5 Suku Primitif yang Ada di Indonesia Sampai Sekarang

0 415

Setelah mendalami adat istiadat suku pedalaman papua, sekarang lanjut pada suku primitif. Negara Indonesia memiliki berbagai macam keberagaman sukunya. Banyak sekali suku-suku yang sampai saat ini masih tetap berkembang. Di era serba digital ini, tentu peradaban menjadi semakin maju. Namun, masih tetap ada beberapa suku yang memegang prinsip aturannya untuk tidak mengikuti zaman. Bahkan, ada yang masih menganut sistem nomaden atau berpindah tepat. Ingin tahu apa saja suku tersebut? Inilah beberapa suku primitif yang ada di Indonesia.

Suku yang ada tentu tersebar di berbagai daerah. Suku pedalaman juga masih tetap berkembang di wilayah Indonesia. Terlebih, beberapa suku juga masih tinggal di pedalaman dan terasingkan dari dunia luar. Meskipun mereka terasingkan, namun kehidupan masih berjalan dengan baik. Tentu, hal ini tidak bisa di paksa. Karena, suku memiliki pilihannya sendiri dalam menjalani kehidupan. Sudah seharusnya, anda paham mengenai suku primitif yang ada di Indonesia.

Beberapa Suku Primitif yang Ada Di Indonesia

Sampai saat ini, terdapat beberapa suku primitif yang berada di wilayah Indonesia. Inilah suku primitif tersebut.

  1. Suku Samin

Suku SaminApakah anda pernah mendengar suku yang satu ini? Suku samin bertempat tinggal di wilayah Jawa Tengah. Merupakan keturunan dari Samin Surosentiko. Suku samin ikut serta dalam melakukan perlawan terhadap penjajahan dari belanda. Namun, untuk perlawan yang dilakukan dalam bentuk kekerasan. Melainkan, dalam bentuk lain yang lebih baik.

Seperti halnya menolak membayar pajak, menolak peraturan yang dibuat oleh pemerintah kolonial dan lainnya. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi penjajah di era dahulu. Bahkan, belanda menganggap suku samin sebagai suku paling berbahaya di Indonesia. Suku ini begitu terisolasi dan tidak banyak yang mengetahuinya. Buktinya, mereka baru mengetahui bahwa Indonesia merdeka setelah 25 tahun. Sangat lama bukan?

Hal ini membuktikan bahwa mereka memang cukup menutup diri. Suku ini tidak terlalu banyak, namun mereka tersebar secara luas di berbagai daerah Jawa Tengah. Sering di dapati pada kawasan Blora, Bojonegoro. Tetapi, ada juga yang masih tinggal di daerah pegunungan kendeng. Suku samin juga terkenal lebih sopan dan mengedepankan hal-hal baik dalam menjalani kehidupannya.

  1. Suku Kubu

Suku KubuSuku primitif di indonesia yang ke 2 yaitu Suku Kubu. Di daerah Jambi,terdapat suku yang masih begitu primitif yaitu bernama kubu. Menariknya,, suku ini berasal dari Pagaruyung dengan kebuktian penggunaan bahasa yang sama. Bahkan, suku kubu masih menganut sistem nomaden dimana berpindah-pindah dalam bertempat tinggal. Untuk memenuhi kebutuhannya sendiri lebih banyak berburu secara tradisional.

Sampai saat ini, suku kubu masih tetap ada bahkan sudah memulai dengan berkebun. Namun, suku ini masih tetap menggunakan aturan dan adat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Jadi, jangan dibayangkan bahwa suku kubu sudah mengikuti era modern seperti saat ini. Justru, mereka begitu komitmen mengenai aturan yang telah turun temurun.

Tetapi, populasinya saat ini semakin terus berkurang. Salah satu alasannya yaitu karena daerah tempat tinggal mereka mulai dirusak oleh manusia tidak bermoral. Akibatnya, mereka terpaksa harus berpindah-pindah dan mencari tempat terbaik.

  1. Suku Polahi

Suku PolahiSuku primitif yang ada di indonesia yang ke 3 yaitu Suku Polahi. Tidak ada yang tahu, bahwa di daerah gorontalo masih terdapat suku yang begitu primitif .Polahi memiliki arti sebagai “ Pelarian”. Jadi, banyak orang beranggapan bahwa suku ini merupakan orang gorontalo yang lari ke pedalaman hutan. Tentu, hal ini terjadi saat penjajah mulai bergerak di wilayah Indonesia.

