Delta Carnival, Pesona Delta                

0 47

GWSLur.id – Wassup dulur Darjo! Sopo hayo seng dino minggu tanggal 18 Maret wingi nang alun-alun ket isuk sampe awan? Gawe seng gurung ngerti wingi lapo kok Sidoarjo sempet macet, tak kandani Lur. Wingi iku ono karnaval dengan start nang Alun-Alun, finish nang GOR Sidoarjo adalah untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-159. Selain dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, karnaval ini dihadiri juga oleh Gubernur AAL, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, para Pimpinan FORKOPIMDA, Pimpinan Bank Jatim dan para pejabat di lain lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Karnaval ini diawali doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati dan Wakil Bupati, selanjutnya dibuka oleh Bupati Sidoarjo.

Uniknya, pembukaan karnaval ini dilakukan dengan pemukulan Hadrah oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, diikuti penampilan Hadrah Ishari NU yang membentuk formasi angka 159 dengan pemain sebanyak 300 orang. Setelah itu peserta kirab juga diberangkatkan oleh Bupati bersama Pasukan Pengibar Bendera.

Karnaval yang bertajuk “Pesona Delta” ini bener-bener suwangar pol Lur! Banyak banget penampilan unik dengan mengangkat legenda maupun kearifan lokal budaya Sidoarjo. Mulai dari legenda tentang Dewi Sekardadu, Prasasti Delta Kamalagyan, Joko Pandelengan & Roro Walang Angin, dan masih banyak lainnya. Kebanyakan penampilan ini juga diiringi oleh musik patrol yang khas dengan budaya Sidoarjo. Karnaval yang diketuai oleh Wakil Bupati Sidoarjo, yaitu Cak Nur ini diikuti sebanyak 27 peserta dengan membawa keunikan masing-masing. Totalitas berkarya masyarakat Sidoarjo dalam memeriahkan karnaval ini ditandai dengan peserta yang rela menggunakan kostum dan menggunakan make-up sesuai karakter yang diperankan. Kendaraan yang mereka bawa pun didekorasi sebagus dan seunik mungkin. Ga kalah mbek festival atau karnaval liyone westalah!

Pesertanya mulai dari instansi, kecamatan, hingga sekolah lho! Mulai dari Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD), RSUD, Dinas Tenaga Kerja, Badan Penanaman Modal, Bank Jatim, INTAKO, Sun Hotel, SMK 10 November, SMKN Sidoarjo dan masih banyakkkkk banget yang lainnya. Seng Kecamatan iku ono tekan Kecamatan Buduran, Kecamatan Gedangan, dan Kecamatan Sedati. Nah kebetulan Kecamatan Sedati iki menampilkan Reog Cemandi, reog seng asale tekan Darjo dan berpusat nang Sedati. Oh iyo Lur ga ketinggalan ono peserta karnaval tekan Kabupaten Tuban yang menampilkan The Greatest of Jenggolo  dan juga dari Kabupaten Trenggalek yoiku Cantrek (Cah Rantauan Trenggalek) yang menampilkan Jaranan Buto Trenggalek.

Ga mek penampilan masyarakat Sidoarjo tok, wingi yo dihibur oleh Duo Virgin Lur. Abah Ipul yo melok duet mbek Duo Virgin lho! Wagelaseh! Rugi sampean-sampean seng wingi mek ngebo tok nang omah. Penutup acara karnaval iki yo petjah oleh penampilan sekaligus atraksi dari drumband  Genderang Seruling Gita Jala Taruna dari AAL. Ga rugi yo dulur Darjo seng wes standby nang Alun-Alun utowo GOR Sidoarjo ket isuk sampe awan gawe ndelok karnaval seng mempesona iki!

Akhir kata, GWSLur.id mengucapkan Selamat Hari Jadi Sidaorjo ke-159 semoga semakin berprestasi, guyub wargane, dan dapat membanggakan Indonesia baik nasional maupun internasional yo!

(hun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.