10 Pelukis Termahal di Indonesia

0 21

GwsLur_id – Seni kini tidak bisa dianggap sebelah mata saja. Karena, membuat seni yang indah tentu membutuhkan ketrampilan dan imajinasi yang kuat. Terlebih, dalam sebuah lukisan yang dibuat dengan menggunakan tangan langsung jelas memiliki nilai jual tinggi. Terkadang, untuk membuat lukisan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebelumnya GwsLur telah membahas Affandi Koesoema yang merupakan sang maestro seni lukis, sekarang GwsLur akan membahas 10 pelukis termahal di Indonesia.

Siapa sih yang tidak mengenal karya seni lukis? melihat estetika karya lukisan yang diciptakan oleh para maestro lukis kita saja sudah membuat mata tercengang dan hati berbunga-bunga, betul tidak lur? Dulur semua patut bangga lho, banyak pelukis asli Indonesia yang kiprahnya mendunia karena hasil karya luar biasa. So, tidak hanya dari luar negeri saja, ternyata Indonesia juga memiliki maestro-maestro lukis yang berhasil menciptakan karya lukis dengan nilai jual yang tinggi. Beberapa pelukis lokal membuktikan bahwa seni itu tidak murah melalui karyanya. Siapa sajakah seniman indonesia dan karya seninya yang mahal? Penasaran siapa saja maestro lukis Indonesia tersebut, yuk simak ulasan berikut, Inilah 10 pelukis termahal di Indonesia yang perlu kita ketahui.

Tidak kalah dari pelukis luar negeri, pelukis lokal juga mampu untuk menghasilkan karya yang indah. Terbukti dengan harga suatu karya dengan banderol cukup tinggi. Dalam dunia seni, kualitas dan arti yang diberikan menjadi penilaian tersendiri. Selain itu, unsur estetika yang mendukung juga tetap harus di jaga. Hanya pelukis profesional yang mampu memberikan berbagai macam unsur dalam satu karya. Di Indonesia, terdapat beberapa pelukis yang memiliki nilai jual tinggi.

Daftar Lengkap 10 Pelukis Termahal Di Indonesia

Beberapa pelukis dibawah ini tentu sudah sangat berpengalaman dalam bidangnya dan menciptakan sesuatu yang luar biasa. Berikut beberapa pelukis Indonesia beserta lukisannya tersebut yaitu:

  1. S. Sudjojono

Sindoedarsono SoedjojonoPelukis termahal di Indonesia yang pertama yaitu S. Sudjojono. Memiliki nama lengkap Sindoedarsono Soedjojono dirinya dikenal sebagai bapak pelukis modern. Dimana, dirinya memang pertama kalinya memperkenalkan modernitas pada seni lukis Indonesia. Hasil karyanya yang begitu indah menjadi acuan untuk banyak orang dalam referensi melukis.

Dalam sebuah lelangan di Sotheby’s Hongkon S. Sudjojono melakukan lelang dari lukisan berjudul “ Pasukan kita yang di pimpin Pangeran Diponegoro” terjual dengan harga Rp. 85.7 miliar. Bahkan, memecahkan rekor di Asia tenggara. Harga yang sangat besar tentunya  dan patut untuk di apresiasi !

  1. I Nyoman Masriadi

I Nyoman MasriadiNama ini mungkin belum begitu di kenal oleh masyarakat. I Nyoman Masriadi merupakan kelahiran dari Gianyar, Bali 28oktober 1973. Dirinya merupakan salah satu pelukis termuda. Meskipun begitu, untuk hasil karyanya tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak melintang di dunia lukis menjadikan I nyoman mampu untuk menghasilkan karta berkualitas.

Salah satunya pada tahun 2008 ia mengikuti pelelangan di sotheby’s Hongkong. Dengan judul lukisan “ The man from bantul” ternyata mampu terjual dengan harga Rp. 10 miliar. Begitu mahal bukan? Dengan hal ini, Nyoman Masriadi juga semakin dikenal oleh dunia dalam hal lukisannya.

  1. Hendra Gunawan

Hendra GunawanTidak ada habisnya, seorang maestro seni selalu lahir di tanah Ibu pertiwi. Hendra Gunawan lahir pada 11 Juni 1918 di Bandung selain terkenal sebagai aktivitis dirinya merupakan seorang pelukis. Karya yang sudah dibuat begitu banyak dan melahirkan berbagai macam arti dalam lukisannya.

Salah satu karya yang membuat banyak orang tertarik yaitu berjudul “ Ibu dan anak anak”. Dalam sebuah pelelangan, karya berkualitas ini hampir terjual dengan harga Rp. 7.5 miliar. Harga yang begitu fantastis ! Tentu, tercatat sebagai rekor tertinggi dalam pusat lelang Christie’s Amsterdam.

  1. Ahmad Sadali

Ahmad SadaliBanyak masyarakat yang belum mengenal dirinya. Ahmad Sadali merupakan seorang seniman yang lahir di Garut, Jawa Barat pada 24 Juli 1924. Dirinya terkenal akan gaya lukisannya yang abstrak. Meskipun memiliki gaya abstrak, namun pesan yang disampaikan selalu jelas. Karya yang dihasilkan tentu sangat berkualitas.

Karyanya berjudul “ Abstrak Composition” di lelang pada Sotheby’s Hongkong dan laku dengan harga Rp. 5.59 miliar. Lukisan tersebut juga menjadi salah satu lukisan terkenal di dunia.  Sungguh harga yang sangat fantastis ! Kualitas dari gaya abstaraknya memang tidak perlu diragukan lagi. Bagi pecinta seni, tentu paham betul akan hal ini.