Suku ini beranggapan bahwa penjajah bukanlah pemimpin yang baik. Bahkan, mereka rela lari ke pedalaman yang begitu jauh dari wilayah seharusnya untuk menghindari hal tersebut. Menariknya, mereka hidup dengan cara beradaptasi secara cepat. Suku polahi tidak mengenal pakaian, ataupun baca dan tulis.

Untuk pakaian yang digunakan sendiri hanya bagian alat vital saja. Sedangkan, untuk dada tidak mengenakan apapun. Tidak hanya untuk pria, melainkan juga sama saja pada wanita. Suku ini masih mempertahankan kebiasaan berupa perkawinan antar saudara. Karena, mereka percaya dengan perkawinan sedarah akan dapat mempertahankan keturunan. Padahal, perkawinan suku primitif sedarah sangatlah dilarang. Sangat primitif ya?

  1. Suku Korowai

Suku KorowaiSuku primitif yang ada di indonesia ke 4 yaitu Suku Korowai. Merupakan suku yang berada di wilayah Papua. Menariknya, suku ini baru ditemukan temukan sekitar 30 tahun lalu. Suku ini memiliki populasi sekitar 3 ribu orang. Sampai saat ini, mereka tidak tahu mengenai masyarakat yang ada di luaran. Terdapat keunikan dari suku ini yaitu tinggal diatas pohon dengan ketinggian 50 meter.

Mengapa mereka lebih memilih membuat rumah diatas pohon? Jika di pikirkan tentu cukup berbahaya. Namun, mereka memiliki alasan yaitu agar tidak banjir, terbakar serta terhindar dari serangan hewan liar yang ada di hutan. Umumnya, untuk setiap satu rumah sendiri di huni oleh satu kelompok. Hal ini terlihat dari ukuran rumah yang cukup besar.

Pakaian yang digunakan dalam sehari-hari hanya seadanya saja. Yaitu menggunakan pakaian dari dedaunan. Untuk kebutuhannya, suku korowai banyak melakukan perburuan. Seperti memburu babi hutan dengan menggunakan tombak khusus. Suku ini begitu primitif karena memiliki kebiasaan mengkonsumsi daging manusia. Namun, daging yang dimakan yaitu bagi mereka melanggar aturan setempat. Jadi, tidak sembarangan ya !

  1. Suku Mante

Suku ManteSuku primitif di indonesia yang terakhir yaitu Suku Mante. Percaya atau tidak, ternyata di daerah Aceh masih ada suku yang begitu primitif. Suku mante merupakan suku yang masih begitu tradisional serta belum banyak ditemui. Suku ini dipercaya merupakan hasil dari Champa, Kamboja yang datang ke aceh pada 3 ribu tahun sebelum masehi. Banyak yang beranggapan bahwa suku ini berada di pedalam hutan aceh secara bersama-sama. Namun, saat ini populasinya sendiri sudah cukup sedikit.

Sejak masuknya agama Islam, banyak dari suku mante yang mengikutinya. Namun, ada juga yang tidak ikut serta melakukan pengasingan diri dengan hidup di dalam hutan yang lebih jauh. Hal ini memang sudah sangat biasa terjadi karena perbedaan pendapat. Meskipun begitu, suku mante saat ini sudah mulai sedikit populasinya. Hal ini juga di ungkapkan oleh masyarakat aceh karena sudah sangat jarang terlihat.

Berbeda di zaman dahulu yang masih kadang terlihat. Karena itu, masih banyak yang ingin menemukan teka teki dari suku mante ini. Karena, suku mante di klaim masih begitu primitif dari pakaian ataupun cara berbahasanya. Tetapi, terdapat video viral yaitu pengendara motor yang menjelajah hutan dan menemukan orang aneh. Hal ini dianggap sebagai salah satu orang dari suku mante. Sayangnya, pengendara motor tersebut tidak dapat memperlihatkan dengan lebih jelas.

Suku primitif yang ada di Indonesia memang cukup beragam. Bahkan, masing-masing suku juga memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Meskipun begitu, toleransi menjadi hal yang penting untuk tetap menjaga keragaman ini. Semoga artikel budaya Indonesia dari GWSLUR ini bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.