9 Pakaian Adat Indonesia dan Daerahnya Lengkap 2019

0 105

Beberapa hari yang lalu GWSLUR telah membahas Tari daerah di Indonesia yang unik, sekarang kami akan membahas Pakaian adat Indonesia dan daerahnya. Baju adat Indonesia sangatlah beragam dengan berbagai macam corak dan motifnya. Pakaian adat tersebut didesain langsung dari masyarakat asli daerah tersebut. Biasanya pakaian adat digunakan untuk acara – acara tertentu yang sakral dan mengharuskan masyarakat untuk menggunakan pakaian adat tersebut. Jadi, apa saja pakaian adat yang ada di Indonesia ? Seberapa unik kah pakaian adat tersebut ?

9 pakaian adat Indonesia dan daerahnya yang dibahas pada artikel ini akan menjelaskan mengenai pakaian adat mana saja yang sangat unik dan menarik untuk diketahui, sehingga ketika Anda berjalan atau mengunjungi daerah tersebut sudah mengetahui pakaian adat apa yang dikenakan di sana. Hingga saat ini, pakaian adat dari suatu daerah tersebut tetap digunakan dan akan tetap dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya yang wajib dijaga oleh generasi penerus bangsa.

9 Pakaian Adat Indonesia Dan Daerahnya Terlengkap

Jika Anda membutuhkan artikel yang mengulas mengenai pakaian adat yang ada di Indonesia. Anda dapat menemukannya di artikel ini yang akan membahas mengenai 9 pakaian adat Indonesia dan daerahnya. Berikut adalah ulasan singkatnya:

  1. Pakaian Adat Aceh

Pakaian Adat AcehSeperti namanya pakaian adat Aceh, baju adat aceh ini berasa dari Aceh yang memiliki julukan Serambi Mekkah. Baju adat yang khas dari Aceh ini diberi nama Ulee Balang dan memiliki filosofi dan nilai – nilai yang cukup mendalam. Baju adat Aceh sendiri terdiri dari dua model, yaitu model laki – laki, dan model perempuan.

Baju adat yang diperuntukkan untuk laki – laki ini disebut dengan Linto Baro, yaitu baju dengan warnanya yang hitam karena melambangkan kebesaran. Sedangkan untuk baju adat perempuan disebut dengan Daro Baro yang memiliki warna cerah (perpaduan merah, kuning, dan lainnya). Baju adat ini biasanya digunakan pada acara – acara tertentu seperti acara adat dan perkawinan.

  1. Pakaian Adat Riau

Pakaian Adat RiauPakaian Adat Riau memiliki pakaian adat yang menarik dan biasa dikenal sebagai pakaian Melayu Riau. Pakaian ini terdapat berbagai jenis tergantung kepada kondisi dan situasi dari pemakaiannya seperti pada acara resmi atau juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari – hari.

Pakaian adat Melayu Riau ketika digunakan untuk acara resmi bagi laki – laki lebih dikenal dengan Baju Kurung Cekak Musang dan dilengkapi dengan kopiah. Sedangkan untuk pakaian resmi yang dikenakan perempuan lebih dikenal dengan Baju Melayu Kebaya Laboh.

  1. Pakaian Adat Sumatera Barat

9 Pakaian Adat Indonesia Dan Daerahnya Lengkap 2019Sumatera Barat yang ibu kotanya yaitu Padang ini dan julukan kepada masyarakatnya sendiri sebagai orang Minang memiliki baju adat yang sering disebut sebagai pakaian Minangkabau. Pakaian adat ini dibagi menjadi dua macam yaitu pakaian Penghulu dan pakaian Bundo Kanduang.

Baju adat padang penghulu ini merupakan baju yang umumnya digunakan oleh pemangku adat yang melambangkan kebesaran bagi pemakainya dan pakaian ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang dan tidak untuk dikenakan dalam keseharian. Lalu untuk pakaian Bundo Kanduang ini merupakan baju khusus wanita yang terdiri dari Tingkolok atau penutup kepala, baju kurung, kain sarung, selempang dan juga aksesoris lainnya seperti anting – anting dan juga kalung.

