Macam-Macam Seni Teater Terlengkap 2019

0 17

Jangan sampai tradisi indonesia yang mulai pudar ini kita biarkan, apalagi kesenian. Kesenian sudah pasti menjadi bagian dari perkembangan zaman. Di era dahulu, sudah terdapat kesenian yang memiliki tujuan untuk kebaikan. Salah satunya yaitu teater sebagai kesenian yang tetap berkembang. Teater adalah sebuah kisah dari kehidupan yang digambarkan melalui gerakan. Kesenian ini juga cukup berkembang di Indonesia. Umumnya, masyarakat menyebutnya dengan drama. Untuk mengetahui ulasan lebih jelasnya, berikut ini kami sampaikan macam-macam seni teater.

Masyarakat Indonesia lebih mengenal kata drama dibandingkan teater. Meskipun begitu, masih tetap memiliki keterkaitan dalam artinya. Penggambaran dari seni ini sendiri tentu sangatlah beragam. Seperti penggunaan unsur-unsur seni yang cukup berbeda-beda. Meskipun berbeda, tentu tujuannya masih sama yaitu untuk kebaikan terutama penyampaian mengenai kehidupan. Salah satu contoh seni teater yang berkembang yaitu teater boneka. Lalu, apa saja macam-macam seni teater yang ada? Baca terus lebih jelasnya pada artikel ini.

Macam-Macam Seni Teater Terlengkap

Berikut ini beberapa macam dari seni teater yang ada dan masih berkembang sampai saat ini.

  1. Teater Boneka

Macam-macam Seni Teater BonekaMacam-macam seni teater pertama yaitu teater boneka. Sejak zaman dahulu, pertunjukan teater sudah dilakukan untuk berbagai macam hal. Termasuk untuk penyampaian narasi kehidupan sebagai pesan moral. Selain itu, teater boneka di era dahulu juga banyak digunakan untuk menceritakan kisah yang memiliki sifat religius. Tidak seperti boneka biasanya, untuk keperluan teater sendiri terdapat beberapa jenis dari boneka.

Baik boneka yang dimasukkan ke tangan, menggunakan tongkat, atau pun boneka tali. Umumnya, lebih banyak yang menggunakan boneka tongkat dan tali karena lebih mudah dan banyak kreasinya. Terlebih, untuk boneka yang menggunakan tali juga terasa lebih real dibandingkan menggunakan tongkat. Dalang dari boneka tentu memiliki peran penting untuk menyampaikan pesan dengan benar.

Di Indonesia, teater boneka yang cukup legendaris ialah papermoon di Jogja. Boneka yang digunakan memiliki bentuk abstrak sesuai pada namanya. Meskipun begitu, untuk kualitas dari permainannya tentu tidak perlu diragukan lagi. Karena, sudah banyak masyarakat yang berkunjung dan tentunya sangat menyukai teater ini.

  1. Teater Gerak

Teater GerakMungkin, sudah banyak masyarakat yang mengetahui teater jenis ini.. Teater gerak ialah pertunjukan dengan unsur utamanya gerak serta ekspresi dari wajah pemainnya. Dalam melakukan pertunjukan, penggunaan dialog sangatlah minimal atau bahkan sering di hilangkan. Salah satu contohnya yaitu pantomim klasik yang begitu unik.

Seiring dengan waktu yang terus berkembang, teater ini mulai mengalami perkembangan. Karakter utama menjadi lebih bebas untuk dapat berinteraksi dengan penonton. Hal ini tentu bertujuan untuk mengajak penonton agar lebih tertarik. Ekspresi dan gerak menjadi salah satu hal yang penting dalam teater gerak. Tanpa adanya hal tersebut, tentu akan menjadi lebih hambar.

Pemain teater gerak yang cukup fenomena yaitu Charlie Caplin. Pantomin sampai sekarang masih berkembang dengan cukup pesat bahkan di wilayah Indonesia. Melalui tingkah laku dan mimik wajah dari pemainnya, semua pesan yang ada dapat di sampaikan dengan leluasa. Dengan begitu, anda juga semakin mudah dalam memahami maksudnya.

  1. Teater Dramatik

Teater DramatikMacam-macam seni teater ke 3 yaitu teater dramatik. Saat mendengar kata dramatik, apa yang anda pikirkan? Sesuatu yang berlebihan? Bisa jadi. Namun,makna ini lebih di tujukan kepada pemain yang melakukannya. Dimana, karakter tersebut sangat diperhatikan. Adanya karakter yang dramatik semakin membuat seseorang untuk paham mengenai arti dalam pentas tersebut. Jadi, bukan asal dalam memainkan melainkan memang sudah sesuai pada kebutuhannya.

