5 Pertunjukan Wayang yang Paling Digemari Masyarakat Indonesia

0 41

GwsLur_id – Dari berbagai macam-macam wayang, ada beberapa pertunjukan wayang yang paling digemari. Wayang merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Indonesia. Kesenian ini sudah ada sejak zaman dahulu dan memiliki banyak sekali keunikannya. Terlebih, wayang sangat membantu dalam memberikan edukasi maupun pesan moral dalam setiap pertunjukannya. Masyarakat sendiri juga masih menyukai beberapa pertunjukan wayang yang ada. Ingin tahu apa saja pertunjukan tersebut? Berikut ini akan kami ulas  pertunjukan wayang yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Dulur-dulur pasti tidak menyangka nih, ternyata di era yang sudah modern ini justru wayang masih memiliki banyak peminat. Bahkan, tidak jarang pula yang ikut melestarikannya. Berbagai macam pertunjukan wayang dengan kearifan lokalnya mampu membuat penonton ingin kembali melihatnya. Terlebih dengan beberapa kisah menarik maupun realistis dari zaman dahulu, mungkin dapat menjadi sarana bagi para generasi terdahulu untuk bernostalgia. Dan buat generasi kekinian juga tidak boleh menghilangkan rasa cinta pada warisan budaya wayang ini.

Karena alur cerita kisah perwayangan juga banyak sekali memiliki pesan moral yang tentu dapat menjadi hikmah tersendiri bila dinikmati generasi muda zaman now. Selain itu, dengan menikamti pertunjukan wayang generasi muda juga bisa bellajar banyak tentang cerita sejarah kerajaan-kerajaan Indonesia terdahulu.  Nah, inilah ulasan terkait pertunjukan wayang yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Pertunjukan Wayang Yang Paling Digemari Masyarakat Indonesia

Anda harus tahu, bahwa beberapa pertunjukan wayang ini ternyata sangat di sukai oleh masyarakat. Berikut ulasan lebih jelasnya ada dibawah ini.

  1. Wayang Kulit

5 Pertunjukan Wayang yang Paling Digemari Masyarakat IndonesiaPertunjukan wayang yang paling digemari masyarakat Indonesia yaitu wayang kulit. Kesenian wayang kulit nampaknya memang berkembang dengan sangat pesat. Di beberapa daerah Jawa khususnya, wayang kulit masih cukup di minati oleh masyarakat. Wayang kulit terbagi mencari beberapa jenis wayang yang terbuat dari sapi atau lembu. Kesenian ini memang sudah ada sejak dahulu dan tetap menjadi pilihan masyarakat dalam menonton wayang.

Wayang kulit terbagi menjadi beberapa jenis seperti purwa,madya dan sebagainya. Wayang kulit memang menjadi primadona bagi masyarakat yang menyukai kisah wayang. Dimana, penonton akan disuguhkan dengan suasana nostalgia mengenai masa lalu. Perkembangan wayang kulit masih berjalan, terbukti dengan lahirnya dalang-dalang cilik.

Mengapa masyarakat tertarik? Tentu karena alur dan penyajian wayang kulit yang begitu unik. Keunikan inilah yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk tetap menikmati wayang kulit. Selain itu, kisah yang diambil banyak menceritakan kerajaan maupun hubungan asmara raja serta ratu. Banyak sekali hal baik yang dapat diteladani dari menikmati wayang kulit. Saat ini, kesenian wayang kulit banyak di pentaskan saat hari Jawa.

  1. Wayang Orang

Wayang OrangPertunjukan wayang orang masih cukup digemari sampai saat ini. Menggunakan peran dengan orang langsung untuk menciptakan pesan yang lebih nyata. Selain itu, kisah yang dibawakan juga sangat menarik dan membuat penonton menikmati alurnya. Jadi, tidak akan bosan saat menonton wayang orang ini. Wayang orang masih banyak dipertunjukan pada acara adat maupun upacara penting di daerah jawa dan betawi.

Bagi sebagaian orang, mungkin pertunjukan ini memang jarang dilihat di beberapa daerah. Karena, kurang tepat pada daerah tersebut jika memainkan wayang orang. Karena itu, wayang orang banyak di daerah betawi maupun jawa. Tentu, sampai saat ini sendiri masih tetap ada dan kerap kali mengadakan pertunjukannya.

Menyajikan berbagai macam kisah yang diambil dari zaman dahulu untuk kemudian di praktekan secara langsung oleh para pemainnya. Peran yang dimainkan oleh pemain juga sangat baik serta dengan menggunakan atribut sesuai pada pewayangannya. Di sisi lain, penonton juga tidak monoton dalam melihatnya dan akan memiliki pandangan alur yang lebih jelas. Terlebih, bagi mereka yang baru saja tertarik memahami wayang.

