GOR Sidoarjo, Semangat Menggelora Delta               

0 43

GWSLur.id – Fasilitas masyarakat Sidoarjo ini, selain banyak memberi manfaat juga memiliki cerita yang membanggakan Sidoarjo lho Lur. Yo, buener Lur seng dimaksud adalah Stadion GOR Gelora Delta Sidoarjo! Stadion Gelanggan Olahraga yang terletak di Jalan Pahlawan Sidoarjo ini merupakan salah satu stadion yang multi-guna. Selain ada lapangan utama sepak bola, ternyata ada juga fasilitas lain seperti kolam renang, lintasan sepatu roda, lintasan atletik, lapangan tenis, lapangan voli pantai dan gedung serbaguna. Selain iku, ono pisan Lur tempat fitness atau nge-gym dan senam. Komplit banget yo GOR iki fasilitas e. Setiap hari yo rame ae orang berolahraga atau agenda latihan komunitas yang memiliki basecamp di wilayah tersebut. Misalnya komunitas sepatu roda atau komunitas marching band. Btw, basecamp DELTRAS dan latian e yo nang GOR lho Lur!

Sejarah singkatnya, GOR ini mulai dibangun sekitar tahun 1984 atas inisiasi Bupati Sidoarjo saat itu, Bapak Sugondo. Awale, seng dibangun iku kolam renang, terus lapangan tenis pada tahun 1986, gedung serbaguna tahun 1987, dan lapngan bola 1999. Dan komplek stadion GOR ini rampung dibangun pada tahun 2000. Nah manfaat lain dibangun stadion se-komplek dengan fasilitas olahraga lainnya adalah agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD. Fyi Lur, biyen sempat diadakan sayembara gawe njenengi stadion iki. Sebanyak 279 usulan nama dari berbagai propinsi, 16 usulan nama “Gelora Delta” diajukan dan akhirnya terpilih menjadi nama resi Stadion Sidoarjo Gelora Delta sesuai keputusan Bupati tahun 1998.

Stadion utama yang memiliki kapasitas hingga 35.000 penonton ini akhirnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Bapak Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie pada hari Rabu tanggal 9 September 1998 dan bertepatan denga Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XV             tahun 1998.

Stadion yang pernah menjadi tuan rumah PON XV tahun 2000, ini juga menjadi tempat pelaksanaan final COPA Indonesia 2006, Quarter Final Divisi Utama Liga Indonesia 2007, Piala AFF U-19 2013, dan Final & Semifinal Divisi Utama Liga Indonesia 2014.

Tidak hanya fasilitas olahraga saja, tapi komplek GOR ini jkuga banyak basecamp komunitas-komunitas dan sekaligus tempat latihan komunitas yang ada di Sidoarjo. Misalnya komunitas duta wisata, marching band, sepatu roda, dan sebagainya. Banyak juga tempat makan dan PKL yang banyak menjual beragam makanan dan beragam pakaian, aksesoris, gadget, alat-alat dapur dan masih banyak lagi. Banyak juga yang membuka permainan gawe arek-arek cilik Lur. Misale koyok mobil seng muter-muter seng koyok rumah balon-balonan ngunu. Seru banget westa Lur pokoke nang GOR iki, opo maneh nek malming utowo minggu isuk. Rono ayo Lur!

(hun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.