9 Permainan Tradisional Indonesia Favorite Zaman Dahulu

0 201

Setelah membahas masakan Indonesia yang mendunia, sekarang kita lanjut bahas permainan jadul. Siapa yang tidak suka dengan permainan? Tentu, semua orang menyukainya. Namun, dalam permainan sendiri memiliki berbagai macam ciri khasnya. Terlebih, permainan zaman dahulu yang memang cukup digemari pada zamannya. DI era sekarang ini, perkembangan teknologi memang cukup memiliki pengaruh dalam bermain. Sudah mulai jarang, anak-anak yang menggunakan permainan pada zaman dahulu. Inilah 9 permainan tradisional Indonesia yang begitu mengesankan.

Bagi anda yang lahir pada tahun 90an sudah pasti sangat suka permainan tradisional. Sebagai contoh seperti kelereng, petak umpet sampai dengan layangan. Permainan jadul ini sebagai salah satu bentuk keberagaman yang membuat persatuan. Manfaat permainan tradisional ialah dapat bermain bersama tanpa adanya perbedaan. Nah, bagi anda yang sedang kangen permainan dahulu jangan khawatir. Kami akan mengulas 9 permainan tradisional Indonesia yang banyak digemari.

9 Permainan Tradisional Indonesia Favorit

Berikut akan kami berikan informasi mengenai beberapa permainan zaman dahulu yang sangat diminati. Inilah kumpulan permainan tradisional Indonesia banyak diminati.

  1. Petak Umpet

Petak UmpetSudah pasti, semua yang lahir tahun 90an pasti sangat mengenal permain petak umpet. Permainan ini dimainkan oleh dua orang dengan cara yang begitu mudah. Satu orang akan menjaga dengan menutup matanya, kemudian pemain lainnya bersembunyi agar tidak mudah ditemukan. Pemain yang menutup mata ini disebut dengan kucing.

Kemudian, permainan dilanjutkan dengan si kucing mencari kawannya yang bersembunyi. Bukan main ! Untuk mencari kawan bersembunyi ini sangatlah sulit. Terkadang, mereka dapat bersembunyi di pohon yang tinggi atau bahkan di bawah got demi susah untuk ditemukan. Saat sudah ditemukan, maka pemain akan kalah. Terkadang, dalam bermain petak umpet bisa mulai sore hari sampai maghrib. Karena, sangat mengasyikan !

  1. Layang-layang

Permainan Tradisional Indonesia Layang-layangBermain layang-layang tentu sangatlah menyenangkan. Terlebih, suasana di desa dengan angin yang besar sangat membantu dalam mempercepat agar layangan dapat terbang tinggi. Banyak sekali bentuk dari layang-layang seperti belah ketupat, sendaren ataupun naga. Di beberapa daerah, biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam layangannya. Layang layang merupakan permainan tradisional jawa tengah yang masih cukup banyak diminati.

Bahkan, di beberapa daerah terdapat hal yang menarik dalam bermain layangan. Yaitu dengan mengajak “sangkutan” atau dalam bahasa indonesianya ialah sangkut. Yaitu proses dimana dua layangan bersangkut dan salah satunya akan kalah. Nah, momen berlarian mengejar layangan kalah inilah sangat unik. Dimana, semua berlarian dan berebut untuk mendapatkannya. Padahal, harga layangan tidak mahal yaitu Rp. 500 saja. Namun, keseruannya inilah yang didapatkan.

  1. Kelereng

KelerengAnak anak zaman dahulu sudah pasti sangat menyukai permainan ini. Dimana kelereng atau biasa dikenal gundu begitu memiliki kekuatan perdamaian. Semua anak anak berkumpul dan bermain bersama untuk mendapatkan gundu lainnya. Untuk bermain kelereng sendiri tidaklah sulit, pemain hanya perlu menyentil agar mendapatkan gundu lainnya.

Bisanya, terdapat garis agar gundu dapat diposisikan sebagai perebutan. Kemudian, pemain mengarahkan kepada gundu lainnya dan jika keluar dari garis akan dijadikan milik sendiri. Setelah itu, maka kelereng akan sah menjadi milik pribadi. Jika dibandingkan era sekarang, permainan gundu nampaknya sudah jarang dimainkan.

  1. Egrang

EgrangPermainan ini banyak dimainkan oleh masyarakat jakarta pada awal mulanya. Yaitu mainan tradisional dari bambu berbentuk tongkat yang di desain agar pemain dapat menyeimbangkannya. Pada bagian bawah egrang diberikan alas kaki sebagai pijatan untuk menyeimbangka badan. Permainan ini tentu sangatlah unik dan menjadi pilihan banyak anak zaman dahulu

Menariknya lagi, permainan egrang juga sering di perlombakan pada pagelaran 17 Agustus setiap tahunnya. Biasanya, egrang yang dipermainkan dalam bermain sepak bola ataupun kecepatan larinya. Konsentrasi dan keseimbangan menjadi hal yang sangat penting agar menang dalam permainan.

