8 Macam Macam Motif Batik yang Sedang Trend 2019

0 115

Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan yang masih ada sampai saat ini. Banyak sekali kota penghasil batik seperti Pekalongan, Sidoarjo dan lainnya. Ciri khas batik Sidoarjo juga bagus dan menarik. Batik sudah sejak dahulu digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Kini, popularitas batik semakin meningkat dengan banyaknya pesanan dan pembelian yang masih. Menariknya, batik juga memiliki banyak sekali motif yang dapat dipilih sesuai keinginan. Lebih jelasnya, kami akan menyampaikan macam macam motif batik secara lengkap.

Saat ini, batik sudah tidak lagi dianggap sebagai pakaian yang kuno. Justru, dengan menggunakan batik maka akan memberikan kesan ekegant dan stylish. Di tambah, dengan motif batik era sekarang yang begitu modern memberikan kesan gaya tersendiri. Kini, batik juga tidak hanya di implementasikan pada pakaian saja. Melainkan, juga bisa sebagai desain rumah, sprei, furniture dan lainnya. Karena itu, artikel ini akan mengupas tuntas macam macam motif batik yang banyak digunakan sampai saat ini.

Macam Macam Motif Batik Terlengkap

Perlu anda ketahui, bahwa terdapat banyak sekali motif batik yang memiliki nilai keindahan serta keunikannya. Inilah macam macam batik dan penjelasannya.

  1. Motif Batik Megamendung

Macam Macam Motif Batik MegamendungMacam macam motif batik pertama yaitu motif batik megamendung. Sudah pasti, anda seringkali melihat motif yang satu ini. Dimana, hampir semua daerah pengrajin batik pasti menggunakannya. Motif ini sudah ada sejak zaman dahulu. Tentu, menjadi primadona bagi banyak orang. Megamendung begitu khas yang menggambarkan awan cerah dan mencolok. Perpaduan warna yang senada memberikan kesan terbaik.

Umumnya, motif megamendung sendiri memiliki warna berupa biru. Warna ini merupakan representasi dari awan di langir. Namun, seiring berjalannya waktu juga terdapat beberapa warna yang di implementasikan seperti merah tua, ungu ataupun hijau tua. Anda dapat menemukan motif ini pada beberapa pakaian tradisional.

  1. Motif Batik Keraton

Motif Batik KeratonBanyak yang beranggapan bahwa motif ini sebagai cikal bakal perkembangan batik. Karena, di era dahulu tentu hanya orang keraton saja yang memakainya. Motif ini dibuat oleh para putri keraton dengan pengrajin batik era dahulu. Hanya beberapa orang keraton yang menggunakan seperti sultan serta keluarganya saja. Tetapi, di era sekarang tentu sudah siapapun dapat menggunakannya.

Motif ini memiliki desain berupa keraton yang dibuat sedemikian rupa. Memang, hampir mirip dengan keraton namun tidak sepenuhnya. Warna yang umum digunakan yaitu coklat dengan warna dasar putih. Perpaduan ini dinilai lebih baik karena keraton di zaman dahulu warnanya juga cokelat. Motif ini juga memiliki makna dan filosofi yang begitu mendalam.

  1. Motif Batik Semen

Motif Batik SemenDi era dahulu, batik ini digunakan oleh orang kerajaan saja. Motifnya diambil berdasarkan keadaaan dari lingkungan serta alam sekitar. Seerti pepohonan, hewan menjadi satu dalam motif ini. Sangat menarik dan memberikan nuansa yang begitu unik. Selain itu, para pengrajin juga dapat melakukan inovasi terhadap motifnya.

Tidak heran, jika motif ini cukup banyak dicari oleh masyarakat. Karena, memang untuk kualitas dan hasilnya begitu baik. Bahkan, sampai saat ini motif ini masih banyak sekali peminatnya. Terutama, bagi mereka yang memang menyukai batik. Seiring berjalannya waktu, motif ini terus mengalami perubahan.

  1. Motif Batik Priyangan

Motif Batik PriyanganMacam macam motif batik selanjutnya yaitu motif batik priyangan. Daerah Jawa Barat juga memiliki banyak sekali industri batik. Salah satunya di tasikmalaya yang sudah cukup dikenal. Motif yang biasa di pakai yaitu priyangan. Corak yang digunakan begitu rapi, rapat dan berkelas. Umumnya, di dominasi dengan motif rumput serta tumbuh tumbuhan yang memang sudah begitu melekat.