  1. Raden Shaleh

Raden ShalehPelukis termahal di Indonesia yang ke lima yaitu Raden Shaleh. Mungkin anda kerap kali mendengar namanya, namun belum tahu betul mengenai dirinya. Raden Shaleh merupakan maestro yang terkenal pada abad ke 19. Lahir di semarang pada tahun 1807 dan karya yang dihasilkan sendiri tidak perlu di ragukan lagi. Banyak sekali karya yang sudah di buat dan tentunya memiliki arti pada setiap pembuatannya.

Nilai jual yang begitu tinggi pada lukisannya selalu di berikan. Salah satu lukisan termahal yang pernah di lelang yaitu berjudul “ berburu rusa” pada tahun 1996 di Balai lelang Christie’s Singapura. Fantastis ! Untuk harga satu karya ini mencapai Rp. 5,5 miliar. Berkat inilah, Raden Shaleh menjadi salah satu pelukis termahal yang berasal dari Indonesia.

  1. Srihadi Soedarsono

Srihadi SoedarsonoMerupakan seniman yang karyanya banyak diburu oleh para kolektor. Karya lukisan yang dibuat tentu memiliki proses cukup panjang. Banyak aliran yang pernah ia buat dalam lukisannya. Seperti abstrak, geometris sintetik maupun ekspresionis. Karya yang diberikan tentu sangat berkualitas dan memiliki arti yang mendalam.

Dalam sebuah pelelangan yang diadakan oleh Balai lelang 33 Auction, karyanya yang berjudul “ The Spirit of Love and Devotion” ditawar lebih dari Rp. 5.3 miliar. Estimasi harhga yang begitu tinggi !

  1. Popo Iskandar

Popo IskandarSudahkah anda mengenal seniman yang satu ini? Popo ialah seniman kelahiran Garut, Jawa Barat 17 Desember 1927. Dirinya memiliki gaya melukis berupa ekspresif dan lebih merujuk pada figuratifnya. Karyanya sudah banyak yang mendunia dan di pajang pada beberap tempat pelelangan.

Termasuk karya dengan judul “ Aquarium” yang di lakukan lelang pada Balai lelang 22 Aucton. Tidak tanggung-tanggung karnya di estimasikan laku seharga lebih dari Rp. 5 miliar. Untuk sebuah karya yang begitu indah dan memiliki nilai jual, tentu sangat sebanding.

  1. Affandi Koesoema

Affandi KoesoemaMemiliki nama lengkap Affandi koesoema merupakan pria kelahiran Cirebon tahun 1907. Dirinya dikenal sebagai salah satu maestro seni lukis Indonesia. Gaya lukis yang dimainkan yaitu Ekspresionis serta romantisme. Pada beberapa karyanya, gaya tersebut kerap kali muncul. Affandi sendiri telah melukis lebih dari 2000 lukisan dengan nilai keindahan tinggi.

Jari jemari dari affandi seolah membuat lukisan dengan sangat mudahnya. Terbukti, salah satu karyanya yang berjudul “ Bebotoh Ayam” pada lelang pameran museum of Contemporary Arts terjual dengan harga Rp. 4 miliar. Harga lukisan affandi termahal sangat tinggi bukan?

  1. Basuki Abdullah

Basuki AbdullahPria kelahiran Surakarta tahun 1915 ini juga sudah cukup dikenal dalam kalangan seni lukis. Dirinya selalu meluksikan mengenai potret wanita dalam banyak karyanya. Selain itu, dirinya juga menggunakan aliran realistis dan naturalis dalam setiap karyanya. Tidak heran, untuk hasil lukisannya sendiri hampir serupa pada kenyataanya.

Salah satu karya yang di lelang pada Christie’s Amsterdam yaitu berjudul “Balinese beauty”. Yaitu lukisan mengenai seorang perempuan bali yang cantik dan begitu eksotis. Sampai saat ini, belum ada kepastian harga dari lukisan Basuki Abdullah. Namun, diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

  1. Djoko Pekik

Pelukis termahal di Indonesia terakhir yang berasal dari Indonesia ialah Djoko pekik. Pria kelahiran Grobogan, Jawa Tengah pada 2 januari 1937 ini sudah memiliki banyak sekali karyanya. Dirinya pernah terhitung menggelar 3-4 kali pameran mengenai karyanya. Gaya lukisan yang dipakai yaitu realis-ekpresif serta di tambahkan nilai kerakyatan.

Salah satu lukisan yang memiliki nilai jual tinggi yaitu berjudul “ berburu celeng”. Mengambarkan mengenai dua orang lelaki kurus yang sedang memikul babi hutan. Lukisannya pada tahun 1998 laku dengan harga Rp. 1 miliar. Bayangkan, pada tahun tersebut tentu sangat mahal bukan?

Nah dulur, itulah 10 pelukis termahal di Indonesia yang telah mendunia versi GwsLur. Berbagai macam karya telah ditelurkan oleh pelukis Indonesia bahkan banyak diantara karya tersebut memperoleh penghargaan hingga kancah internasional. Luar biasa sekali ya, sebagai masyarakat Indonesia, kita tentu harus bangga dengan hadirnya maestro lukis tersebut dan tentunya semoga bisa menginspirasi kita untuk terus mengasah skill yang kita miliki. Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.