih tetap ada namun jarang terlihat oleh orang lain.

  1. Suku Mayoruna

Suku MayorunaSuku terasing di dunia yang ke 3 yaitu Suku Mayoruna. Suku ini berdiam di wilayah Peru sampai dengan Amazon Brazil. Bahkan, mayoruna juga kerap disebut sebagai suku Amazon. Peradaban mereka berjalan dengan begitu tradisional dan menjaga kealamiaanya. Bahkan, saat ada suku lain yang datang maka akan berperang dengan sekuat tenaga.

Suku ini lebih banyak memiliki pengetahuan mengenai tumbuhan dan hewan. Suku mayoruna masih mengandalkan berburu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam berburu, suku mayoruna menggunakan tombak serta panah sebagai senjatanya. Namun, mereka selalu berhati-hati dalam berburu. Karena, suku mayoruna belum tahu agama dan masih percaya akan roh dari hewan.

  1. Suku Yahi

Suku YahiSuku Yahi merupakan penduduk asli Amerika yang menempati daerah Deer creek. Menariknya, suku ini tidak memiliki kepala suku. Mereka tetap percaya bahwa semua individu tetap setara . Sampai saat ini mereka hanya mengandalkan cara yang tradisional dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini tentu untuk menjaga agar mereka tetap hidup.

Namun, populasinya saat ini sudah begitu sedikit. Dari data terakhir, hanya ada sekitar 15 orang suku yahi saja. Hal ini dikarenakan adanya fenomena “ demam emas” yang membuat banyak orang mengunjungi tempat ini untuk menambang. Kemudian, suku yahi berusaha melawan namun kalah dalam persenjataan. Terpaksa, mereka harus mengasingkan diri dan pergi jauh dari wilayahnya.

  1. Suku Mascho Piro

Ialah suku Indian primitif yang berasal dari hutan hujan Amazon. Dikenal juga sebagai manusia penghuni hutan amazon.  Suku ini masih hidup dengan cara nomaden atau berpindah-pindah. Suku ini begitu tertutup dengan orang lain. Mereka tidak mengijinkan sedikitpun orang asing masuk ke wilayahnya. Jika tetap saja dilakukan, maka suku Mascho Piro tidak segan menyerang dengan menggunakan panah.

Hal ini hampir mirip dengan suku sentinel akan keganasannya. Pengasingan diri dilakukan untuk tetap dapat bertahan hidup dan melanjutkan keturunannya. Sampai saat ini, masih terdapat beberapa orang dari suku ini. Namun, untuk jejaknya sendiri sekamin susah untuk ditemukan.

  1. Suku Nenets

Suku NenetsSuku terasing di dunia ke 3 yaitu Suku Nenets. Suku yang bertempat tinggal di wilayah utara Rusia ini masih begitu menghargai kekayaan alam bumi. Hal inilah yang membuat mereka tetap hidup dengan berkecukupan. Sederhana, terpenting dapat hidup dengan tenang. Suku ini juga melakukan pemburuan untuk memenuhi kebutuhannya. Menariknya, suku nenets mampu untuk bertahan dalam cuaca – 20 derajat celcius. Sangat dingin bukan? Faktanya, memang mereka mampu untuk melakukan hal tersebut.

Hal inilah yang menjadikan suku nenets sangat terasing. Karena, masyarakat biasa tidak akan pernah mampu bertahan di cuaca ekstrem tersebut. Sampai saat ini, suku nenets tetap ada. Hanya saja, beberapa dari mereka memilih untuk keluar dari wilayah dan mengikuti peradaban. Bahkan,diperkirakan jumlah mereka yang masih tetap tinggal begitu sedikit.

  1. Suku Tsaatan

Suku TsaatanDi daerah Mongolia terdapat suku bernama Tsataan. Suku ini hidup sebagai pengembala rusa kutub. Tidak banyak orang yang menyadari akan suku tsataan. Karena, suhu esktrem di utara Mongolia ini sangatlah dingin. Jadi, tidak memungkinkan untuk masyarakat biasa dapat menjelajah daerah ini. Kecuali, suku tsaatan yang masih tetap bertempat tinggal di daerah ini.

Dengan begitu, tentu sangat jelas jika tsaatan terlalu asing di mata dunia. Meskipun begitu, populasi rusa yang terus menyusut membuat suku tsaatan resah dan bimbang dalam menjalani kehidupannya. Beberapa orang suku lebih memilih keluar dari tempat tersebut. Tetapi, masih terdapat sekitar 40 keluarga yang tetap bertahan sampai saat ini.

  1. Suku Gauchos

Suku GauchosWilayah Argentina juga memiliki suku yang masih begitu asing. Jika di Mongolia mereka pengembala rusa, maka di Argentina ada pengembala kuda. Mereka hidup secara berdampingan dan menjadi hal yang biasa dilakukan bersama. Layaknya seorang pengembala, maka akan bertempat tinggal di berbagai daerah.

Mereka melakukan perjalanan dengan menaiki kuda. Suku ini banyak yang memiliki ketrampilan sebagai penunggang kuda hebat. Meskipun, jika saat ini sudah jarang melihatnya. Namun, pemerintah Argentina sendiri masih memberikan perlindungan terhadap semua bentuk suku termasuk Gauchos.

Usai sudah pembahasan beberapa suku terasing di dunia versi GWSLUR. Meskipun telah memilih untuk hidup di pedalaman, namun untuk kehidupanya masih tetap terjaga. Sudah semestinya, manusia modern bertoleransi termasuk dengan suku pedalaman. Jangan biarkan mereka punah, terlebih dengan kemajuan di era sekarang. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.