  1. Wayang Golek

Wayang GolekPertunjukan wayang yang paling digemari masyarakat Indonesia ke-3 yaitu wayang golek. Siapa yang tidak kenal dengan cepot? Nah, cepot sendiri termasuk pada wayang golek. Cepot merupakan salah satu dari sekian banyak wayang golek yang digemari oleh masyarakat. Wayang golek memiliki pendekatan yang begitu modern dan cocok untuk masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan kultur budayanya, wayang golek masih ada dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini.

Wayang golek berbentuk boneka yang umumnya dibuat menyerupai karakter wayang. Boneka ini berasal dari kayu dan memiliki ciri khas tersendiri. Perkembangan wayang golek masih terus berjalan dan cukup pesat. Hadirnya dalang-dalang baru sebagai teman dari cepot juga membantu melestarikan kesenian yang satu ini. Ditambah, dengan tambahan era modern yang banyak tersemat di wayang golek sekarang menjadi lebih unik.

Selain itu, wayang golek modern juga menyajikan kreatifitas dari kesenian lokal yang begitu baik. Dalang berperan aktif dalam menyampaikan peran kepada penonton menggunakan wayang golek. Pertunjukan seperti ini sangatlah digemari oleh masyarakat Indonesia. Dimana, tidak hanya dalang dan wayang saja yang berbicara namun penonton juga di ajak masuk dalam alur cerita. Banyak di mainkan di beberapa daerah yang sudah kental dengan wayang golek.

  1. Wayang Modern

Wayang ModernSudahkah anda mengenal wayang modern? Jika belum, mungkin anda tidak asing dengan wayang suluh. YA ! Ini merupakan kata lain dari wayang suluh. Karena, memang wayang ini memiliki bentuk yang jauh lebih modern serta beberapa tambahan color mencolok pada wayangnya. Selain itu, wayang dibuat dengan memperhatikan konsep dari kisahnya.

Beberapa tokoh wayang harus dibuat mirip untuk memberikan kesan yang baik. DI era saat ini, sangat penting untuk memadukan nilai sejarah dengan keindahan guna menghasilkan inovasi terbaru. Faktanya, memang masyarakat sangat membutuhkan hal demikian agar tidak bosan dalam melihat pertunjukan wayang. Hal ini juga berguna untuk menghilangkan persepsi kepada masyarakat bahwa menonton wayang tidak membosankan. Justru Menyenangkan !

Kisah dari pewayangan banyak di ambil dari era penjajahan maupun kemerdekaan Republik Indonesia. Inilah konsep menarik yang membuat penonton senang melihatnya. Dengan begitu, mereka tidak bosan dan mudah dalam memahami alur kisah tersebut. Sangat baik sebagai edukasi untuk anak anak mengenai hebatnya para pejuang melawan penjajahan. Saat ini, sangat sering di pertunjukan di beberapa tempat hiburan.

  1. Wayang Beber

Wayang BeberPertunjukan wayang yang paling digemari masyarakat Indonesia yang terakhir yaitu Wayang Beber. Bagi mereka yang menganggap wayang ini sudah tidak kelihatan, maka sangatlah salah. Faktanya, pertunjukan wayang beber masih sangat aktif ! Memberikan modifikasi seni dengan nilai keindahan untuk mendapatkan kualitas kebudayaan yang baik. Wayang beber masih banyak di minati oleh masyarakat terlebih di daerah Jawa yaitu Gunung Kidul.

Wayang beber menyajikan cerita dengan bentuk lembaran yang mengambarkan kisah tersebut. Banyak kisah yang diambil dari masa kerajaan maupun raja serta ratu zaman dahulu. Penonton dapat memperoleh nilai positif dari menonton pertunjukan wayang ini. Umumnya, wayang beber menceritakan mengenai panji yang memiliki spirit dalam pencarian jati dirinya. Terlebih, untuk membantu membangkitkan semangat cinta tanah air.

Era modern sama sekali tidak mempengaruhi pertujukan dari wayang beber. Bahkan, saat ini sudah terdapat komunitas di kota solo khusus wayang beber. Era modern justru dimanfaatkan dengan baik dalam mengembangkan kesenian wayang. Wayang beber juga tidak lepas dari akar suatu dasar ceritanya. Jadi, dijamin penonton akan takjub !

Tentu, pertunjukan wayang yang paling digemari masyarakat Indonesia jelas memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, manfaat yang didapatkan juga sangatlah jelas dan sesuai pada kebutuhan di era sekarang ini, dimana banyak terjadi degradasi moral generasi masa kini. Jadi sebagai generasi bangsa, alangkah baiknya untuk ikut serta dalam melestarikan kebudayaan negeri tercinta. Semoga artikel dari GWSLUR ini bermanfaat 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.