Macam-Macam Seni Kriya Terlengkap 2019

0 155

Kelanjutan dari macam-macam seni teater yaitu seni kriya. Indonesia kaya akan karya seni yang begitu unik dan dibuat langsung secara tradisional. Sejak zaman dahulu, sudah terdapat banyak sekali karya yang begitu menarik. Salah satunya yaitu seni kriya yang sudah lama dikenal. Seni kriya ialah  karya seni yang dibuat dengan menggunakan ketrampilan tangan. Seni ini tetap memperhatikan aspek fungsional serta nilai seni yang ditawarkan. Selain itu, nilai estetika yang ada juga tetap di junjung tinggi. Selengkapnya, akan kami bahas macam-macam seni kriya pada artikel ini.

Pembuatan karya seni yang dibuat menggunakan tangan langsung memang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini tentu sangat baik karena kualitas pembuatannya juga tinggi. Aspek fungsional juga selalu melekat pada karya seni kriya. Fungsi seni kriya dibuat untuk menunjang kebutuhan dalam aktivitas sehari-hari. Sampai saat ini, seni kriya berkembang dengan cukup pesat dan memberikan keunikan tersendiri. Agar lebih memahaminya, anda harus paham macam-macam seni kriya yang akan kami ulas lengkap.

Macam-macam seni kriya

Beberapa macam dari seni kriya ini tentu dapat anda pahami dengan lebih jelas. Simak selengkapnya jenis jenis seni kriya ada dibawah ini.

  1. Kriya Pahat

Kriya PahatMacam-macam seni kriya yang pertama yaitu Kriya Pahat. Pahatan merupakan salah satu teknik dalam membuat ukiran. Dengan memahat, maka banyak sekali ukiran yang akan dapat dibuat. Namun, memahat sendiri tidaklah dapat di lakukan dengan begitu saja secara asal. Melainkan, harus sudah profesional dalam menggunakan pahatnya. Dimana, bahan yang banyak digunakan sendiri berupa kayu, logam atau pun batu.

Kriya pahat sendiri sudah banyak menghasilkan banyak produk. Daerah yang cukup terkenal akan pahatannya yaitu Jepara dan Bali. Jepara lebih terkenal pada industri pahatan kayunya. Sedangkan di Bali, lebih banyak terkenal dengan industri pahat patung arca dari batu. Nilai estetika yang di berikan juga sangat sesuai dan memiliki makna yang begitu baik.

  1. Kriya Logam

Kriya LogamMenarik dan tentunya sangat unik. Karya seni yang dihasilkan dari penggunaan bahan logam tentu tidaklah mudah. Melainkan, membutuhkan ketrampilan dan skill khusus dalam membuatnya Dimana, bahan dasar logam ini kemudian di buat menjadi bentuk yang unik. Seperti di zaman dahulu banyak orang yang membuatnya menjadi bentuk meriam atau pun mercusuar.

Kriya logam memiliki ciri khasnya tersendiri dari bahan dasarnya. Selain itu, untuk hasilnya juga cukup unik dan banyak diminati oleh masyarakat. Untuk teknik seni kriya pembuatannya terdapat dua cara yaitu dengan metode bivalve ataupun teknik cetak lilin. Hasilnya sama, dan memiliki kualitas terbaik !

  1. Kriya Batik

Kriya BatikIndonesia sudah sangat terkenal dengan ciri khas seni batiknya. Kain batik juga merupakan seni kriya yang banyak diterapkan secara langsung. Tentu, batik sudah merambah hampir ke seluruh wilayah Indonesia tidak hanya di pulau Jawa saja. Warisan seni yang satu ini sampai saat ini masih tetap berkembang dan masih tetap di minati oleh masyarakat. Kekayaan seni yang ada berupa batik memiliki nilai luhur tinggi.

Sampai saat ini, masih banyak para pengerajin yang membuatnya. Untuk membuatnya sendiri terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan. Seperti tulis, lukis maupun cap. Masing-masing teknik memiliki kelebihannya dan keunikannya. Di tambah, dengan sentuhan warna yang begitu baik juga sangatlah memungkinkan untuk dapat di terima oleh semua orang.

