ML (Mainan Legend) Zaman Old (Part 1)                

0 79

GWSLur.id – Sek nostalgia tentang 90-an iki Lur, beberapa hal wes dibahas nang artikel sebelum e. Tapi jek wakeh seng unik dan bakal nggarai kangen nang masa 90-an yo Lur. Artikel ini bakal membahas lagi sedikit tentang permainan-permainan generasi 90-an dengan kearifan lokal seng luwih seru nek dimainkan dalam kehidupan nyata timbang dimainkan dalam bentuk teknologi canggih.

 

  1. Bekel

Biasane seng lihai dulinan bekelan iki ciwi-ciwi Lur. Serune dulinan iki karena kita harus bisa menangkap bola bekel yang dipantulkan sekali dan mengambil atau membalik biji bekel. Biji bekel iki ono seng ngarani pit dan memiliki titik di sisi kanan kiri. Susah-susah gampang se dulinan iki, karena harus memiliki ketangkasan dan strategi agar bola yang dipantulkan dapat ditangkap bersamaan dengan membalik atau mengambil pit. Sampe nguncal bal bekel e duwukur, trus gupuh mbalik i pit e. Marine bekelan yo pasti jari-jari mbek telapak tangan mu ireng-ireng Lur kene pit e bekel, yo gak?

  1. Dakon

Permainan seng siji iki termasuk salah satu permainan tradisonal dan memiliki nama lain, yaitu congklak. Permainan yang menggunakan biji dan papan iki yo isok Lur gae mengasah strategi yopo carane menang dengan mendapatkan biji lawan terbanyak. Salah satune adalah strategi yang bertujuan untuk meraup sebanyak-banyaknya biji lawan. Yaitu dengan cara kalau biji terakhir terakhir kita jatuh di tempat kita yang kosong, dan tempat lawan tersebut ada bijinya, iki seng jenenge nembak. Wes iling Lur permainan iki? Saiki sopo hayo seng biasane golek kerikil gae dolen dakon mbek tonggo sebelah?

  1. Gasing

Gasing iki unik Lur, beruntunglah kita yang pernah atau bahkan ada yang masih memainkan permainan satu ini. Soale Lur, gasing iki salah satu permainan tradisional seng paling tua nang Indonesia dan hampir punah. Gasing yo duwe ciri khas masing-masing daerah di Indonesia berdasarkan bahan pembuatan, bentuk, ukuran dan namanya. Gasing iki duwe filosofi yang berhubungan dengan keseimbangan Lur, yaitu dengan melilitkan tali yang benar dan penuh keyakinan ketika melemparkan gasing ke tanah datar cek gasing isok muter suwe, arti filosofine yoiku, kalau manusia seimbang antara jasmani dan rohani maka kita bisa bertahan lebih lama.

 

  1. Yoyo

Yoyo iki salah satu permainan tricky, Lur. Ada beberapa trick untuk memainkan yoyo agar yoyo tersebut bisa kembali dan benang e ga mbulet. Jenis yoyo yo ono seng kayu, ono seng wes modern. Nek penasaran pengen dolenan yoyo yopo ket biyen gaisok-isok, wes akeh Lur tutorial e nang yutub, gaopo mesisan mengenang era 90-an.

  1. Layangan

Seru yo biyen nguber layangan tebal sampe mbrasak-mbrasak kebon utowo sawah wek uwong. Nek kate dolenan layangan kudu ono angin yo Lur, biasane nang musim pancaroba angin berhembus kencang. Layang-layang iki selain isok mempererat persaudaraan, yo isok mengasah kecepatan berlari dan mengasah keterampilan cek isok nggawe layangan dewe. Walaupun tuipis (tebelan benang e malah) dan gampang sobek tapi tetep ae seru layangan moleh sekolah sampe magrib mbek konco-konco. Layang-layang iki unik pisan soale sampe ono lagune lho!

  1. Ketapel

Nah nek permainan seng iki biyen menjadi salah satu alat perang, atau gae nembak pelem e tonggo seng mateng. Ketapel ini juga bisa untuk mengasah kreativitas dengan membuat sendiri dan memilih sendiri dari ranting kayu yang cocok untuk dijadikan ketapel. Fungsi lain ketapel kadang gae ngusili konco-konco nang sekolah yo terutama konco wedok, bener a Lur?

  1. Kapal otok-otok

Dulinan kapal otok-otok iki biasane jek onok nang pasar malem. Miniatur kapal perang bersuara otok-otok ini awalnya harus diisi dulu dengan air, kemudian diberi minyak tanah dan dibakar. Biasane pirang jam Lur sampean nduweloki kapal otok-otok mubengi baskom iki?

(hun)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.