3 Ciri Khas Batik Sidoarjo Beserta Motifnya

0 129

Kekayaan budaya di Indonesia memang sangat banyak, terutama batik di Sidoarjo. Sidoarjo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Sidoarjo tidak hanya dikenal dengan kerupuk udang, terasi atau bandengnya saja melainkan juga batiknya. Kota ini kini sudah tidak asing di telinga masyarakat sejak terjadinya lumpur Lapindo. Keunikan dari batik Sidoarjo membuat banyak masyarakat yang berminat. Apakah anda sudah mengetahui ciri khas batik sidoarjo beserta motifnya? Jangan khawatir, kami akan mengulasnya secara lengkap untuk anda.

Batik Sidoarjo Jawa Timur sudah ada sejak tahun 1675. Tentu, sudah cukup lama dan menjadi salah satu perkembangan batik era tersebut. Selain batik ada juga loh tempat wisata Sidoarjo yang menarik. Banyak sekali pengrajin batik dengan keterampilan yang begitu tinggi. Sebelumnya, batik hanya dipakai untuk sendiri saja.  Mulai pada tahun 1950 banyak yang sudah menjajakan batik di beberapa pasar. Kini, banyak masyarakat yang menjualnya di pasar jetis. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas ciri khas dan motif batik sidoarjo.

Ciri Khas Batik Sidoarjo Beserta Motifnya

Batik yang dihasilkan dari para pengrajin di Sidoarjo jelas memiliki ciri khas serta motif menarik. Selengkapnya akan kami bahas dibawah ini.

  1. Dari Segi Warna

Menarik, jika di pahami dengan lebih dalam mengenai batik sidoarjo maka terlihat keunikannya. Salah satunya yaitu pada segi warnanya. Warna dari batik sidoarjo tidak terlalu mencolok dan cenderung memiliki warna gelap. Bahkan, banyak batik yang menggunakan warna cokelat.Namun, tidak menutup kemungkinan untuk adanya warna lainnya.

Hal ini juga merupakan permintaan dari pasar. Dimana, warna gelap mungkin hanya cocok digunakan pada beberapa keperluan saja. Berbeda dengan warna terang yang biasanya digunakan utuk banyak keperluan. Jadi, tidak heran jika beberapa pegrajin juga menyediakan warna terang dalam batiknya.

  1. Dari Segi Kualitas

Ciri khas batik sidoarjo selanjutnya yang dapat dilihat yaitu pada segi kualitasnya. Hampir di seluruh daerah wilayah Indonesia membuat batik dengan begitu baik. Pengrajin yang berkompeten menghasilkan seni batik berkualitas. Termasuk di wilayah Sidoarjo yang terdapat beragam pengrajin batik. Teksturnya lembut dan memiliki nilai jual cukup tinggi.

Kualitas dari batik yang dibuat pengrajin tidak perlu anda ragukan lagi. Karena sudah terjamin kekuatan dan kerapihannya. Sangat baik dan tepat dalam pengimplementasian terutama pada pakaian. Dengan kualitas yang tinggi, harga batik sidoarjo tentu sebanding. Dijamin, saat anda membeli batik sidoarjo tidak akan menyesal !

  1. Dari Segi Motifnya

Ciri khas batik sidoarjo yang ke 3 yaitu dari segi motifnya. Memahami motif batik memang cukup sulit. Bahkan, setiap daerah memiliki motif batik masing-masing. Pengrajin tradisional umumnya memiliki motif yang cukup dikenal. Namun, untuk motif dari batik sidoarjo sendiri berbeda. Yaitu dengan menggunakan batik tulis yang sudah di kreasikan. Salah satunya ada motif dengan hewan agar menjadi lebih menarik.

Motif yang diberikan pada pengrajin sidoarjo tergolong natural dan indah. Serta, beberapa motif batik Jawa Timur memiliki artinya masing-masing. Penggunaan motif pada implementasi memang penting sebagai sebuah makna.  Di sisi lain, permintaan pasar juga mendorong adanya motif yang lebih unik dan disukai oleh semua kalangan.

5 Macam Motif Batik Sidoarjo

Selain ciri khas batik sidoarjo, GWSLUR juga akan membahas macam motif batik Sidoarjo. Berikut ini beberapa macam motif yang digunakan oleh pengrajin sidoarjo antara lain:

  1. Motif Beras Utah

Ciri Khas Batik Sidoarjo dan Motif Beras UtahMotif batik Sidoarjo yang pertama yaitu motif beras utah. Motif ini merupakan batik yang di berikan ornamen beras tumpah. Termasuk dalam salah satu motif batik klasik yang masih banyak dipakai. Sejak awal perkembangan batik, motif ini sudah cukup banyak beredar. Teksturnya lembut karena dibuat dengan begitu teliti serta tidak asalan. Terlebih, para pengrajin di wilayah Sidoarjo sudah paham betul akan motif ini.

