8 Kekayaan Budaya Indonesia yang Perlu Kita Ketahui

0 47

Negara Indonesia memiliki banyak sekali daerah dengan keberagamannya. Tidak hanya kuliner, tempat wisata Indonesia atau pun kerajinannya saja melainkan juga kebudayaan. Budaya yang ada sampai saat ini masih tetap di lestarikan dan memiliki keunikan. Tentu, tersebar di beberapa wilayah yang memang sudah menjadi budaya rutinnya. Keragaman budaya Indonesia yang ada tetap harus di lestarikan agar dapat di nikmati bersama. Artikel ini mengulas lengkap kekayaan budaya Indonesia. Selain budaya Indonesia yang megah, ada juga tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia yang diulas pada artikel sebelumnya.

Budaya merupakan salah satu kekayaan yang patut di syukuri. Budaya tidak akan muncul begitu saja. Melainkan, turun temurun sejak jaman dahulu. Kebudayaan yang ada di Indonesia bahkan dapat berumur lebih dari ribuan tahun lamanya. Karena itu, tidak heran jika masih banyak masyarakat yang percaya akan fungsi budaya tersebut. Ragam budaya Indonesia sangat penting untuk di lestarikan. Kekayaan budaya Indonesia begitu melimpah, bahkan dunia sudah terkenal sampai internasional. Ingin tahu lebih jelasnya? Baca terus artikel ini.

Kekayaan Budaya Indonesia Lengkap

Perlu anda ketahui, bahwa banyak sekali kekayaan budaya Indonesia yang ada sampai saat ini. Lebih jelasnya akan kami bahas dibawah ini.

  1. Angklung

AngklungSiapa yang tidak kenal dengan alat musik ini? Tentu, hampir seluruh masyarakat mengenalnya. Angklung merupakan alat musik dari Jawa Barat. Budaya memainkan angklung sudah ada sejak dari zaman dahulu. Angklung di buat dengan menggunakan bambu sedemikian rupa. Kini, angklung masih tetap di mainkan karena sangat unik.

Angklung memiliki suara yang begitu khas. Untuk memainkan angklung sendiri harus melalui proses pembelajaran. Angklung saat ini masih menjadi kekayaan budaya yang wajib untuk di lestarikan. Mengingat, angklung sudah mulai jarang di minati oleh masyarakat. Jadi, alangkah baiknya untuk bersama-sama melestarikan budaya memainkan angklung.

  1. Wayang

WayangKekayaan budaya Indonesia yang ke 2 yaitu wayang. Wayang merupakan seni pertunjukan yang memiliki banyak arti. Wayang di mainkan oleh seorang dalam sebagai pengeraknya. Dalam setiap pertunjukan selalau ada arti yang mendalam. Biasanya, mengenai kisah kerajaan ataupun lainnya. Wayang juga digunakan dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Wayang banyak sekali jenisnya, seperti wayang kulit sampai wayang orang. Banyak di temukan pada wilayah pulau jawa. Sampai saat ini, masih ada beberapa masyarakat yang gemar menonton wayang. Terutama, para orang tua yang memang ingin menikmati pertunjukan wayang. Wayang sudah cukup terkenal dan menjadi kekayaan budaya nusantara yang sangat perlu di lestarikan.

  1. Reog Ponorogo

Reog PonorogoSalah satu kekayaan budaya yang ada di Indonesia yaitu reog ponorogo. Merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Tarian ini dilengkapi dengan topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota. Selain itu, pada topeng juga terdapat bulu burung merak. Perlu anda ketahui, bahwa topeng reog memiliki berat mencapai 60 kilogram.

Faktanya, penari yang membawa topeng menggunakan gigi dalam memainkannya. Bagaimaca bisa? Tentu, hal ini membutuhkan latihan khusus. Karena itu, masyarakat Ponorogo begitu tertarik untuk mempelajarinya. Tentu, di negara lain tidak ada yang seperti ini. Keunikannya bahkan mengundang banyak wisatawan tertarik untuk melihatnya secara langsung.

  1. Tari Kecak

Tari KecakBali, merupakan pulau yang banyak sekali di kunjungi wisatawan. Selain keindahan alamnya yang begitu menakjubkan, juga mengenai budayanya. Di bali, anda dapat melihat secara langsung mengenai tari kecak. Tarian tradisional dari bali ini sangatlah unik. Tari kecak menampilkan pertunjukan layaknya perwayanagan dalam tokoh rama dan sinta.