  1. Lompat Tali

Lompat TaliNampaknya, permainan tradisional Indonesia ini terlihat begitu mudah. Namun, siapa sangka justru banyak wanita yang dapat memainkan lompat tali. Para lelaki memang dapat memainkannya, namun masih kalah akan kecepatannya. Kelincahan dari wanita di era dahulu memang begitu baik. Biasanya, lompat tali dimainkan dengan 2 orang memegang talinya. Kemudian, 1 atau lebih melompat di tengah-tengah sambil di ayunkan.

Tidak sampai disitu, karena tali yang diayunkan akan semakin cepat dan kelincahan dari pemain dipertaruhan. Namun, di beberapa daerah memainkannya dengan cara tali dimulai dari ujung kaki kemudian naik terus sampai kepala. Adrenaline yang ada memang sangatlah menegangkan !

  1. Balap Karung

Balap KarungSejak zaman dahulu, permainan ini memang tidak ada bosannya. Bahkan, di beberapa perayaan juga kerap kali terdapat lomba balap karung. Dimana, pemain akan meloncat dari garis start sampai finish. Namun, pemain harus menggunakan karung terlebih dahulu. Bukan main, jaraknya sendiri cukup jauh yaitu sekitar 8-10 meter.

Nah, anak anak sangat menggemari permainan ini di era dahulu. Karena memang keterampilan, konsentrasi dan keseimbangan dilatih agar tidak jatuh. Siapa yang finish terdepan, dialah yang berhak menjadi pemenang. Sudah pasti, permainan ini sangat ditunggu oleh banyak orang !

  1. Engklekan

EngklekanPermainan tradisional Indonesia yang satu ini begitu di gemari perempuan. Dimana, pemain harus membuat petak yang nantinya dimainkan. Setelah itu, pemain membentuk peraturan dalam bermain sesuai petaknya. Umumnya, pemain harus lebih dari 1 orang karena agar lebih menarik. Nah, kemudian pemain melemparkan gaco yang akan mendapatkan petaknya.

Jika petak tersebut telah dikuasai, maka permain lainnya tidak diperbolehkan untuk melalui petak tersebut. Artinya, pemain harus loncat namun tetap tepat dan tidak melewati garis. Dengan begitu, akan memperoleh petak lainnya. Terus lakukan sampai semua petak di kuasi. Pemain yang memiliki banyak petak, dia yang menang.

  1. Gobak Sodor

Gobak SodorPermainan ini sangat populer di era 90an. Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang memainkannya. Bahkan, juga terdapat lomba gobak sodor tingkat pendidikan. Dalam memainkan permainan ini, dibutuhkan strategi dan kelincahan yang tinggi. Dimana, pemain harus bersikeras melewati petak yang dijaga lawan tanpa tersentuh sedikitpun.

Kemudian, pemain harus melewati semua penjagaan sampai dengan finish. Setelah itu, berbalik dan harus melewati pemain penjaga. Sebagai penjaga, tentu jangan sampai pemain terlewat begitu saja. Permainan ini sangat menarik dan begitu menarik untuk ditonton bersama-sama.

  1. Bola Bekel

Bola BekelPara wanita, sudah pasti mengenal permainan yang satu ini. Terlebih, bagi anda yang lahir di era 90an tentu pernah memainkan. Permainan bola bekel ini memang sangatlah mengasyikan. Dimana, pemain terdiri dari 3 atau 5 orang dan kemudian membentuk lingkaran. Setelah itu, kuwuk berada di tengah dan pemain awal memainkan bola.

Kuwuk harus dalam posisi awal dan dimainkan dengan bola yang dilempar. Jika salah satu pemain salah kuwuknya, maka dalam posisi mati. Pemenangnya ialah pemain yang mengambil kuwuk terbanyak dengan hitungan bersama-sama. Sangat menarik tentunya !

Nah, begitulah 9 permainan tradisional Indonesia versi GWSLUR yang begitu disukai anak anak zaman dahulu. Jika dibandingkan era sekarang ini, tentu sudah jarang sekali yang memainkannya. Meskipun begitu, masih terdapat beberapa anak yang sedang bermain permainan jadul. Semoga permainan zaman dahulu ini tetap dapat dilestarikan !

Leave A Reply

Your email address will not be published.