8 Keragaman Suku di Indonesia Beserta Uraiannya Lengkap

0 2,698

Hai lur, sebelumnya kami telah membahas destinasi wisata yang bagus di Indonesia, sekarang lanjut membahas suku Indonesia. Keberagaman suku yang ada di Indonesia memang sangatlah banyak. Meskipun begitu, keberagaman ini tetap memberikan persatuan. Indonesia, tidak hanya kaya akan wisata, kuliner ataupun kreatifitasnya saja melainkan sukunya juga. Beberapa daerah yang terpelosok mungkin belum dikenal dengan lebih dalam. Untuk itu, kami akan menyampaikan dengan lengkap keragaman suku di Indonesia secara lengkap.

Mungkin, anda saat ini masih mengenal beberapa suku yang ada di Indonesia saja. Padahal, masih begitu banyak sekali suku yang memiliki populasi cukup besar. Selain itu, keunikan dari setiap suku sudah pasti selalu ada. Bahkan, terdapat beberapa suku yang memang sampai saat ini masih ada. Baik di pulau jawa maupun luar jawa. Apa saja suku tersebut? Baca terus artikel ini mengenai keragaman suku di Indonesia.

Inilah 8 Keragaman Suku Di Indonesia

Berikut ini akan kami ulas secara lengkap beberapa suku yang terdapat di Indonesia. Inilah beberapa suku tersebut.

  1. Suku Jawa

Suku JawaSuku ini merupakan salah satu yang memiliki penduduk terbanyak di Indonesia. Banyak sekali hal menarik yang dimiliki oleh suku jawa. Mulai dari kesenian, kebudayaan serta hal yang lainnya. Selain itu, suku jawa juga dikenal dengan alat musik tradisional dan adat yang cukup kental. Tentu, sudah banyak masyarakat yang memang mengenal suku ini.

Cukup banyak orang yang tertarik dengan budaya Indonesia dari suku Jawa ini. Terlebih, di daerah yang memang masih kental akan kebudayaan Jawanya seperti Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah tersebut, masih terdapat keraton yang berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, banyak masyarakat yang juga ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai suku tersebut.

  1. Suku Sunda

Suku SundaSuku yang satu ini merupakan terbesar setelah suku Jawa. Orang sunda cukup memiliki keunikan tersendiri. Bahkan, banyak orang sunda yang memang memiliki pekerjaan pedagang di luar pulau. Mungkin, banyak yang sudah mengenal suku sunda. Terlebih, suku sunda memang memiliki berbagai macam kebudayaan, kesenian serta kulinernya.

Tidak hanya itu, permainan musik dari suku sunda juga cukup baik dimana yang begitu terkenal berupa angklung. Alat musik ini bahkan sudah cukup mendunia. Untuk pakaian adat dari suku sunda berupa kebaya yang memiliki ciri khas sundanya. Ciri khas suku sunda yaitu bahasa komunikasi tersendiri dan nyatanya cukup unik. Sampai saat ini, suku sunda masih tetap berkembang.

  1. Suku Nias

8 Keragaman Suku Di Indonesia Beserta Uraiannya LengkapPulau Nias sangat dikenal dengan kebudayaan berupa megalitikum. Bahkan, sampai saat ini kebudayaan ini masih tetap dijalankan. Menariknya, tradisi yang ada juga tetap berjalan. Padahal, sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sangat menarik ya? Selain itu, suku Nias juga memiliki berbagai macam keunikan lainnya termasuk gaya bahasanya.

Suku Nias ini juga dikenal sebagai pemberani, dimana dalam melawan penjajahan begitu gagah dan berani. Tidak heran, jika suku ini dikenal sebagai petarungnya Indonesia. Tradisi lompat batu dari suku nias juga sudah cukup terkenal di seluruh Dunia. Hingga saat ini tetap masih ada dan menjadi tradisi yang begitu ditunggu oleh masyarakat.

  1. Suku Kamoro

Suku KamoroTidak banyak yang mengenal suku satu ini. Kamoro merupakan salah satu suku di papua yang memang masih kurang modern. Dimana, banyak penduduknya yang masih berada di pedalaman dan belum terkena sentuhan modernisasi. Namun, suku kamoro masih tetap menyita perhatian dunia. Dimana, suku yang satu ini memiliki keunikan tersendiri.

