Manusia undur-undur dari India

0 33

Mani Manithan adalah orang yang tidak mau bergerak maju, ini bukan sebuah perumpamaan atau kiasan, ini adalah hal yang benar-benar terjadi. Manithan adalah seorang yang memilih untuk berjalan mundur koyok undur-undur. Dengan jubah putih yang bisa di gunakan mani beraktifitas tiap harinya seperti orang pada umumnya, Mani hidup didesanya sebuah desa di negara bagian Tamil Nadu, India selatan. Meskipun dengan tampilan yang sedanya dan terkesan seperti orang desa, jangan salah lur, Mnithan iki merupakan sarjana dobel jurusan bahasa Inggris dan Sosiologi.

Aksi ini sudah dilakukan sekitar 28 tahun. “Saya pertama kali mulai berjalan mundur sebagai tanda protes terhadap kekerasan yang meningkat di seluruh dunia,” katanya. “Negara dan orang saling berkelahi. Ada banyak pertumpahan darah di mana-mana. Keputusan untuk berjalan mundur bukanlah untuk memalingkan wajah saya melawan kekerasan ini tapi untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka memikirkan cara untuk mewujudkan perdamaian dunia.”. Ini adalah protes pribadinya terhadap perang dan kekerasan, namun kini telah menjadi cara hidup bagi sang bujangan.

Devandra yang merupakan sahabat dan tetangga Manithan berkata, “Ketika Mani memulai misinya, banyak orang akan mengolok-oloknya dan beberapa bahkan memanggilnya ‘mesin terbalik’. Awalnya aku jugamengira dia sudah gila. Tapi ketika saya belajar tentang motif dan misinya, saya menjadi menaruh hormat kepadanya. ”

Manithan pernah melakukan beberapa lari maraton di negaranya. Pada tahun 1989, dia menempuh jarak 482 km secara terbalik dari Tirupattur ke Chennai untuk memprotes kekerasan komunal yang mengguncang bagian-bagian negara tersebut. Selain itu dari tahun 1989 sampai 2006, Manitha sempat tidak berbicara sama sekali, namun mengatakan bahwa dia memutuskan untuk menghentikan aksinya karena ingin mencalonkan diri sebagai presiden India, hal ini coba ditempuh Manithan karena dia percaya saat dia menjadi presiden India dia dapat berbuat lebuh banyak untuk perdamaian dunia. Namun niat ini gagal karena alasan teknis dan Pratibha Patil lah yang kemudian terpilih menjadi Presiden di tahun 2007. Namun setelah itu dia memutuskan untuk tetap berbicara sehingga dia bisa menyampaikan pesannya dengan lebih baik.

Sahabat dan tetangganya, Devendran berkata, “Ketika Mani memulai misinya, banyak orang akan mengolok-oloknya dan beberapa bahkan memanggilnya ‘perlengkapan Reverse’. Awalnya aku juga, teman baiknya, mengira dia sudah gila. Tapi ketika saya belajar tentang motif dan misinya, saya mengembangkan rasa hormat kepadanya. ”

Dia menegaskan bahwa rutinitasnya sama sekali tidak mengganggu kehidupan kesehariannya. “Saya telah menyempurnakan metode berjalan mundur menaiki tangga, menyeberang jalan dan saat menggunakan kendaraan umum. Hidup saya telah penuh dengan perjuangan, pengorbanan, prestasi dan protes jadi saya tidak memiliki masalah melanjutkan mundur saya berjalan sampai kita mencapai kedamaian dunia, “kata Mani. “Dan jika itu berarti sampai akhir hidupku, maka jadilah itu.”

 

Yo opo lur, kepikiran ta awak dewo gae mlaku mundur seumur urip, lha lek ate numpak sepada motor yo opo yo ? mesti njaluk digonceng iki gak iso nyupir dewe. (dnm)

 

Sumber : https://goo.gl/ksZmrC

Leave A Reply

Your email address will not be published.