Motif beras utah sangat menawarkan nilai estetika yang begitu tinggi. Kemahiran dari pengrajin yang sudah berkualitas membuktikan bahwa hasilnya akan memuaskan. Terlebih, pembuatannya tentu dibuat dengan sepenuh hati. Ornamen beras utahnya juga dibuat dengan teliti dan menghasilkan motif terbaik.

  1. Motif Kembang Tebu

Motif Kembang TebuMotif yang satu ini juga menjadi primadona terutama di kalangan wanita. Kembang tebu memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Arti yang didapatkan sendiri juga begitu mendalam. Dimana, tebu berarti kuat dalam menjalani kehidupan ini. Masyarakat harus kuat dengan apa yang akan dilakukan.

Ornamen yang dihasilkan memang sangat unik dengan perpaduan warna dasarnya. Umumnya, warna yang digunakan yaitu gelap dengan konsentrasi pada dasarnya. Jadi, akan menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai estetika tinggi. Buakn hal yang asal-asalan. Para pengrajin juga memahami dengan benar bagaimana membuat motif ini. Hasilnya tentu sangat berkualitas !

  1. Motif Burung Cipret

Motif Burung CipretMotif batik Sidoarjo selanjutnya yaitu motif burung cipret. Seiring berjalannya waktu, motif yang ada juga mengikuti dengan perkembangan zaman. Terutama, menyesuaikan pada keinginan pasar dalam membuat batik lebih unik. Karena itu, para pengrajin menambahkan burung cipret pada motif batiknya. Tentu, hal ini cukup unik dan memberikan kesan tersendiri.

Dimana, sangat berbeda dengan wilayah yang lainnya. Burung cipret dikenal dengan keindahannya. Perpaduan dari motif burung dengan warna yang tepat akan menghasilkan karya motif berkualitas. Sangat cocok untuk di implementasikan pada berbagai macam kebutuhan. Seperti pakaian, kemben ataupun yang lainnya.

  1. Motif Sekar Jagad

Ciri Khas Batik Sidoarjo dan Motif Sekar JagadPercaya atau tidak, ternyata motif ini juga banyak sekali peminatnya. Dimana, makna yang terkandung di dalamnya juga begitu tinggi. Motif ini menyajikan bunga dunia yang sangat indah. Membuat, siapapun yang melihatnya secara langsung akan jatuh cinta. Terutama, bagi wanita yang memakainya akan merasakan jauh lebih anggun. Motif sekar jagad ini juga termasuk ciri khas batik sidoarjo loh.

Tampil dengan lebih elegant dan tetap menarik tentu menjadi pilihan semua orang. Ornamen yang ada dan perpaduan warna dari motif ini sangat terasa. Tidak heran, jika banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakannya. Terutama, pada saat acara resmi maka banyak yang menggunakan. Kini, motif sekar jagad memiliki warna yang lebih cerah dan dijamin nilai estetikanya begitu tinggi !

  1. Motif Kipas

Motif KipasMotif batik Sidoarjo yang ke 5 ini yaitu motif kipas. Masih ada motif kipas yang menjadi pilihan bagi para pecinta batik. Dimana, motif ini sangat cocok untuk para perempuan. Memiliki arti sebagai lambang keanggunan pada setiap yang menggunakan. Menariknya, perpaduan dari warna dan motif serta ornamen yang ada didalamnya memang begitu tepat. Tidak heran, jika banyak masyarakat yang menyukai motif ini.

Terlebih, pengrajin saat ini sudah memodifikasi agar lebih tepat dalam pewarnaanya. Hasilnya, sungguh fantastis ! Motif kipas memberikan nuansa yang jauh lebih keren. Karena, warnanya kini lebih cerah dan terasa lebih melekat. Motif ini dapat dipilih bagi anda yang memang menyukainya. Dijamin, tidak mengecewakan !

Itulah ciri khas batik sidoarjo beserta motifnya yang perlu kita ketahui dari Budaya Indonesia. Bagaimana, sangat menarik bukan? Setelah anda mengetahui dari artikel ini maka anda juga bisa membelinya di beberapa pasar. Karena, kini para pengrajin batik sudah mulai menjualnya ke berbagai macam pasar nasional. Dijamin, untuk kualitasnya sangatlah baik. Selamat mencoba !

Leave A Reply

Your email address will not be published.