9 Masakan Indonesia yang Mendunia, Kok Bisa?

0 54

GwsLur_id – Setelah menulis prediksi trend fashion 2019, sekrang kita lanjut ke kuliner. Indonesia sudah banyak dikenal sebagai surga akan kuliner. Berbagai macam olahan makanan dapat ditemukan. Terlebih, untuk kelezatan yang ditawarkan juga sangat baik. Menariknya, beberapa makanan tidak hanya terkenal dalam negeri saja. Melainkan, sudah sangat dikenal di luar negeri. Mungkin, anda tidak akan percaya akan makanan Indonesia yang mendunia. Namun, memang benar begitu faktanya. Apa saja 9 masakan Indonesia yang mendunia? Selengkapnya kami bahas pada artikel ini.

Negeri yang Indah ini kaya akan rempah rempah rempah untuk olahan makanan. Dengan begitu, berbagai macam olahan dapat dibuat dengan mudah. Ciri khas nusantara juga begitu terasa pada setiap makanannya. Tidak sampai disitu, beberapa olahan makanan bahkan sudah dikenal di penjuru dunia. Tentu, bukan tidak lain karena rasanya yang sangat nikmat. Artikel ini akan membahas lengkap 9 masakan Indonesia yang mendunia.

Daftar Lengkap 9 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Beberapa masakan Indonesia dibawah ini sudah sangat terkenal dan bahkan di sukai oleh banyak orang luar. Berikut ulasan makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.

  1. Rendang

Rendang Masakan Indonesia yang MenduniaMasakan indonesia yang mendunia yang pertama yaitu Rendang. Siapa yang tidak kenal dengan masakan rendang? Sudah pasti semua orang mengenalnya. Rendang merupakan makanan khas dari padang yang sangat di minati oleh semua masyarakat. Tesktur daging yang empuk dengan olahan sambal khasnya menjadi primadona bagi semua orang. Dijamin, siapapun yang mencobanya akan merasakan kelezatannya !

Bahkan, pada tahun 2011 silam rendang menduduki pundak 50 makanan terlezat versi CNN. Sangat keren bukan? Untuk menemukan makanan ini sudah pasti tidaklah sulit. Karena, hampir di semua restaurant menyediakan masakan ini. Jadi, jangan sampai anda belum mencobanya !

  1. Bakso

BaksoKuliner tradisional Indonesia yang begitu khas yaitu bakso. Hampir semua masyarakat sangat menyukai makanan ini. Bakso terbuat dari daging yang di campur tepung serta di bentuk bulat. Kemudian, disajikan dengan menggunakan kuah yang hangat. Bakso tentu sudah sangat dikenal oleh seluruh manca negara.

Bahkan, mantan presiden Barack Obama juga pernah mengatakan bahwa bakso ialah makanan kesukaannya. Dapat dipastikan, masih banyak lagi yang mengenal makanan ini karena rasanya nikmat. Kuliner ini sangat mudahf di temukan baik di restaurant maupun warung bakso langsung.

  1. Nasi Goreng

Nasi GorengTernyata, nasi goreng merupakan makanan khas dari Indonesia. Dimana, menggunakan bahan dasar nasi yang kemudian di goreng dengan rempah rempah pilihan. Saat ini, sudah banyak sekali yang menjual nasi goreng. Terlebih, untuk restaurant yang menyajikan menu nasi goreng spesial.

Lagi lagi, seorang mantan presiden Barrack Obama mengatakan bahwa nasi goreng asli Indonesia memiliki rasa yang lezat dan mantap ! Makanan ini tentu sudah sangat mendunia terlebih dengan tambahan beberapa lauk pauk uniknya. Nasi goreng sangat cocok untuk di konsumsi dalam keadaan lapar, dijamin mengenyangkan !

  1. Sate

SateSalah satu makanan paling enak di Indonesia ialah sate. Makanan yang satu ini terbuat dari daging sapi, ayam ataupun kambing dengan cara di bakar. Di Indonesia sendiri, banyak sekali warung sate. Bahkan, hampir di setiap kota sudah ada yang menjual sate dengan berbagai macam pilihannya.

Mengapa sate begitu terkenal? Tentu, karena rasanya yang khas dengan daging empuknya. Bahkan, di beberapa restaurant ternama juga menjadikan sate sebagai menu andalannya. Karenanya, untuk kualitas dari sate tidak perlu di ragukan lagi. Terlebih, dengan rambahan sambal kacangnya semakin memberikan rasa nikmat tidak tertandingi !

