9 Suku di Indonesia dan Kebiasaan Uniknya Lengkap

0 79

Indonesia adalah negara kepulauan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Dengan negara seluas ini, maka terdapat banyak juga jumlah suku unik di Indonesia. Indonesia yang terkenal akan keberagaman suku dan budayanya ini menjadi ciri khas yang harus dilestarikan bagi penghuni suku tersebut agar tidak punah dan tetap menjadi daya tarik untuk dunia luar. Ada juga banyak lukisan termahal di Indonesia dengan harga yang sangat tinggi. Pada artikel ini akan dibahas mengenai 9 suku di Indonesia dan kebiasaan uniknya.

Tidak sedikit suku di Indonesia masih tinggal di suatu pedalaman dan masih sangat susah untuk dapat ditempuh dari kota atau daerah satu ke daerah yang lainnya. Untuk suku pedalaman di Indonesia sendiri masih sangat kental suku dan budayanya sehingga kita sebagai masyarakat yang bukan berada di suku tersebut harus mengetahui dan menghargai setiap suku yang ada. Kita tidak berada di suku tersebut bukan berarti tidak wajib mengetahui 9 suku di Indonesia dan kebiasaan uniknya.

9 suku di Indonesia dan kebiasaan uniknya Terlengkap

Baik suku maupun budaya Indonesia sangatlah banyak dan Indonesia terkenal akan kekayaannya tersebut. Hal inilah yang harus dilestarikan dan merupakan kebanggaan dari bangsa. Tidak sedikit turis baik dari dalam negeri maupun luar negeri datang ke suatu daerah yang masih kental akan sukunya untuk diteliti atau sekedar berlibur dan mencari pemandangan yang unik serta tidak mereka dapatkan di lingkungan tempat tinggal. 9 suku di Indonesia dan kebiasaan uniknya akan dibahas berikut ini:

  1. Suku Betawi

Suku Betawi ini berasal dari ibu kota negara Indonesia yaitu Provinsi DKI Jakarta. Suku ini sangat unik karena tidak pernah meninggalkan kesenian boneka yang berukuran raksasa atau biasa orang – orang sebut yaitu Ondel – ondel. Suku betawi sudah ada sejak zaman neolitikum dan biasanya penduduk asli Betawi sendiri berasal dari Nusa Jawa antara lain: orang jawa, sunda, dan juga Madura. Biasanya orang – orang akan langsung menilai orang tersebut dari suku Betawi yaitu dari logat atau cara ia berbicara.

  1. Suku Baduy

Suku BaduySuku baduy berasal dari Banten dan di suku baduy sangat kontras dengan zaman sekarang. Di sana masih tanpa listrik, mobil, atau apapun yang berhubungan dengan modernisasi. Masyarakat suku baduy sangat mencintai pelestarian alam sehingga mereka tidak akan melakukan perusakan terhadap pohon dan mereka akan merasa bersalah jika hutan tersebut rusak atau gundul karena kepercayaan mereka muncul bahwa menghidupi pohon merupakan sikap yang bisa untuk mensejahterakan masyarakat semua alam.

Suku baduy ini terdiri dari baduy dalam dan baduy luar. Untuk baduy dalam sendiri masyarakatnya masih berpegang tegung kepada adat istiadat kuno yang tidak ingin mengetahui kehidupan dunia luar, tidak suka difoto, dan tidak memakai peralatan modern. Sementara itu, suku baduy luar sudah membolehkan masyarakatnya untuk menggunakan peralatan modern. Suku baduy sendiri memiliki kegiatan seni yang produktif hingga saat ini yaitu seni tenun.

  1. Suku Sasak

Suku SasakSuku di indonesia dan kebiasaan uniknya yang ke 5 ini yaitu Suku Sasak. Merupakan nama suku yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terdapat ritual unik yang ada di suku sasak yaitu kawin culik. Kawin culik merupakan sebuah ritual pernikahan yang dilakukan dengan menculik calon istri oleh calon suami, tentunya ritual ini dilakukan dengan kesepakatan bersama dengan lembaga adat yang ada. Tradisi lain yang ada di suku sasak yaitu lebaran ketupat atau lebaran topat yang terkenal meriah.

