Pulau Sarinah: Pulau yang Terbentuk Dari Sedimantasi Lumpur Lapindo

0 68

Mana warga sidoarjo yang belum tau Lumpur Lapindo, coba angkat tangan? Warga Sidoarjo pasti sudah pada tau kan. Bahkan masyarakat luar Sidoarjo pun sudah mempunyai pandangan melekat bahwa salah satu yang khas dari Sidoarjo adalah lumpur sidoarjo nya. Hehe padahal bukan potensi lumpur saja lho ya, yang dimiliki Sidoarjo. Seperti Pulau Sarinah, pulau yang terbentuk dari endapan lumpur yang dibuang ke sungai selama bertahun-tahun. Sehingga tempat ini bisa menjadi tempat wisata alam Sidoarjo yang baru.

Porong-Sidoarjo, daerah yang kini berubah drastis pasca kecelakaan pengeboran tambang minyak yang terjadi pada tahun 2006 silam di kecamatan Porong. Kecelakaan pengeboran itu, mengakibatkan semburan lumpur panas yang tidak kunjung berhenti bahkan hingga saat ini. Namun lokasi semburan lumpur tersebut menjadi salah satu objek wisata tersendiri karena keingintahuan warga yang tidak terbendung, kepo gitulah pengen melihat keadaan lautan lumpur Sidoarjo. Bahkan warga diluar Sidoarjo pun banyak yang mampir singgah untuk melihat hamparan lumpur yang terbentang luas. Tidak terasa dua belas tahun sudah lumpur yang terus mengalir tersebut dibuang di sungai Porong. Nah dari situlah muncul pulau kecil yang sering disebut warga nelayan sekitar sebagai Pulau Sarinah Sidoarjo.

Pulau Sarinah yang Terbentuk Dari Sedimantasi Lumpur Lapindo

Pulau Sarinah SidoarjoPulau Sarinah merupakan pulau baru hasil sedimentasi lumpur yang keluar dari semburan tragedi Lapindo, tepatnya berada di kampung Tlocor Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon Sidoarjo. lapindo yang dalam sekian tahun, dibuang terus menerus ke sungai Porong sudah pasti menyebabkan tatanan ekosistem alam berubah. Saat ini endapan lumpur tersebut menghasilkan hamparan pulau buatan di pesisir timur Sidoarjo. Amazing kan, meskipun begitu warga Sidoarjo sendiri belum banyak yang tau keberadaan pulau ini. Dan sangat disayangkan sih kebanyakan warga lokal sendiri justru memilih menikmati liburannya di luar daerah yang sudah dikenal keeksotisannya. Padahal dengan kita berkunjung ke tempat wisata lokal dan memviralkannya, hal tersebut bisa berdampak baik buat kemajuan kabupaten kita, khususnya di bidang pariwisata. PR kita tuh lurr, untuk mencintai wisata lokal dan mempromosikannya pada khalayak ramai, netijen-netijen seluruh Indonesia, hehe.

Nah untuk mempermudah perahu merapat, di pulau ini akhirnya didirikan dermaga. Pulau Sarinah Sidoarjo ini seringkali digunakan sebagai pusat riset sebagian kampus serta aktivis lingkungan dengan menanam mangrove di lokasi itu. Hmm biar makin adem ya! Saat ini pun, Pulau Sarinah mulai di kenal serta menjadi jujugan wisatawan lokal lantaran keindahan dan pesona Pantai Tlocor yang indah menawan.

Akses untuk menuju lokasi wisata pantai Tlocor kita dapat memulainya dengan melakukan perjalanan menuju ke Dermaga Tlocor. Bisa juga dengan menitih perjalanan lima belas kilometer ke arah timur sesudah melalui jembatan Porong. Setelah tiba di Dermaga Tlocor Kita dapat melanjutkan perjalanan dengan menyawa perahu yang telah disediakan oleh warga setempat. Tinnggal kita pilih tuh perahu mana yang akan disewa. Dari Dermaga Tlocor ini, wisatawan dapat menikmati sensasi susur sungai yang indah, dimana sisi kanan dan kirinya dipenuhi pohon bakau serta semacam api-api. Didukung pula dengan desiran ombak yang tidak seberapa besar membuat perahu cukup tenang. Pas banget tuh buat selfie-selfie, upload deh..

