Sekolah Alternatif Kampoeng Sinaoe

0 58

GWSLur.id – Kampoeng Sinaoe adalah salah satu sekolah alternatif yang ada di Sidoarjo, disebut sekolah alternatif karena Kampoeng Sinaoe bukan merupakan lembaga sekolah konvensional namun lembaga bimbingan belajar yang didirkan oleh Bapak Muhammad Zamroni dan Ibu Ida Nurmala dengan misi pemberian pendidikan yang murah dan terjangkau kepada siapa saja. Peserta didik di Kampoeng Sinaoe ini beragam mulai dari SD, SMP, SMA, dan umum.

 

Karena tertarik dan ingin tau lebih banyak tentang Kampoeng Sinaoe maka tim GWS memutuskan untuk datang dan menggali informasi, sekaligus mengetahui proses belajar mengajar di sana. Saat tim GWS bertandang ke Kampoeng Sinaoe, kami ditemani oleh salah satu pengajar Kampoeng Sinaoe yaitu Bapak Achmad Qusyairi. Bapak Qusyairi sendiri dulunya merupakan murid di Kampung Sinau sejak 2009, dan pada tahun 2013 beliau diberi kepercayaan untuk mengajar di sana, mata pelajaran yang diajarkan adalah pendidikan agama Islam.

Bapak Qusyairi menuturkan bahwa sekolah alternatif yang terletak Jalan Kh. Khamdani 1 No. 25 Siwalanpanji ini memiliki 2 program utama, yaitu program umum dan program holiday. Di program umum dibagi menjadi 3 jenis pendidikan, pertama adalah English yang meliputi TOEFL, TOEIC. Kedua adalah bimbingan belajar untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Ketiga adalah pendidikan IT yang melaluinya diharapkan agar siswa Kampoeng Sinaoe melek terhadap teknologi sehingga tidak tertinggal. Selanjutnya adalah program holiday yang seperti namanya, dilangsungkan saat tiba waktu libur sekolah. Dalam program holiday, jenis kegiatan yang diselenggarakan adalah English for Holiday, English Camp, dan English for Ramadhan.

Tidak hanya program berlajar, Kampoeng Sinaoe juga membuat beberapa komunitas, antara lain; English Speech, Sinau Fotografi, Sinau Hijau – kelompok belajar tumbuh-tumbuhan, Jurnalistik –untuk mereka yang gemar menulis dan melakukan kegiatan jurnalistik, Sinau Komik, Sinau Tari, dan Sinau Teater. Jadi, di Kampoeng Sinaoe tidak hanya diajarkan pelajaran-pelajaran formal tapi juga berbagai keterampilan di bidang seni.

Untuk menunjang berbagai kegiatan yang dilakukan di Kampoeng Sinaoe, disedikan berbagai fasilitas seperti hotspot area, perpustakaan, mushola, mini cafe, taman, dan tempat tinggal. Untuk tempat tinggal, Kampoeng Sinaoe bekerjasama dengan warga sekitar untuk rumahnya dijadikan rumah kos. Menurut mereka, strategi semacam ini dapat memberi dampak baik bagi masyarakat sekitar, karena warga yang mau bekerjasama untuk rumahnya di jadikan tempat kos oleh para siswa akan mendapat penghasilan dari kos-kosan dan tentu saja itu akan sangat membantu warga.

Piye, Lur? Tertarik ta gae les nang kampung sinau, gak usah kuwatir panggon dan liya-liyane. Oh iyo, sing paling penting iku bayare gak larang a.k.a. sangat terjangkau. Lek pengen daftar dan eruh program-programe Kampoeng Sinaoe lebih detil, langsung ae cek nang website Kampoeng Sinaoe, Lur www.kampoengsinaoe.org, utowo langsungo teko nang lokasine Kampoeng Sinaoe. Gak ono kata terlambat gawe sinau, Lur. Ayo belajar belajar belajar, ben pinter terus gak gampang dibujuki dan dikendalikno wong liyo. (dnm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.