  1. Kriya Keramik

Kriya KeramikMacam-macam seni kriya ke 4 yaitu Keriya Keramik. Menggunakan bahan dasar berupa tanah liat, seni kriya jenis ini cukup bermanfaat. Kerajinan keramik tentu sudah ada sejak zaman dahulu dan sampai saat ini masih tetap bertahan meskipun telah banyak persaingannya. Keramik ini daat dibuat dengan bermacam teknik pengolahannya seperti pijat pilih, lempeng sampai degan cetak. Umumnya, teknik yang banyak digunakan yaitu pijat pilin karena memang sudah cukup merakyat dan mudah dalam implementasinya.

Seni kriya keramik ini biasa dibuat untuk berbagai macam benda pakai ataupun variasi. Seperti guci, pot bunga, vas dan lainnya. Masyarakat masih cukup banyak yang memproduksi kriya keramik dan dapat di jual belikan dipasaran. Kualitas dari hasilnya juga tidak perlu diragukan lagi.

  1. Kriya Tekstil

Kriya TekstilMemiliki cakupan yang cukup luas, tentu menjadikan tekstil banyak diminati. Untuk pembuatannya sendiri beragam mulai dari tenun, ikat atau pun proses yang lainnya. Umumnya, untuk kain yang dibuat sendiri terbuat dari serat yang di pilih. Sehingga, menghasilkan benang cukup panjang yang dapat di tenun untuk menghasilkan barang siap jadi.  Semua tentu harus di ukur terlebih dahulu agar menghasilkan barang berkualitas.

Banyak faktor yang cukup mempengaruhi dalam proses pembuatan kriya tekstil. Termasuk dengan jenis, ragam hias serta pemilih metode penggunaannya. Kriya tekstil nusantara seharusnya menjadi pelopor dalam memajukan industri tekstil. Sampai saat  ini, memang masih cukup banyak yang memproduksinya. Namun, untuk persaingan dalam industri masih sangat ketat.

  1. Kriya Anyaman

Kriya AnyamanKeragaman nusantara banyak sekali, salah satunya pada kriya anyaman. Umumnya, untuk anyaman yang ada terbuat dari rotan, daun pandan atau pun kulit bambu. Ketiga bahan tersebut dipilih karena memiliki tekstur yang kuat serta tidak mudah rusak meskipun dalam segala kondisi. Kriya anyaman sampai sekarang masih begitu berkembang dengan hadirnya industri yang siap bersaing secara internasional. Sebenarnya, terdapat alternatif lain dari bahan yang dapat digunakan.

Seperti mengguakan enceng gondok ataupun pelepah pisang. Alternatif tersebut untuk memotong biaya bahan yang memang cukup mahal. Teknik dalam pembuatannya biasanya menggunakann jalur horizontal, vertikal maupun diagonal. Ketiga teknik tersebut dapat di kombinasikan untuk menghasilkan kriya anyaman yang original dan memiliki nilai estetika tinggi. Masyarakat cukup banyak yang tertarik dengan kriya anyaman karena cukup bermanfaat. Terlebih, kekuatan dan kualitasnya juga cukup baik !

  1. Kriya Kulit

Macam-Macam Seni Kriya Terlengkap 2019Macam-macam seni kriya yang terakhir yaitu kriya kulit. Pemanfaatan kulit hewan yang biasanya dibuang juga bisa di jadikan sebagai kriya kulit. Menggunakan bahan dasar berupa kulit tentu memiliki keunikannya sendiri. Biasanya, kulit yang digunakan yaitu kulit sapi, kerbau, buaya dan lainnya. Sebelum dilakukan proses pembuatan karya, maka kulit harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu. Karena, kulit harus dalam kondisi yang baik dan siap untuk diolah.

Proses yang biasanya dilakuakn ayitu pemisahan, kemudian pencucian menggunakan cairan khusus, perendaman kulit serta pembersihan terakhir agar terjamin kualitasnya. Setelah itu, dapat di buat menjadi beragam karya. Contoh seni kriya yang biasa dibuat berupa dompet, wayang kulit, jaket ataupun ikat pinggang. Kini, kriya kulit nusantara masih cukup banyak peminatnya. Karena, kualitas tidak bisa berbohong !

Seni kriya memang memberikan pengaruh yang cukup baik pada perkembangan zaman sampai saat ini. Macam-macam seni kriya yang telah disampaikan GWSLUR diatas tentu masih ada sampai sekarang. Kekayaan nusantara akan seni kriya akan tetap berkembang. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.