Jika air dalam keadaan surut, perjalanan naik perahu untuk dapat hingga ke Pulau Sarinah Sidoarjo dapat kita tempuh dalam waktu kurang lebih dua puluh menit. Namun, bila air dalam keadaan pasang jarak tempuh agak lamaan dikit lah. Dan wisatawan juga tak perlu khawatir, karena di dermaga Tlocor mempunyai areal yang begitu luas untuk parkir atau sebatas kongko-kongko. para wisatawan dapat istirahat sebentar untuk sebatas nikmati panorama dari Pulau Dem di depan mata.

Wisata Alam Pulau Sarinah

Wisata Pulau SarinahBerbeda dengan Pulau Dem yang terbentuk dengan cara alamiah sepanjang bepuluh-puluh tahun yang lalu yaitu sejak zaman Hindia-Belanda. Pulau Sarinah di Tlocor ini bisa terbentuk dengan cara seksama dalam tempo waktu yang sesingkat-singkatnya, yaitu hanya dalan tempo lima tahun saja. Pulau buatan BPLS sebagai Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo ini telah meraih luas sekitaran 80 hektare dengan ketinggian dua hingga tiga meter di tahun 2012. Dan bisa dibayangkan toh, kalo luas pulai ini akan selalu bertambah mengingat lumpur Lapindo yang secara terus-menerus dialirkan ke Sungai Porong.

Jika dihitung jarak Pulau Sarinah dari Dermaga Tlocor hanya sekitar lima kilometer saja. Mempunyai pantai panjang dengan beragam potensi yang terpendam di kabupaten Sidoarjo, mendorong BPLS mulai mengerjakan potensi wisata pantai ini. Pemandangan yang indah ketika matahari terbit dengan air bening di pantai Tlocor, Kecamatan Jabon, diproyeksikan menjadi objek yang tidak kalah dari Wisata Bahari Lamongan (WBL). Wisata Bahari Tlocor, menjadi pilihan nama yang bakal di angkat dari proyek pembangunan wahana wisata tersebut. BPLS pun telah membangun jaringan jalan untuk akses menuju objek bahari itu, bahkan pihak swasta pun juga mulai mempersiapkan sarana penunjang wisata, seperti speed boat, pembangunan hotel & resto dan beragam warung dengan menu special ikan bakar.

Kawasan wisata ini juga memiliki letak yang strategis, sebab bersebelahan dengan Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto, sehingga kehadiran wisata ini diharapkan dapat menyedot masyarakat dari tiga daerah untuk mendatangi objek wisata ini. Bila gagasan itu terealisasi, Wisata Bahari Telocor bakal jadi satu diantara obyek wisata bertaraf nasional di Sidoarjo. Pengen kan wisata Sidoarjo lebih maju dan dikenal khalayak ramai.

FYI aja lur, untuk menyewa perahu menuju pulau ini kita butuh budget kurang lebih Rp 150.000 hingga Rp 200.000 tiap pulang pergi. Memang cukup merogoh kantong sih lur, tapi ongkos segitu akan terbayar deh dengan sensasi wisata bahari Tlocor dan ke eksotisan Pulau Sarinah. Jadi jangan lupa siapin kamera buat selfie ya lur, biar moment indah kalian bisa diabadikan dengan apik.

Cukup sekian ulasan dari GwsLur tentang Pulau Sarinah Sidoarjo yang terbentuk dari sedimentasi lumpur Sidoarjo ini. Terimakasih 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.