  1. Pakaian Adat Maluku

Pakaian Adat MalukuMaluku terkenal akan kebudayaannya dan untuk pakaian adatnya sendiri dikenal dengan sebutan Baju Cele yang identik dengan nilai-nilai kehidupan dari masyarakatnya. Baju ini terbuat dari bahan kain tebal yang memiliki motif garis geometris berwarna emas dan perak. Untuk perempuan, baju ini dipadukan dengan kain kebaya, sedangkan untuk laki-laki dijadikan menyerupai jas.

  1. Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan TengahPakaian adat indonesia dan daerahnya yang ke 5 yaitu dari kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah ini mayoritas masyarakatnya yaitu suku Dayak. Salah satu hal yang paling unik dari suku Dayak ini yaitu baju adat Dayak yang biasa disebut dengan baju Sangkarut. Baju Sangkarut ini dibuat dari bahan serat kulit kayu dan bentuknya seperti rompi.

Sangkarut juga dibuat menggunakan pewarna alami dan dihiasi juga dengan berbagai aksesoris seperti pernak pernik uang logam kulit trenggiling dan kancing. Pada dasarnya, Sangkarut ini dilengkapi dengan bawahan yaitu cawat serta senjata tradisional khas dari Dayak seperti tombak, perisau, dan Mandau.

  1. Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Pakaian Adat Sulawesi SelatanSulawesi Selatan ini merupakan sebuah provinsi yang terdiri dari masyarakat heterogen seperti adanya suku Makassar, Mandar, dan juga Bugis. Masing – masing dari suku tersebut memiliki ciri khas dari daerahnya masing – masing. Namun, berbicara mengenai baju adat, baju adat bodo merupakan baju adat yang paling popular di provinsi Sulsel.

Baju Bodo adalah baju yang di desain dengan sederhana yang terlihat dari sedikitnya jahitan yang ada pada baju ini. Baju Bodo juga pada umumnya digunakan untuk acara – acara tertentu atau pada pertunjukan adat saja.

  1. Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Pakaian Adat Nusa Tenggara BaratNTB memiliki mayoritas masyarakat dari dua suku yaitu suku Sasak dan Bima. Untuk baju adatnya sendiri juga berbeda akan kedua suku tersebut. Namun untuk kancah nasional, NTB menggunakan pakaian adat Lambung dan Pegon khas Sasak untuk mewakili provinsi tersebut. Lambung ini digunakan oleh laki-laki sedangkan Pegon oleh perempuan. Umumnya pakaian ini digunakan untuk upacara penyambutan tamu, upacara nyongkol, dan upacara mendakin.

  1. Pakaian Adat Papua

Pakaian Adat PapuaPapua sendiri identik dengan kekayaannya yang melimpah untuk alam dan budayanya. Masyarakat di Papua sendiri masih sangat bergantung pada alam untuk bertahan hidup. Hal ini juga tercermin dari pakaian adat khas dari Papua yaitu Koteka dan Rok Rumai.

Baju adat papua Koteka sendiri digunakan sebagai penutup untuk kemaluan yang biasanya digunakan oleh laki – laki, sedangkan untuk Rok Rumbainya sendiri digunakan oleh perempuan. Rok ini dilengkapi dengan beberapa aksesoris seperti hiasan kepala yang berbahan ijuk, dan juga anyaman dari daun sagu.

  1. Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur

Pakaian Adat Nusa Tenggara TimurNTT sendiri memiliki masyarakat yang heterogen Hal ini terlihat dari keberadaan beberapa suku yang tinggal di sana seperti suku Rote, Helong, Sabu, Atoni, Sumba, Manggarai, dan juga Lio. Setiap suku tersebut memiliki pakaian adatnya masing – masing.

Untuk kancah Nasional sendiri, pakaian adat khas dari NTT yang popular yaitu pakaian adat dari suku Rote karena salah satu keunikannya terletak pada rancangannya yaitu menggunakan Ti’i Langga yang merupakan penutup kepala berbentuk topi sombrero khas dari Meksiko dan terbuat dari daun lontar kering yang memiliki simbol kepercayaan diri dan juga kewibawaan.

Demikian 9 pakaian adat Indonesia dan daerahnya versi GWSLUR. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan Anda untuk mengetahui pakaian adat yang ada di Indonesia. Apakah daerah Anda termasuk ke dalam pakaian adat unik di atas ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.