Kolaborasi Seniman Jalanan pada SidoArtjo – Graffiti Street Art

Street Art seni jalanan

0 46

Gwslur.id – Street Art pesan-pesan tersembunyi dalam sebuah karya seni jalanan, selalu ada saja ide kreatif dari para seniman jalanan, menyulap dinding yang awalnya datar dan biasa saja, menjadi karya seni yang menakjubkan.

Beberapa waktu yang lalu kolaborasi seniman-seniman Sidoarjo dengan beberapa seniman kota2 lain mengadakan kegiatan “Nge-jam Nggambar Bareng”, coretan yang mereka tuangkan di tembok sangat menyatu dengan keadaan sekeliling, membuat gambar tersebut seakan-akan memang ada dan nyata.

Street Art” mungkin nggak bisa diterjemahin begitu aja jadi “seni jalanan” meskipun sebenarnya “Street Art” adalah seni rupa yang dibuat di tempat-tempat publik, biasanya karya seni yang dibuat di luar konteks tempa-tempat seni tradisional. Istilah tersebut mulai tenar pada masa ledakan seni grafiti pada awal 1980an dan kemudian diaplikasikan kepada bentuk-bentuk sejenis. Grafiti trensil, seni poster yang ditempel atau seni stiker, dan instalasi jalanan atau pahatan dan bahkan video adalah bentuk umum dari seni jalanan modern. Biasanya, street art ini dibuat sebagai bagian dari unjuk rasa.

Istilah “Street Art” sebenarnya dibuat untuk membedakannya dengan vandalisme, meskipun karya graffiti dan mural ini sangat riskan akan serangan kaum vandalis. Dikarenan kehadirannya berada di ruang publik, maka mural dan Street Art akan memiliki konsekuensi moral sebagai sebuah karya publik, siapa saja boleh melihatnya, siapa saja diperkenankan mengakses keberadaannya, serta siapa saja dapat menjadikannya sebagai background foto diri. Street Art juga berhasil meredam teror visual yang dihasilkan iklan komersial dan berujung sampah visual, dan gerakan memuralkan dan me-streetart-kan ruang publik layak mendapatkan acungan dua jempol sekaligus. Mengapa gerakan mulia ini patut diberi dukungan sepenuh hati? Karena Street Art mampu memberikan nuansa indah di ruang publik, dan keberadaannya dapat difungsikan menjadi dekorasi kota yang menarik dan artisik.

Aspirasi “seniman jalanan” ini bukan untuk mengubah definisi seni, akan tetapi tapi lebih kepada mempertanyakan keberadaan lingkungan mereka dengan bahasa mereka sendiri. Mereka mencoba berkomunikasi dengan setiap orang setiap hari tentang relevansi sosial tanpa memenjarakan pemikiran mereka.

Trus apa yang bisa kita pelajari dari mereka dhuluur..!!

Gwslur.id adalah wadah dan media kreasi anak-anak kreatif Sidoarjo dan Indonesia,  ada artikel-artikel menarik lainnya di channel-channel GWSLUR.ID lainnya, dan Jangan lupa Share+Like+Subscribe : GWSLUR.ID yaa..

Mau tahu mengenai profil anak-anak berbakat sidoarjo lainnya, coba klik link ini : Langka-sekawan-x-Aliansi-pejalan, Wine Piknik Sidoarjo, Stand Up Indo Sidoarjo dan masih banyak lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.