Komunitas Mulos

0 71

GWS.id-Musang adalah binatang mamalia berbadan panjang dan berkaki pendek, merupakan hewan pemangsa (bangsa karnivora), dan berasal dari keluarga Viverridae. Hewan ini kebanyakan merupakan hewan malam (nokturnal) dan dapat memanjat dengan baik. Yang paling dikenal adalah musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus), namun selain musang luwak masih banyak jenis yang lain seperti Musang air (Cynogale bennettii), Musang rase (Viverricula malaccensis sin. Viverricula indica), Musang akar (Arctogalidia trivirgata), Musang bulan (Paguma larvata), Binturong (Arctictis binturong), Linsang (Prionodon linsang), Musang biul, dan Tenggalung (Viverra tangalunga).

Berbicara tentang musang, tahukah kamu bahwa terdapat suatu komunitas di Sidoarjo yang kegiatannya tidak dapat terlepas dari hewan yang satu ini? Sesuai namanya, Mulos yang merupakan singkatan dari Musang Lovers Sidoarjo adalah komunitas pecinta Musang yang berasal dari Sidoarjo. Berdiri sejak 2013, komunitas ini gencar menyuarakan bahwa musang yang seringkali dianggap sebagai binatang hama ternyata lebih dari itu, musang dapat dijadikan hewan peliharaan dan dicintai seperti hewan-hewan peliharaan lain seperti kucing dan anjing.

Tim GWS berkesempatan untuk bertemu Mulos saat car free day di sekitar alun-alun Sidoarjo. Ternyata komunitas pecinta musang ini selalu memanfaatkan momen car free day  setiap hari Minggu di alun-alun untuk berkumpul. Hal ini mereka lakukan bukan tanpa alasan, pada car free day  tentu banyak masyarakat yang datang ke alun-alun, Mulos berharap akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan mengenal musang lebih dekat, sehingga nantinya stigma masyarakat menggenai musang sebagai binatang hama bisa berubah sedikit demi sedikit.

Komunitas ini percaya bahwa musang adalah hewan yang dapat dijinakkan dan menjadi hewan domestik. Anggota yang tergabung dengan komunitas ini terhitung 2000 orang lebih di laman facebook. Namun, menurut penuturan Junior (salah satu anggota Mulos) meskipun Mulos memiliki banyak anggota, tidak semua anggota dapat menggikuti kegiatan berkumpul yang diagendakan, karena terkendala kesibukan masing-masing.

Di antara kegiatan yang rutin Mulos adalah gathering dan kopdar. Eh, bukannya sama aja ya? Beda dong, kalau gathering itu lebih seperti kegiatan pengenalan yang bertujuan untuk mengenalkan musang lebih luas lagi ke masyarakat, artinya kegiatan ini ditujukan bagi masyarakat di luar. Sedangkan kopdar adalah kegiatan berkumpul antar-anggota komunitas, untuk sekedar sharing pengalaman, bertutur cerita seru saat memilihara musang dan semacam itu.

Kalau kamu tertarik dengan musang dan ingin bergabung dengan Mulos, langsung saja join grup facebook-nya, kamu bisa menemukan laman tersebut dengan menuliskan Mulos di kotak pencarian. Di laman tersebut kamu akan menemukan jadwal atau agenda yang akan dilaksanakan oleh Mulos. Atau mungkin kamu ingin lebih dahulu bertanya mengenai musang sebelum mulai untuk memeliharanya, silahkan saja langsung kunjungi laman facebook Mulos. (dnm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.