Tari kecak ialah salah satu budaya indonesia yang mendunia. Selain itu, tarik kecak juga biasa di pakai dalam ritual keagamaan masyarakat Hindu di Bali. Tari ini dianggap sakral karena mempertontonkan beberapa sesi kekebalan fisik. Seperti dengan para penarinya yang tidak terbakar api. Para penari juga akan meneriakkan bunyi “ cak cak ke cak cak ke “ dalam setiap tarian yang dilakukan. Sangat menarik ya?

  1. Tari Saman

8 Kekayaan Budaya Indonesia Yang Perlu Kita KetahuiMerupakan tarian yang berasal dari suku Gayo daerah Aceh. Tarian ini digunakan dalam beberapa peristiwa penting di lingkungan setempat. Dalam tarian saman, banyak sekali keunikan didalamnya. Seperti adanya syair yang berasal dari campuran arab dan bahasa Gayo. Keunikan tari saman sudah sangat mendunia.

Menampilkan gerakan tepuk tangan dan gerakan lainnya tanpa pergeseran. Serta likak-likuk tubuh lainnya dan kaki. Tari saman juga banyak di tampilkan dalam acara resmi seperti penyambutan presiden. Tarian ini memang begitu unik dan hars tetap di lestarikan. Jangan sampai, di klaim oleh negara lain.

  1. Tari Barong

Tari BarongKekayaan budaya Indonesia ke 6 yaitu Barong dari Bali. Kebudayaan di wilayah Indonesia terus berkembang dengan begitu pesat. Salah satunya dengan adanya tari barong yang berasal dari Bali ini. Tarian ini memiliki aritan yang cukup mendalam. Terutama, bagi peradaban kebudayaan hindu. Menggambarkan mengenai kebaikan yang melawan kebathilan. Barong merupakan lambang dari kenaikan.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa barong mampu untuk melawan rangda sebagai simbol kejahatan. Masyarakat di Bali sendiri juga masih melekat dengan hal ini. Tidak heran, jika tarian barong masih cukup banyak yang melakukannya. Terutama, dalam keperluan acara resmi maka kerap kali di tampilkan. Bahkan, tarian ini juga sudah cukup mendunia lho !

  1. Sendra Tari Ramayana

Sendra Tari RamayanaIalah pementasan tadi drama tanpa menggunakan dialog. Sendra tari ramayana sendiri sudah cukup lama di pentaskan. Tercatat sejak tahun 1961 tepatnya di candi prambanan pentasnya mulai di laksanakan. Sangat unik dan begitu memberikan nilai yang baik terutama dalam menjalani kehidupan. Nilai-nilai yang ada merupakan motiviasi menjalahi kehidupan.

Pewayangan ini menarik cukup banyak sekali masyarakat. Bahan, sangat artistik karena di gelar pada panggung terbuka dengan adanya panorama candi prambanan. Bahkan, sampai saat ini masih tetap di adakan secara rutin. Hal ini untuk tetap melestarikan kebudayaan yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Jangan sampai, kebudayaan hilang begitu saja.

  1. Batik

BatikKekayaan budaya indonesia yang terakhir yaitu Batik. Merupakan warisan budaya Indonesia berupa motif lukisan. Umumnya, batik sendiri di implementasikan pada pakaian. Sudah sejak zaman dahulu, batik menjadi motif yang paling populer dalam penggunaan pakaian. Biasanya, di pakai dalam pembuatan kemben ataupun pakaian sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, terus bekembang dan memberikan banyak motif yang ada.

Kini, batik juga dapat di implementasikan pada beragam keperluan. Baik untuk pakaian, peralatan ataupun kebutuhan rumah tangga. Karena, motifnya sendiri begitu beragam serta memiliki banyak sekali keunikannya. Beberapa daerah terkenal akan batiknya seperti pekalongan serta sidoarjo. Untuk kualitasnya tentu tidak perlu anda ragukan lagi. Dijamin sangat baik dan memiliki nilai estetika tinggi. Batik sangat penting untuk tetap di lestarikan !

Begitulah ulasan lengkap kekayaan budaya Indonesia yang telah dikenal semua lapisan masyarakat. Tidak hanya di daerah tersebut saja, tetapi juga di daerah lain. Menariknya, budaya yang ada juga menjadikan daerah lebih dikenal. Tentu, memiliki manfaat lain bukan? Sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya ikut melestarikan budaya tersebut. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.