Saatnya Menyanjung Tanjung Puri

0 26

GWSLur.id – Sidoarjo iki semakin patut dibanggakan karena semakin banyak RTH yang dimiliki. Fyi, RTH iki seng dimaksud adalah Rumah Terbuka Hijau yo Lur. Contohe yo taman-taman yang terdapat di beberapa daerah, misal Taman Abhirama, Taman Dwarakerta, Taman Akapsi, Taman Jalakaca, dam Taman Tanjung Puri. Dulur Darjo wes tau piknik nang taman seng endi? Taman seng disebutno maeng ta kecamatan Taman? Hehehe.

Taman Tanjung Puri iki merupakan salah satu taman terbagus di Sidoarjo yang masih belum banyak dulur-dulur Darjo tau lho. Pasalnya, lokasi taman ini sedikit tersembunyi. Dan fakta uniknya adalah, taman ini dibangun dari Tempat Pembuangan Akhir atau seng biasa disingkat TPA. Lokasi tepatnya berada di Jalan Lingkar Timur Bluru Kidul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Wes Lur tak kek i alamat seng luengkap cek ga nyasar nek kate piknik nang kunu hehe.

Butuh motivasi, tekad, dan keyakinan besar Lur keitka menyulap TPA yang memiliki luas dua hektare berisi sampah-sampah dan kotoran ini menjadi taman yang bagus, indah, dan nyaman. Dengan kerja keras dari kemustahilan iku maeng akhirnya Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkab Sidoarjo yaitu Bapak Bahrul Amig and the geng, berhasil merubahnya menjadi Tanjung Puri yang keren seperti sekarang. Salut dengan kerja keras DKP untuk memperbanyak RTH di Sidoarjo!

Selain banyak memiliki tanaman hias dan tanaman hidroponik, Taman Tanjung Puri ini juga memiliki fasilitas dan ornamen-ornamen unik seng bakal nggarai awakmu kabeh buetah ga pengen moleh nek wes nang taman iki. Fasilitasnya itu ada dua pendopo, dua rumah joglo, empat gazebo, musala, hingga toilet. Nah pendopo, rumah joglo, dan gazebo tersebut juga bisa digunakan untuk menggelar rapat, diskusi, atau acara-acara ngunu Lur. Nek ornamen-ornamen uniknya tuh ada patung kuda beserta andongnya, trus ono kapal bekas seng sek ono setir e sisan, dan danau buatan.

Tak lupa juga ada permainan anak-anak dan ada tempat pengolahan sampah sekaligus tempat pembelajaran tanaman hidroponik. Jadi, Taman Tanjung Puri ini tidak hanya berfungsi sebagai RTH, tapi juga sebagai taman rekreasi dan edukasi. Karena selain piknik bersama keluarga, anak-anak kecil bermain dengan senang, tapi pengunjung yo isok Lur belajar mengolah sampah menjadi kompos dan belajar seputar tanaman hidroponik.

Daerah depan taman juga terdapat beberapa sentra kuliner yang juga dibangun oleh DKP. Taman Tanjung Puri iki jelase buka setiap hari dan memiliki jam operasional jam 07.00-21.00 nek pas dino biasa. Nah nek dino sabtu atau minggu bisa dari jam 07.00-23.00. Taman Tanjung Puri iki nek bengi ga kalah apik Lur. Karena banyak lampu-lampu hias berwarna-warni! Cocok pol gawe bonding dengan keluarga, komunitas, atau sahabat-sahabat. Tapi, ojo lali untuk membuang sampah pada tempatnya dan turut menjaga tumbuhan dan fasilitas di dalamnya yo Lur!

(hun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.