8 Budaya Indonesia yang Jarang Diketahui

0 873

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan kebudayaan. Contohnya pada artikel sebelumnya yaitu macam-macam batik di Indonesia. Warisan yang ada sejak zaman dahulu sampai saat ini masih tetap berkembang. Masyarakat masih memahami arti penting mengenai kebudayaan. Tentu, hampir setiap daerah memiliki kebudayaannya masing-masing. Umumnya, budaya yang ada merupakan hasil dari turun temurun. Tetapi, masih ada budaya indonesia yang jarang diketahui yang sangat banyak. Apa saja contoh budaya Indonesia tersebut? Simak ulasanya ada dibawah ini.

Budaya yang berkembang hingga saat ini memiliki arti masing-masing. Setiap kebudayaan memang dipercaya oleh masyarakat akan memberikan hal baik. Di era yang serba maju ini, tentu tidak sulit untuk mendapatkan informasi mengenai kebudayaan. Faktanya, masih terdapat beberapa budaya indonesia yang jarang diketahui. Salah satu sebabnya, karena kurang terekspos ke bagian luar. Karena itu, kami akan menyampaikan beberapa budaya tersebut.

Beberapa Budaya Indonesia yang Jarang Diketahui

Mungkin, anda hanya mengenal beberapa budaya saja yang masih kerap dilaksanakan. Simak beberapa budaya yang justru kurang diketahui masyarakat.

  1. Tabuik

TabuikMasyarakat Minangkabau ternyata memiliki budaya yang unik dan jarang di ketahui. Tabuik merupakan upacara yang digunakan dalam rangka memperingati Asyura. Yaitu gugurnya Ian Husain yang merupakan seorang cucu dari Nabi Muhammad SAW. Tabuik sendiri memiliki artian sebagai peti kayu. Masyarakat beranggapan bahwa tabuik dapat membawa berkah tersendiri.

Dengan membuat tabuik raksasa tentu setiap bagiannya memiliki arti. Pada bagian bawah tanduk berwujud seperti urak. Sedangkan, untuk petinya melambangkan burak untuk menjemput jenaza Hussein bin Ali. Kemudian, tabuhan gendang di anggap sebagai simbol peristiwa meninggalnya Hussein bin Ali. Sampai saat ini, masyarakat terus melaksanakannya pada tanggah 10 Muharram kalender tahunan.

  1. Pasola

PasolaPernah mendengar budaya yang satu ini? Merupakan kebudayaan yang berasal dari masyarakat Sumbat, Nusa Tenggara Timur. Pasola sendiri memiliki artian berupa lembing kayu untuk melembar. Pasola memainkan permainan perang-perangan. Banyak yang menggap hal ini dilakukan sebagai wujud atas kepergian seorang istri. Dengan melemparkan pasola dan menggunakan pacuan kuda yang terlatih.

Para pemain akan di anggap sebagai kstaria yang menggunakan tombal Untuk kemudian, bertarung dengan lawannya. Budaya ini memang tidak pernah memakan korban. Namun, beberapa darah bisa saja keluar karena peperngan tersebut. Meskipun begitu, banyak juga yang percaya bahwa darah tersebut dapat membawa berkah.

  1. Dugderan

DugderanBudaya Indonesia yang jarang diketahui ke 3 yaitu Digderan. Dugderan merupakan budaya untuk mewujudkan rasa rindu terhadap bulan suci ramadhan. Dugderan di laksanakan pada 1 minggu sebelum bulan puasa di Semarang. Budaya ini diawali dengan adanya pasar rakyar. Kemudian, akan di lanjutkan dengan karnaval yang terdiri dari semua lapisan masyarakat kota semarang.

Tidak hanya sampai di situ, tentu masih banyak yang ditampilkan. Seperti mobil hias serta beberapa karya kreatif dari masyarakat. Budaya ini sudah ada sejak tahun 1881. Meskipun, banyak masyarakat luar yang masih belum mengetahui. Tetapi, masyarakat kota Semarang sendiri sangat antusias dalam menikmati budaya tersebut.

  1. Makepung

8 Budaya Indonesia Yang Jarang DiketahuiDi daerah Bali, ada kegiatan berupa makepung. Merupakan hiburan yang menggunakan binatan suci yaitu kerbaru. Awal mulanya, makepung hanya digunakan untuk mencari kerbau terbaik saja. Namun, seiring berjalannya waktu banyak masyarakat yang mulai tertarik dan terhibur. Beda sekarang, tentu beda juga dahulunya.

