JADI, APA SINETRON FAVORIT MU?

0 11

Perbedaan generasi 90-an dan kekinian juga terdapat dalam film, kartun, dan juga sinetron. Jelas masa 90-an adalah masa membahagiakan anak-anak apalagi saat hari Minggu, karena banyak banget kartun yang disiarkan. Sebelum berangkat sekolah pun gampang banget bangun subuh-subuh juga biar bisa nonton kartun dulu. Kartunnya juga beragam banget tema dan ceritanya, jadi ya jelas ada kartun buat anak perempuan dan kartun buat anak laki-laki.

Sinetron jaman dulu juga banyak banget cerita dan tema yang bermanfaat. Ada yang tentang keluarga, persahabatan, superhero, dan pendidikan. Kalau pun ada yang cinta-cintaan juga ceritanya ga menonjol banget cerita pacar-pacaran anak smp atau anak sma yang masih sekolah. At least, cerita cinta-cintaan itu emang disesuaikan untuk sasaran penonton orang tua, dan yang anak-anak atau remaja lebih ke persahabatan dan pendidikan. Karena sedikit banyak tayangan televisi dapat mempengaruhi penontonnya. Jadi yo gausah kaget Lur nek akeh kids jaman now seng poleh metuwek dan sd ae wes pacaran, srupris-surprisan, atek nyeluk mimi-pipi atau ayah-bunda sisan.

Dadi opo ae se sinetron terbaik era 90-an seng memberi nilai edukasi dan manfaat pada penonton? Iki sinetron favorit e GWSLur jaman 90-an Lur~

  1. Keluarga Cemara

“Harta yang paling berharga, adalah keluarga”, hayo sopo seng moco kalimat barusan ga mbek nyanyi? Iki Lur salah satu sinetron legend Indonesia. Mengangkat tema keluarga yang berjuang dengan kesederhanaan iki isok dijupuk uwakeh pelajaran tekan sinetron iki. Dengan Abah yang tukang becak dan Emak bekerja sebagai pembantu dan berjualan Opak, jelas ga menyurutkan semangat anak-anake yoiku Euis, Agis, dan Ara tetep semangat meraih cita-cita. Semoga bakal ono maneh yo sinetron dengan tema kekeluargaan adem ayem walopun banyak rintangan berat yang dilalui ngene iki, ga mek cerito tentang keluarga seng rebutan harta warisan tok.

  1. Si Doel Anak Sekolahan

Sinetron iki yo salah satu sinetron legend pisan dengan mengangkat tema keluarga dan kerja keras yang disampaikan dengan budaya Betawi, Lur. Bedo tipis mbek sinetron “Keluarga Cemara”, tapi nang sinetron iki akeh unsur komedi. Sinetron iki yo mengajarkan kita untuk tetap mempertahankan budaya asal kita walaupun di tengah era modern yang mengesampingkan kebudayaan. FYI, original soundtrack sinetron iki yo bahasa Betawi lho Lur!

  1. Saras 008, Panji Manusia Millenium, Anak Ajaib, Gerhana, Wiro Sableng

Generasi 90-an pasti sueneng mbek kartun dan film superhero. Nah, Indonesia iki yo duwe sinetron superhero lho Lur. Pasti seng wedok-wedok biyen puengen dadi saras 008, seng lanang pengen dadi Panji nek ga Gerhana to? Sopo pisan hayo seng ngoleksi barang-barang bertema Anak Ajaib? Ngaku ae Lur hahaha. Nah nek Wiro Sableng 212 iki mengangkat unsur superhero lokal dengan cerita persilatan dan berunsur komedi. Sinetron-sinetron iki jelas e duwe keunikan masing-masing walaupun dulu teknologi atau gambar yang dihasilkan tidak sebagus seperti film superhero sekarang. Tapi Lur, sinetron-sinetron iki yo menjadi favorit arek-arek 90-an pada masanya lho! Dan tetep, memberikan nilai positif bahwa harus saling membantu dan membasmi kejahatan di muka bumi!

  1. Jin dan Jun, Jinny Oh Jinny, Tuyul Dan Mbak Yul

Nek sinetron seng iki sakjane meh mirip-mirip ceritone. Ketemu jin nek ga ketemu tuyul yang kemudian tinggal bersama dan dengan merasa berhutang budi pada yang menemukan, akhire yo mesti diewangi deh mbek Jin, Jinny, atau Ucil. Sinetron iki yo ono usnsur komedi sisan Lur, dan kudu saling respect masio berbeda.

  1. Lorong Waktu, Doaku Harapanku

Sinetron religi ini juga pernah memiliki hati tersendiri di hati penontonnya. Sinetron iki yo biasane tayang pas bulan ramadhan Lur. Lorong waktu iki unik e yo disenengi kalangan anak-anak karena ono unsur petualang dan komedi. Lorong waktu iki bercerita tentang Zidan seng nemu alat canggih seng isok nembus ruang dan waktu gae menjelajah kehidupan masa lalu dan mencari ilmu-ilmu Islam lebih dalam. Nek seng Doaku Harapan ku iki bercerita tentang kisah percintaan keluarga, lebih tepatnya se tentang rumah tangga Lur. Bagaimana Anisa bisa bertahan tekan siksaan mertua atau ibu tiri dari suaminya. podo serune dan podo-podo memberi nilai positif terutama tentang ilmu-ilmu agama Lur.

 

Nah iku maeng sedikit ulasan sinetron legend era 90-an. Mulai ono sinetron cinta-cintaan remaja iku taun 2000-an, tapi tetep luwih akeh unsur komedi, persahabatan, dan horor e Lur. Nek penasaran dan pengen nostalgia, jek ono kok Lur beberapa sinetron jaman biyen nang internet. Monggo bernostalgia Lur!

(hun)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.