Salah satunya yaitu anyaman, tarian serta ukiran yang begitu khas. Hal ini karena memang sudah menjadi ketrampilan yang telah ada sejak dahulu. Bahkan, suku kamoro ini begitu menjunjung tinggi ukiran. Semakin bagus ukiran yang dibuat, maka semakin tinggi pula derajat seseorang dan akan lebih dihormati oleh masyarakat.

  1. Suku Baduy

Suku BaduyKeragaman suku di Indonesia yang ke 5 yaitu Suku Baduy. Di daerah Banten, terdapat suku yang masih kental dengan adatnya yaitu Baduy. Suku ini terbagi menjadi dua bagian yaitu suku baduy dalam dan luar. Suku baduy ini cukup terisolasi dari dunia luar. Menariknya, aturan dari suku baduy sendiri masih begitu ketat dan begitu ditaati oleh masyarakatnya.

Masyarakat tidak boleh sembarangan masuk ke suku baduy. Bahkan, hanya boleh masuk ke daerah baduy luar bagi mereka yang ingin membawa kamera. Sedangkan, untuk mereka yang ingin memasuki baduy dalam hanya beberapa orang saja dan harus sesuai dengan aturannya. Budaya tenun yang ada juga begitu berkualitas. Cukup menarik ya? Tentu, hanya ada di Indonesia !

  1. Suku Dani

Suku DaniDi daerah Papua, juga masih ada suku yang cukup menarik perhatian. Suku Dani yang bertempat di kawasan Lembah baliem dengan berbagai macam budaya dan keseniannya. Suku ini masih tetap memegang teguh adat yang sudah ada sejak jaman dahulu. Bahkan, sampai saat ini masih belum tersentuh akan modernisasi. Masyarakat disini masih menggunakan cara tradisional dalam kesehariannya.

Selain itu, berbagai macam upacara tradisional juga masih kerap kali dilakukan. Uniknya, suku Dani memiliki tradisi berupa potong jari setiap kali terdapat keluarga yang meninggal dunia. Hal ini dikarenakan sebagai  ungkapan ketakutan dan kesedihan. Namun, untuk tradisi ini mungkin sudah tidak dilakukan lagi saat ini. Terlebih, dengan adanya agama yang sudah masuk ke kawasan ini.

  1. Suku Dayak

Suku DayakKeragaman suku di Indonesia ke 7 yaitu suku dayak. Sudahkah anda mengenal suku dayak? Merupakan salah satu suku yang berada di wilayah kalimantan Barat. Suku ini memiliki keberanian yang cukup tinggi. Tidak hanya para prianya, melainkan wanitanya juga begitu tangguh. Suku dayak tentu banyak dikenal sebagai tarian yang unik seperti tari Kancet papatai.

Tidak hanya itu, beberapa keunikan lainnya seperti kain anyamannya juga begitu baik. Serta berbagai macam aksesoris manik manik ada dan diperjual belikan. Suku dayak gemar membuat mandau beserta perisai dengan berbagai macam motifnya. Tentu, suku dayak sampai saat ini masih tetap ada dan menjadi daya tarik akan keunikannya.

  1. Suku Betawi

Suku BetawiTentu, anda sudah begitu mengenal DKI Jakarta. Terdapat salah satu suku yang memang sudah mendiami ibukota sejak dahulu yaitu Betawi. Suku Betawi memiliki berbagai macam keunikannya. Tidak hanya pada kulinernya saja, namun di kebudayaan dan keseniannya juga sangatlah unik.

Salah satu yang cukup terkenal yaitu boneka ondel-ondel. Kerap kali, ditampilkan dalam acara event besar. Selain itu, suku betawi juga kerap kali memiliki gaya bahasa yang begitu unik. Suku ini sudah cukup terkenal dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Hingga saat ini, suku betawi masih tetap ada.

Nah, usai sudah pembahasan mengenai keragaman suku di Indonesia. Tentu, cukup banyak bukan suku yang ada di Indonesia? Tentu, beberapa suku tersebut memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Meskipun begitu, mereka juga ketentuan masing-masing. Jadi, tetap hargai sebagai masyarakat yang bertoleransi. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.