Jika dahulu, untuk makepung menggunakan 1 kerbau,maka sekarang bisa mencapai 3. Selain itu, jokinya sendiri sekarang harus lebih kecil karena untuk di perlombakan. Tidak heran, jika banbyak masyarakat dari luar daerah yang ingin tertarik melihat secra langsung. Meskipun belum banyak di ketahui, tetapi justru minat untuk mengetahui cukup tinggi.

  1. Kasada

KasadaDi era yang serba modern ini, masyarakat Indonesia juga masih tetap melestarikan budaya. Termasuk budaya kasada oleh masyarakat Bromo. Kasada dilakukan sebagai bentuk penyembahan terhadap Sang Hyang Widhi. Penyembahan ini di maksudkan sebagai rasa bersyukur atas semua nikmat yang telah di berikannya. Termasuk untuk kekayaan alam yang begitu melimpah. Kasada juga merupakan budaya Indonesia yang hampir punah.

Sampai saat ini, masyarakat masih senan tiasa menjalankan budaya ini. Bahkan, setiap tahunnya pengunjung semakin banyak yang ingin menyaksikan. Karena, memang masih sangat kultural dan memberikan pemahaman arti yang cukup tinggi. Terlebih, masyarakat juga sudah paham bahwa memang seharusnya melestarikan kebudayaan. Salah satunya dengan mengikuti beberapa kegiatan budaya tentunya.

  1. Mapasilaga Tedong

Mapasilaga TedongBudaya Indonesia yang jarang diketahui ke 6 yaitu Mapasilaga Tedong. Percaya atau tidak, ternyata di Indonesia juga ada tradisi untuk adu banteng. Hampir mirip dengan Negara Spanyol yang menggunakan Matador. Merupakan buday aturun temurun yang sudah ada di tana toraja sejak dahulu. Tujuan dari di selenggarakannya yaitu untuk menghargai pada leluhur. Untuk kerbau yang digunakan yaitu jenis albino. Jadi, dapat di pastikan untuk harganya cukup mahal ya.

Menariknya, sebelum melakukan aduan kerbau tersebut akan di arak terlebih dahlu. Jika salah satu kerbau meninggalkan aduan atau sering terjatuh maka dianggap kalah. Selanjutnya, setelah aduan selesai maka akan di lanjutkan pada proses pemotongan kepala kerbau. Pemotongan dilakukan hanya dengan satu kali tebas saja. Tentu, hanya dilakukan oleh orang yang berpengalaman.

  1. Ritual Tiwah

Ritual TiwahBudaya yang sangat unik ini mungkin hanya ada di Indonesia. Ritual Tiwah merupakan sejenis mengantarkan tulang belulang orang meninggal ke tempat terkahirnya yaitu sandung. Harapannya yaitu orang telah di tiwahkan mencapai surga. Anda dapat melihat ritual ini di suku Dayak, Kalimantan tengah. Terutama, bagi mereka yang mengikuti kepercayaan Kaharingan.

Pertama, orang akan di kuburkan sementara. Kemudian, dibongkat dan dibakar sampai dengan sisa hanya tulang belulang saja. Kemudian, akan di adakan ritual tiwah seperti menari, serta nyanyian khas batak. Tidak lepas juga menyembelih hewan kurban. Namun, sampai saat ini hanya beberapa orang saja yang masih menjalankannya. Tentu, karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

  1. Kebo-Keboan

Kebo-KeboanBudaya Indonesia yang jarang diketahui terakhir ini yaitu kebo-keboan. Daerah Banyuwangi memiliki kebudayaan yang cukup unik yaitu kebo-keboan. Budaya ini merupakan turun temurun sejak zaman dahulu. Umumnya di selenggarakan pada tanggal 1-10 dalam bulan syura. Fungsi dari budaya ini yaitu untuk meminta hujan di musim kemarau. Dalam ritual ini, akan ada orang yang di buat sedemikian rupa menjadi kebo.

Tentu, yang di dandani menjadi kebo ialah para pria. Kemudian, para wanita menyiapkan sesajen berupa tumpeng dan sebagainya. Hal ini memang sangat unik dan belum banyak dikenal oleh masyarakat. Tidak jarang, masyarakat sekitar juga melihatnya secara langsung. Tetapi, harus melihat dengan tetap hati-hati. Karena, kebo keboan juga terkadang dapat keluar dari arenanya.

Itulah pembahasan lengkap budaya indonesia yang jarang diketahui versi GWSLUR. Bahkan, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui budaya di atas. Sudah seharusnya, masyarakat lebih paham mengenai budaya yang ada di Indonesia. Dengan memahami budaya, maka akan ikut serta dalam melestarikannya. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.