Sidoarjo Wine Piknik

0 38

Sore piknik bersama keluarga dan temen dekat, berlokasi di tengah kota Sidoarjo tapi nuansanya pedesaan, pembicaraannya juga asik silih berganti membahas tips-tips untuk membuat wine, serta saling mengomentari wine buatan teman-teman yang ada disana. Sangat nyaman dan membuat kerasan berlama-lama di kegiatan teman-teman Sidoarjo Piknik Wine.

Sabtu 3 Februari 2018 tim GWS berkesempatan untuk datang dan bersilaturahmi dengan komunitas Sidoarjo Piknik Wine. Kegiatan ini baru yang pertama di adakan di Sidoarjo, menurut Yoyon penggagas acara ini, kegiatan ini memang ditujukan untuk menjadi kegiatan refresing dan sekalian berbagai ilmu dan manfaat dari pembuatan wine homemade.

Yang menggikuti kegiatan ini berkisar belasan orang, tidak hanya pria namun yang ikut turut serta wanita dan anak-anak kecil yang di ajak berpiknik, ajang ini menjadi ajajng edukasi bahwasanya wine yang dihasilkan oleh para peserta piknik ini banyak memiliki manfaat, seperti untuk pengobatan misalnya. Yoyon bercerita bahwa dia adalah seorang yang menderita asam urat akut namun dia dengan telaten dan berkelanjutan mengkonsumsi wine agar alhasil asam uratnya semakin membaik saat ini.

 

Bentuk edukasi lain nya adalah banyak ketakutan dari para pembuat wine, apakah legal dan tidak melanggar hukum untuk membuat wine. Dari diskusi kemarin yang GWS ikuti selama pembuatan itu bukan ditujukan untuk dikomersialisasi dan digunakan sendiri saja pembuatan wine tidak akan melanggar hukum, tapi kalo sudah produksi besar-besaran dan di jual tentu akan menjadi masalah karena melanggar hukum, karena memproduksi tanpa ada surat izin, dan lain sebagainya.

Di sesi pinik ini mereka juga banyak bertukar pengalaman buah apa saja yang digunakan, resep yang digunakan, serta tahapan-tahapan pembuatan. Ternyata meskipun menggunakan bahan yang sama persis namun tiap-tiap peramu wine punya cara tersendiri untuk menggolahnya, dan hasilnya wine buatan mereka akan memiliki rasa yang berbeda.

Untuk membuat wine ini juga tergolong mudah hanya menyiapkan buah-buahan, gula, lalu ragi bisa menggunakan ragi tape, ragi roti, atau ragi yang khusus untuk wine. Untuk resep lebih lengkapnya kalian bisa langsung bergabung dengan forum ini, forum ini direncakan akan ada tiap 3 bulan. Menggapa 3 bulan karena proses untuk memfermentasi wine paling tidak 3 bulan jadi setelah pertemuan pertaman ini dibuat diharap nanti peserta yang datang dapat mempraktekkan dan kemuadian membawa hasil di 3 bulan kedepan untuk dinikmati bersama. Untuk tahu jadwal pertemuan wine kalian bisa langsung follow akun instagram Mas Yoyon yaitu @tokohantagonis. Bagaimana tertarik untuk membuat wine ?. (dnm)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.