Cerita dan latar belakang tentu di buat dengan sangat detail sesuai pada plotnya. Hal ini memungkinkan untuk minat penonton terhadap teater menjadi lebih tertuju. Karena, cerita yang disajikan tidak monoton dan meiliki kejelasan dari semua sisi. Hal seperti ini penting untuk tetap mengajak penonton menikmati alurnya.

Aktor memiliki peran yang cukup penting dalam pertunjukannya. Aktor legendaris teater Indonesia seperti Arie Batubara yang juga pengamat teater tentu masih tetap mengembangkan teater. Realitanya, teater memang masih tetap perlu pengembangan dengan benar. Karena, jangan sampai tergerus dengan zaman dan justru kalah dalam bersaing dengan industri kesenian lainnya.

  1. Drama Musikal

Drama MusikalJenis teater memang sanglah bermacam-macam, termasuk dengan drama musikal. Sudah pasti, banyak sekali yang telah mengetahui drama musiman. Biasanya, drama musikal sendiri lebih mengedepankan kepada tiga unsur yaitu seni tari, musik serta peran yang akan dilakukan. Hal tersebut menjadi penting untuk digunakan oleh para pemain dari teater drama musikal. Karena, kualitas drama musikal menyanyikan pemahaman yang harus lebih baik dibandingkan biasanya.

Ketiga unsur tersebut jika dipadukan dengan benar dan tepat tentu menyajikan drama musikal yang sangat berkualitas. Nilai dari penghayatan juga penting bagi pemain agar tetap berkembang dan menciptakan kombinasi terbaik. Pertunjukan ini tentu sangat menarik untuk dapat di ikuti setiap saat. Kombinasi yang tepa t dari gerakan tari, alunan musik serta pentas pemain menyanyikan kualitas terbaik. Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa drama musikal mirip dengan opera.

Namun, tentu masih memiliki perbedaan yaitu pada musik yang digunakan. Salah satu aktor yang cukup terkenal dalam drama musikal ialah Joko Anwar. Industri drama musikal tentu harus tetap berkembang dengan lebih baik. Jangan sampai, kesenian yang hebat ini hilang dengan begitu saja tanpa adanya perkembangan signifikan. Selain itu, drama musikal juga menyajikan kearifan lokal yang patut untuk tetap di nikmati. Baik untuk sekarang, maupun kedepannya. Drama musikal juga dikenal sebagai contoh teater modern yang tetap berkembang.

  1. Teatrikalisasi Puisi

Teatrikalisasi PuisiMacam-macam seni teater yang terakhir ini yaitu Teatrikalisasi Puisi. Merupakan pertunjukan teater yang dibuat berdasarkan karya dari sastra puisi. Umumnya, akan dibacakan di dalam teatrikal. Puisi ini akan di coba untuk dapat di perankan dalam pentas yang sedang berlangsung. Tentu, bukan hal yang mudah dalam menyatukan banyak hal tersebut. Nilai estetila yang berlangsung dalam pentas juga tetap harus di perhatikan. Karena, penonton ingin melihat pertunjukan yang memang spektakuler dengan perpaduan keunikan lokalnya.

Dalam tata  panggung serta blocking di rancang untuk lebih menegaskan kepada makna dari puisi tersebut. Jadi, peran yang terpenting lebih terdapat pada pemeran pembaca tersebut. Dimana, puisi yang disampaikan harus lebih di eskpresikan secara nyata bukan hanya dalam bentuk tulisan saja. Nilai kreativitas juga di tuntut untuk lebih tinggi dan mengedepankan keunikannya. Eksprei dan gerakan yang diterima akan menjadi bagian dari pemahaman makna puisi.

DI Indonesia, aktor yang cukup terkenal yaitu “teater kosong”. Menyajikan tetrikalisasi puisi dengan nilai estetika yang tinggi serta pemahaman yang jelas. Dengan begitu, masyarakat tidak dibebani dengan pertanyaan bagaimana makna yang ada di dalamnya.

Nah, begitulah pembahasan lengkap mengenai macam-macam seni teater versi GWSLUR yang perlu anda ketahui. Seni teater memang menyampaikan pesan kehidupan yang sangat berarti. Selain itu, unsur seni yang ditampilkan juga begitu khas dan patut untuk dipahami. Sampai saat ini, masih terdapat seni teater yang tetap berkembang. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.