  1. Suku Bima

Suku BimaSuku di indonesia dan kebiasaan uniknya yang ke lima yaitu Suku Bima. Merupakan nama suku yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Suku bima hingga saat ini masih menjalankan aktifitas berladang yang menjadi warisan dari leluhur. Mereka berladang dengan berpindah – pindah dari gunung satu ke gunung lain dan seterusnya. Tradisi tersebut tergolong unik dan masih bertahan hingga saat ini.

  1. Suku Dayak

Suku DayakPada dasarnya, terdapat lebih dari 400 sub suku Dayak yang ada di Kalimantan. Suku Dayak menjadi salah satu suku di Indonesia yang mempunyai banyak hal ekstrim, bahkan masuk ke dalam suku yang disegani oleh Indonesia dan negara lain. Salah satu hal ekstrim yang ada yaitu Tato. Kepercayaan dari suku Dayak sendiri yaitu jika masyarakat dari suku tersebut memiliki tato hitam dan meninggal, maka warna tato tersebut akan berubah menjadi emas dan selanjutnya tubuhnya bercahaya.

  1. Suku Kutai

Suku KutaiSuku Kutai merupakan suku yang berasal dari Kalimantan Timur dan saat ini mayoritas dari masyarakat suku kutai memeluk agama islam dan hidupnya di tepi sungai. Festival budaya Erau Kutai Kartanegara menjadi nama pesta budaya tertua yang ada di Indonesia yang digelar oleh suku kutai sejak abad ke 13 hingga sekarang.

  1. Suku Minahasa

Suku MinahasaSuku minahasa ini berasal dari Sulawesi Utara dan lahirnya suku ini berawal dari sebuah batu raksasa yang saat ini dijadikan situs budaya. Nama batu tersebut adalah Watu Pinawetengan yang memiliki arti yaitu tempat pembagian. Menurut makna tua yang ada di minahasa, Watu Pinawetengan ini juga bisa diartikan sebagai sebuah janji. Untuk tradisi budaya dari suku minahasa sendiri hingga sekarang masih berjalan adalah Tari Mangket dan Tari Kabasaran.

  1. Suku Jawa

Suku JawaSuku jawa sendiri seperti namanya yaitu suku yang berasal dari Pulau Jawad an tepatnya berada di Jawa Tengah. Suku Jawa sendiri menyebar ke berbagai daerah di Indonesia seperti di Jawa Timur, dan Yogyakarta. Masyarakat suku Jawa terkenal gemar merantau, bahkan Jawa sudah menjadi ikon dari negara Suriname, Amerika Selatan.

Keterkenalan suku jawa di Suriname sendiri karena leluhurnya berasal dari orang Indonesia dan dari suku jawa. Jadi, hingga saat ini Suriname masih akrab dengan hal – hal yang berbagau Jawa seperti kuliner jamu tradisional, musik jawa, dan lain – lain.

  1. Suku Toraja

Suku TorajaSuku di indonesia dan kebiasaan uniknya yaitu Suku Toraja. Suku toraja ini berasal dari Sulawesi Selatan. Suku yang memiliki beragam kebudayaan ini dinilai unik dan juga menyeramkan. Salah satunya yang terkenal yaitu ritual pemakaman yang membutuhkan biaya yang mahal. Semakin kaya keluarga yang meninggal, maka upacara pemakamannya juga semakin besar karena akan dilakukan ritual penyembelihan hewan kerbau dan babi, karena tanah toraja sendiri merupakan tempat kerbau termahal.

Penyembelihan kerbaunya sendiri juga sangat menyeramkan, masyarakat akan memotong leher dari kerbau yang sedang berdiri dengan menggunakan pedang yang tajam dan diletakkan di leher kerbau hingga beberapa kali dan kerbau tersebut dibiarkan hingga darahnya habis dan mati dengan sendirinya. Sulawesi Selatan selain suku toraja juga memiliki beragam suku yaitu suku mandar, suku sa’dan, suku makassar, dan juga suku bugis.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 9 suku di Indonesia dan kebiasaan uniknya. Terdapat banyak sekali tradisi unik di Indonesia yang berasal dari setiap sukunya karena Indonesia terkenal dengan kekayaan akan budaya dan suku yang akan melekat dan menjadi ikon dari negara Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.