Hewan Dalam Pemilu di Indonesia

0 36

GWS.id – Sebentar lagi kita akan menghadapi pemilu, tahun ini pemilu Jawa Timur, dan di tahun depan pemilu Presiden dan anggota legislatif. Ndredeg ta lur? gak blas, lha lapo pemilu ae katek ndredek wong karek nyoblos.

Selama perhelatan pemilu tidak hanya partai politik dan politisi saja yang berpartisipasi dalam pemilu, tapi hewan ternyata juga, bahkan beberapa kali mereka sempat memenangi pemilu dengan meraih suara terbanyak. Hewan ini populer sekali, maka tidak heran jika elektabilitasnya sangat tinggi. Hewan tersebut adalah Banteng dan Burung.

Partisipasi hewan dalam pemilu yang dimaksud bukan menjadi calon Presiden atau anggota legislatif, tapi hewan hewan ini muncul sebagai lambang partai. Seperti partai PDI yang mengunakan lambang Banteng atau Gerindra dan partai baru partai Garuda yang menggunakan burung sebagai lambangnya.

Banteng banyak digunakan karena banteng sendiri merupakan salah satu lambang dalam Pancasila. Sila ke empat yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan menggunakan banteng sebagai lambang karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul  untuk mendiskusikan sesuatu.

Sedangkan burung merupakan lambang dari Pancasila itu sendiri. Selain itu, burung juga merupakan simbol dari perdamaian, jadi burung menjadi hewan yang populer untuk dijadikan lambang.

Bertikut adalah daftar partai yang menggunakan hewan sebagai lambang

Pemilu 1999

Burung : Partai Demokrasi Kasih Bangsa, Partai Katolik Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan.

Banteng : Partai Nasional Indonesia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,  Partai Nasional Indonesia Front Marhaenis, Partai Demokrasi Indonesia, Partai Nasional Demokrasi.

Pemilu 2004

Burung : Partai Damai Sejahtera, Partai Patriot, Partai Keadilan dan Persatuan.

Banteng : PNBK Indonesia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,  Partai Nasional Indonesia Marhaenis, Partai Demokrasi Indonesia.

Pemilu 2009

Burung : Gerindra, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Republik Nusantara,  Partai Patriot, Partai Damai Sejahtera.

Banteng : PNBK Indonesia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,  Partai Nasional Indonesia Marhaenis, Partai Demokrasi Indonesia.

Pemilu 2014

Burung : Gerindra, Partai Keadilan dan Persatuan.

Banteng : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Pemilu 2015

Burung : Gerindra, Perindo, Partai Garuda,

Banteng : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

(dnm)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.