Sikap Toleransi

Toleransi

0 122

Toleransi adalah kata yang sangat familir, sedikit-sedikit toleransi, sedikit-sedikit intolerasi, dan sebagainya. Sebenarnya apa sih  arti dari toleransi yang sebenarnya. Tolerasi selalu dihubung hubungkan denga isu yang agama yang muncul, lantas apakah benar toleransi erat kaitanya dengan agama. Jika dikatan erat, iya emang demikian. Karena antar umat beragama harus saling menghormati agar tidak terjadi permusuhan, tapi lebih dari itu sebenarnya toleran bukan hanya tentang agama, toleransi adalah tentang bagaiman sikap saling menghargai.

Toleransi berasal dari bahasa Latin; tolerare artinya menahan diri,bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Sikap toleran tidak berarti membenarkan pandangan yang dibiarkan itu, tetapi mengakui kebebasan serta hak-hak asasi para penganutnya.

Secara umum toleransi adalah sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Arti di KBBI tolerasi adalah sifat atau sikap toleran: dua kelompok yg berbeda kebudayaan itu saling berhubungan dng penuh –; (2) batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yg masih diperbolehkan; (3) penyimpangan yg masih dapat diterima.

Terus opo manfaate lek awak dewe hidup saling bertoransi ?

Manfaaat bersikap toleransi yang pertama adalah hidup berdampingan secara damai & sejahter. Kalau kita menjunjung tinggi tentu saja kita akan dapat hidup damai dan sejahtera, karena saat kita benar-benar mengaplikasikan sikap toleransi didalam sikap keseharian kita kita tidak akan mendapat masalah dari orang lain. Tiap orang pasti punya pikiran yang berbeda-beda, punya keyakinan yang berbeda-beda, dan masih banyak lagi hal yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya, selama perbedaan itu masih dalam tahap wajar maka kita tidak boleh mengusiknya, kita harus dapat bertoleransi dan menghargai pendapat atau keyakinan orang lain. Dengan ini, akan terwujud perdamaian, ketentraman, dan kesejahteraan.

Kedua persatuan dan kesatuan akan terwujud, Bersikap toleran merupakan solusi agar tidak terjadi perpecahan. Sikap bertoleransi harus menjadi suatu kesadaran pribadi yang selalu dibiasakan dalam wujud interaksi sosial. toleransi tidak hanya dapat menghindarkan kita dari sebuah perpecahan tapi juga dapat membuat kita lebih solid dalam hubungan kemasyarakatan. Dengan belajar dan melakukan Toleransi maka kita  juga belajar bagaimana agar bangsa besar kita ini Indonesia dapat bertahan lama. (dnm)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.