Sentra Tas Tanggulangin

0 266

GWS.id-Wisata Belanja Tas Tanggulangin berada di desa dan kecamatan Tanggulangin wilayah kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Desa ini dikenal sebagai pusat kerajinan aneka produk dari bahan kulit sejak tahun 1939. Setelah tujuh puluh sembilan tahun, usaha pengrajin kulit pun kian berkembang.

Perkembangan sentra kerajinan tas dan dompet Tanggulangin berawal pada tahun 60-an, saat sebagian besar masyarakat Kedensari menjadi tenaga lepas perusahaan koper di Surabaya. Kemudian ada beberapa orang, salah satunya adalah Alm. H. Abd. Rochman, yang mencoba peruntungan untuk memulai membuat koper secara mandiri dengan menggunakan bahan karton tebal berlapiskan kulit sapi yang direkatkan secara sederhana dengan lem kanji. Kemudian di tahun 70-an, banyak pengusaha koper dari Surabaya yang mulai memesan koper ke Tanggulangin. Banyak pula pengusaha dari Semarang, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta yang juga memesan koper dan tas buatan Tanggulangin.

Pada tahun 1976, sebanyak 27 pengrajin mendirikan kelompok usaha dengan nama Industri Tas dan Kopor (INTAKO), hal ini pula yang menjadi awal sentra kerajinan tas dan koper di Tanggulangin. Pada awal tahun 1980-an, Wisata Belanja Tas Tanggulangin mulai banyak dikenal orang dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Sidoarjo. Wilayah tersebut ditata dan dikembangkan menjadi tempat wisata belanja, dengan produk unggulannya yang berupa tas, dompet, ikat pinggang dan sepatu. Para pengrajin pun terus meningkatkan inovasi produk dan agar semakin menarik dan bervariasi.

Wisata belanja Tanggulangin dengan deretan toko tas dan sepatu kulit menawarkan beberapa desain yang dipajang sehingga memungkinkan bagi pengunjung untuk melakukan “window shopping”, jadi sebelum masuk toko pengunjung sudah tahu model dan jenis produk yang dijual. Bila berjalan-jalan di pertokoan, tengoklah ke kanan-kiri karena kamu akan mendapati pengerajin-pengerajin yang sedang mengerjakan tas atau sepatu dari lorong di antara toko.

Kamu tidak perlu merasa tidak yakin dengan produk-produk dari sentra tas Tanggulangin ini, karena kualitas produk INTAKO tidak perlu diragukan lagi. Faktanya, produk-produk dari Tanggulangin mampu menembus pasar internasional seperti Italia, Amerika, dan Arab Saudi. Yang membuat tambah yakin adalah karena INTAKO menerapkan Hak Kekayaan Intelektual pada Quality Control produk mereka.

Nek wes ngerti ngono, ojok ragu tuku produk nang sentra tas Tanggulangin, soale iku produk asli Sidoarjo. Ayo, Lur, ojok tuku barang sing mereke terkenal tapi yo KW gawenan c*no, karuan tuku produk lokal sing kualitase jelas ciamik soro.

(dnm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.