  1. Gudeg

GudegMakanan khas daerah Jogja ini ternyata juga sudah mendunia. Menggunakan olahan nangka muda yang diolah menggunakan gula palem menghasilkan cita rasa khas nusantara. Sangat cocok untuk di nikmati saat sedang sarapan pagi hari dengan nasi. Terlebih, aroma rasanya juga sangat menyengat untuk segera di nikmati.

Menariknya, masakan ini banyak yang mencarinya di daerah Australia tepatnya kota Melbourne. Bahkan, beberapa wisatawan luar juga kerap kali menyantap masakan gudeg ini. Memang, kualitas masakan lokal sangatlah juara !

  1. Sop Buntut

Sop BuntutTerbuat dari potongan ekor sapi yang kemudian di bumbui dengan rempah lalu di bakar. Setelah itu, dimasukan pada kaldu sop dengan sayuran lainnya. Rasanya sangatlah segar dan begiu nikmat di lidah. Tesktur dari buntutnya juga empuk dan tidak susah dalam mengkonsumsinya. Tambahan bawang goreng pada sop semakin memberikan kelezatannya.

Bahkan, kedutaan besar Republk Indonesia di Madrid, Spanyol pernah menyajikan secara langsung 300 porsi untuk orang orang di sekitar. Terbukti, banyak sekali masyarakat yang mencobanya dan membuat ingin mencobanya kembali. Kenikmatan sop buntut memang tidak ada duanya !

  1. Soto

SotoDi Indonesia sendiri banyak sekali varian dari soto seperti soto betawi, soto medan, soto sokaraja, soto babat, soto ayam dan sebagainya. Setiap menu yang ditawarkan memang memiliki ciri khas tersendiri. Hal inilah yang menjadikannya sebagai salah satu masakan unik dari Indonesia. Meskipun banyak ragamnya, tentu untuk bentuk dan rasanya tidaklah jauh berbeda.

Bahkan, untuk bumbu yang digunakan dalam setiap masakan soto cenderung lebih sama. Kini, tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang sudah merasakan kenikmatan soto. Karena, di beberapa negera seperti Jepang juga sudah mengetahui makanan ini. Bahkan, di suatu kawasan bernama Ibaraki sudah terbiasa mengkonsumsi masakan soto.

  1. Gado Gado

Gado GadoTerbuat dari sayur sayuran dengan bumbu kacang di atasnya. Kuliner tradisional Indonesia yang satu ini memang menawarkan rasa yang begitu pas di lidah. Bahkan, pada orang yang pertama kali mencobanya pun akan ikut merasakan kenikmatannya. Masakan ini cukup diminati oleh banyak masayrakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, gado gado juga sangat simple.

Di sejumlah restaurant saat ini sudah menyediakan gado gado sebagai ciri khasnya. Uniknya, gado gado pernah tampil sebagai juara pertama dalam masakan tingkat interasional di Napoli pada tahun 2010 dalam kategori tampilan sajian estetika. Tentu, hal ini sangat baik dalam mengenalkan masakan lokal yang memiliki nilai estetika dan kelezatan tinggi !

  1. Tempe

TempeMasakan indonesia yang mendunia yang terakhir yaitu tempe. Jangan kaget, ternyata tempe juga begitu di minati oleh orang luar negeri. Bahan dasar dari tempe ini ialah kedelai yang sudah dilakukan proses pengolahannya. Tempe dapat diolah menjadi berbagai macam variasi makanan. Di Indonesia sendiri, makanan ini sudah pasti menjadi primadona bagi semua kalangan.

Selain rasanya yang enak, tempe memang memberikan kenikmatan dan ciri khas tersendiri. Bahkan, di London juga ada streetfood yang bernama Waung tempeh dan sangat laris. Tentu, hal ini menjadi kebanggan dalam memperkenalkan masakan lokal agar lebih mendunia. Jadi, jangan malu untuk mengkonsumsi tempe !

Nah, itulah 9 masakan Indonesia yang mendunia versi GWSLUR. Beberapa kuliner diatas memang menyajikan rasa dan keunikan tersendiri. Sebagai masyarakat Indonesia, tentu anda sangat bangga bukan? Namun, apakah anda sudah mencoba masakan diatas? Jika belum, segera mencobanya !

Leave A Reply

Your email address will not be published.