Warna yang dipakai berupa kuning ataupun merah keemasan. Banyak di implementasikan pada baju batik. Sampai saat ini, motif ini juga tetap menjadi pilihan bagi banyak masyarakat. Selain menarik, tentu nilai keindahannya juga di dapatkan. Terlebih, batik ini juga di jual bebas di pasaran.

  1. Motif Batik Malang

Motif Batik MalangTidak hanya terkenal dengan apelnya saja, melainkan juga dikenal dengan batiknya. Cukup banyak pengrajin yang berasal dari daerah Malang. Motif yang digunakan cenderung memiliki warna cerah. Namun, dengan menggunakan warna dasar biru di timpa dengan putih serta di tambahkan sedikit ornamen tambahan.

Umumnya, banyak batik malangan yang memiliki pola ataupun simbol dari kota Malang. Hal ini memang merepresentasikan keindahan dari kota tersebut. Seperti halnya untuk candi yang terdapat di Kota malang dijadikan sebagai batik. Kualitas dari batik ini dijamin sangat berkualitas. Serta, tidak jadul dan cocok untuk anda gunakan !

  1. Motif Batik Pekalongan

Macam Macam Motif Batik PekalonganSudah pasti, pekalongan merupakan salah satu tempat produksi batik. Dimana, motif batik yang ada pun sudah cukup banyak dikenal. Motif dari pekalongan sendiri cukup unik. Karena, menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Salah satunya yaitu keindahan alam yang dipadukan dengan hewan.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Baik fauna dan motif tumbuhan kerap kali hadir sebagai bagian batik. Peminat akan motif ini juga tidak perlu diragukan lagi. Karena, memang memiliki nilai estetika tinggi serta sangat modern. Bahkan, perdagangan yang dilakukan sudah mencapai semua penjuru dunia. Sangat menarik ya !

  1. Batik Loreng

Batik LorengLoreng jika di artikan secara sederhana berarti seperti warna hewan harimau. Jadi, tidak heran jika di zaman dahulu masyarakat daerah Jawa menyebut harimau sebagai loreng. Tidak hanya itu, ternyata loreng juga dijadikan sebagai motif yang cukup berkembang. Motif ini ialah perpaduan dari dua garis diagonal dengan pola pola parang kecil. Motif ini termasuk pada motif klasik yang sampai saat ini masih cukup banyak peminatnya. Namun, motif ini hanya boleh digunakan untuk keluarga kerajaan saja. Sudah pasti, karena adanya arti dan filosofi yang begitu mendalam.

  1. Motif Batik Sidomukti

Macam Macam Motif Batik SidomuktiMacam macam motif batik yang terakhir yaitu motif batik sidomukti. Di daerah Magetan, banyak yang mengenal sebagai industri batik. Daerah ini cukup banyak memiliki pengrajin yang berpengalaman. Dimana, banyak batik menggunakan motif sidomukti. Motif ini memiliki representasi dari bambu yang dibuat sedemikian rupa. Bukan tanpa alasan adanya motif ini. Namun, memiliki arti yang juga begitu mendalam. Arti dari motif ini dijabarkan sebagai harapan agar mendapatkan ketenangan secara lahir dan batin.

Terutama, bagi masyarakat sekitar dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Umumnya, batik ini banyak di pakai dalam acara resmi ataupun upacara adat. Namun, banyak juga yang menggunakannya dalam keperluan lainnya. Tentu, tidak ada masalah karena batik ini cukup modern dan memiliki nilai keindahan tinggi. Bahkan, dikenal juga sebagai motif batik modern reborn. Jadi, saat memakainya dijamin menjadi pusat perhatian !

Bagaimana, macam macam motif batik diatas sangat bernilai bukan? Budaya Indonesia pada batik memang memberikan nilai yang begitu tinggi bagi semua penggunanya. Terlebih, bagi anda yang memang menyukai batik. Batik dapat digunakan dalam berbagai macam keperluan baik resmi maupun bersantai. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.