Ki Subur dan Wayang Potehi

0 67

GWS.id – Wayang potehi adalah kesenian tradisional dari daerah Tiongkok selatan yang masuk ke Indonesia melalui para pedagang Tiongkok yang datang ke Indonesia. Meskipun tidak sepopuler wayang kulit yang notabene adalah kesenian tradisional Indonesia, wayang potehi tetap memiliki peminatnya terutama masyarakat etnis Tionghoa.

Di Sidoarjo ada satu dalang wayang potehi yang sudah tidak asing bagi masyarakat sekitar, beliau adalah Ki Subur. beliau adalah seorang muslim dan orang jawa, tapi beliau tetap mau bertoleransi dan menjadi seorang pegiat wayang potehi.

Di Sidoarjo, wayang potehi hanya digelar saat perayaan hari jadi Makco Thian Siang Seng Bo di Kelenteng Tjong Hok Kiong, Jalan Hang Tuah Sidoarjo. Acara tahunan ini juga diisi dengan hiburan rakyat untuk warga sekitar kelenteng. Untuk memeriahkan HUT Makco, Ki Subur biasanya menggelar pertunjukan wayang potehi selama satu bulan penuh di kompleks kelenteng. Wayang potehi di Sidoarjo lebih merupakan bagian dari ritual umat Tridharma ketimbang hiburan biasa. Karena itu, jarang sekali orang luar yang menikmati kesenian langka ini. Padahal, unsur hiburan dan intrik di wayang potehi justru lebih banyak daripada wayang kulit. Selain di kelenteng Tjong Hok Kiong, Ki Subur juga rutin tiap tahun untuk bermain di  Kelenteng Teng Swie Bio Krian dalam perayaan sembahyang rebutan. Selebihnya, Ki Subur lebih banyak menerima tawaran untuk mangung di luar kota. Seperti hari raya imlek sebelumnya, Ki Subur lebih banyak  job untuk mangung di Jarkarta.

Dalam melakukan pementasan, lakon yang sering dibawakan oleh Ki Subur adalah cerita 18 raja di Tiongkok yang memberontak karena tidak puas dengan maharani di pusat. Ki Subur menyebut judul lakon dalam bahasa Hokkian: Cap Pwee Lo Hoan Ong.

Salah satu pretasi yang pernah diraih oleh Ki Subur adalah pada tahun 2015 Ki Subur memecahkan rekor muri untuk ketegori memainkan wayang potehi terlama, kegiatan pemecahan rekor ini dilakukan di Mal Ciputra Jakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.