Musisi Internasional cita rasa lokal – Pemuda Kreatif Sidoarjo (bagian 1)

0 148

 

GWSLur.id – Ndimas Narko Utomo atau lebih akrab di panggil Ndamis ini adalah musisi asal Sidaorjo yang konsisten berkarya di jalur musik indie. Ndamis tinggal dan berproses di Desa Karangbong Rt 4 Rw 6, lek lagi lewat monggo mampir. Riwayat pendidikane cak Ndamis iki adalah Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Surabaya selain itu Ndamis juga pernah menempuh pendidikan non formal di Padepokan Kesenian Bagong Kusudiarjo.

Ngomong-ngomong pean tau Kerungu My Father is Jhon gak lur, yoiku band legend Suroboyo sg salah saiji gitarise cak Ndimas iki lur. Lek saiki cak Ndimas iki aktif di grup band RHNK yang beraliran asik, soale ate nulis genre sing spesifik wedi salah, ambek Halaman Pengelana. Lek Halaman Pengelana iki genre musike folk, musik kerakyatan ngono lah lur, duduk folk abal-abal yo, hehe.

Simak obrolan tim Gws ambek cak Ndimas iki yo lur:

 

Bidang kreatif apa yang kamu geluti ?

Musik.

Musik sebagai media pengendalian diri, dan informasi, jadi ketika dikritik melalui musik hendaknya instropeksi bukan malah membela diri dengan meminta perlindungan terhadap uu ham atau lainnya, harusnya masyarakat, seniman, dan pemerintah harus sadar pentingnya rasa persatuan. Klau tidak bisa memberikan solusi mungkin lebih baik jangan mempersulit atau bikin kacau. Ini kritik buat seniman, masyarakat, pemerintah dan presiden serta seluruh penghuni alam semesta

Apa yang membuatmu tertarik dengan bidang kreatif yang kamu geluti ?

Karena saya bahagia melakukannya, terutama dari media musik saya menemukan Tuhan, bergaul sosial, bergaul budaya, kritis terhadap lingkungan hidup, membangun jiwa untuk masa depan, merupakan jalan kebaikan dunia dan akhirat.

 

Berapa lama kamu sudah mengelutinya ?

19 tahun

 

Ceritakan suka dukanya dong ?

Sukanya banyak sekali terutama menyambung silahturohmi dari dalam negeri hingga liar negeri, mendapatkan khasanah ilmu dan pengetahuan di bidang kesenian terutama musik, musik sebagi identitas dan memberikan tontonan tuntunan serta tatanan, dari musik senangnya saya bisa berdialegtika melalui karya saya, dukanya sih dulu2 pas awal2 waktu membangun mental kebanyakan dari dalam diri antara hidup formal ( konservativ) karena jalur alternative ini masih belum banyak yang mengakui, namun mulai sekarang sih oke2 aja, materi juga kadang2 kurang, namun saya punya prinsip, berkarya ato lapar jiwa, klo lapar fisik itu kendala teknis klo jiwa yg lapar ini susah. Kembali lagi ke mental,

 

Prestasi apa saja yang sudah kamu raih ?

Alhamdulillah banyak yang saya raih, saya beberapa kali jadi duta budaya dalam acara kebudayaan baik di dalam atau luar negeri, juga menjadi juri di beberapa perlombaan, membuat kantong kreatif dan kegiatan-kegiatan yang nantinya insya Alloh jadi produk budaya.

 

Apakah kamu mendapat penghasilan dari bidang kreatif yang kamu geluti ?

Alhamdulillah iya saya dapat, meski gak banyak namun cukup untuk hidup dan berproses

 

Pernah kepikiran untuk berhenti dan mendapatkan pekerjaan yang lebih settle? seperti kerja kantoran mungkin?

Pernah, namun sudah saya coba mengirim 20 lamaran sekaligus tetap tidak ada yang menerima, dari situ kebangun mental gimana caranya pekerjaan mencari saya atau saya membuat kerjaan sendiri untuk saya sendiri.

 

Pesan untuk teman-teman yang juga sedang berjuang dan menekuni bidang kreatif pilihannya 

  1. “Semangat jangan mudah patah, hidup ini menghidupi, berusaha hingga berdarah darah kemudian berserahlah karena semua ini proses.
  2. Tentukan caramu untuk berproses, buatlah suatu hal untuk menjadi sejarah dalam lingkup kecilmu ato mati sia2 tanpa meninggalkan apapun”.
  3. Jangan lupa bersinergi

“bukalah dirimu dan saling bersinergi agar dirimu tak jadi frustasi, jalan berjalan panjang tiada henti, langkahkan kaki mantap dengan pasti, jangan biarkan rasa takut menghantui, karena hidup selalu berarti  (dikutip dari lagu halaman pengelana)

Wih manteb tenan yo lur, dulur siji iki. Gak skala nasional maneh tapi yo wes merambah nang Internasional. Iling-ilingen pesene cak Ndamis berproses dan bersinergi ambek ndungo sing akeh insyallah awakmu bakalan sukses. Sukses terus yo cak ambek RHNK lan Halaman Pengelana. oiya lur ojok lali di follow cak Ndamis

(dnm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.