Alun-alun Sidoarjo

0 98

GWS.id-Alun-alun Sidoarjo adalah ruang publik yang disediakan pemerintah Sidoarjo sebagai tempat untuk berekreasi atau aktivitas lain yang memungkinkan dilakukan di ruang terbuka seperti olah raga, perkumpulan komunitas, dan lain sebagainya. Alun-alun Sidoarjo terletak di Jalan Sultan Agung, 61219 dengan koordinat 7°26’45″S   112°43’4″E. Alun-alun Sidoarjo menjadi salah satu landmark kota yang berlogokan udang dan bandeng. Alun-alun Sidoarjo dibangun dengan mengadopsi penataan kota lama, dimana alun-alun berada di jantung kota, dan dikelilingi oleh berbagai kantor pemerintahan.

Di alun-alun Sidoarjo banyak pepohonan yang rindang sehingga alun-alun menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi baik pada waktu pagi, siang, atau malam. Pada pagi hari, alun-alun banyak dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga bagi warga. Di siang hari, masyarakat dapat beristirahat dengan nyaman setelah melakukan berbagai aktivitas. Sedangkan di malam hari, alun-alun Sidoarjo sangat cocok untuk bersantai dan menjadi tempat yang pas untuk menikmati pemandangan kota di malam hari.

Setiap hari Minggu juga diadakan Car Free Day di alun-alun ini. Sudah pada tau dong kalau di Car Free Day kalian akan menemukan banyak aktivitas mingguan, seperti senam massal, perkumpulan berbagai komunitas mulai dari pecinta hewan, musik indie, BMX, dan lain sebagainya yang pastinya bakal seru entek (seru abis ya maksudnya ehehe).

Selain berbagai aktivitas yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya, kita juga bisa jalan-jalan untuk berwisata kuliner di sekitar alun-alun Sidoarjo. Pemerintah sudah menata ruang berjualan di sisi alun-alun sebagai tempat untuk PKL (pedagang kaki lima). Ada banyak varian masakan yang tersedia jadi jangan khawatir untuk tidak dapat menemukan makanan yang sesuai selera.

Kalau kamu merasa terlalu lelah untuk berjalan mengitari alun-alun, kamu bisa berkeliling alun-alun dengan naik bendi atau dokar. Dokar wisata menjadi salah satu ciri khas yang ada di alun-alun Sidoarjo. Bendi atau dokar merupakan salah satu alat transportasi yang penting pada jaman dahulu. Seiring kemajuan zaman, dokar semakin jarang ditemui sehingga bagi generasi sekarang ini, khususnya anak-anak, dokar merupakan sesuatu yang menarik dan diminati.

Salah satu kegiatan yang secara rutin diadakan di alun-alun Sidoarjo adalah festival lelang bandeng. Selain dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, lelang bandeng tradisional juga dilaksanakan sebagai pengingat bagi warga Sidoarjo, khususnya mereka yang berprofesi sebagai peternak bandeng untuk meningkatkan  produksi ikan bandeng dengan peningkatan motivasi, inovasi serta promosi agar para nelayan tambak lebih meningkatkan kesejahteraannya.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk berwisata ke alun-alun Sidoarjo karena di alun-alun kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dengan keluarga, atau teman-teman, atau bahkan sendirian 😀 Untuk sekedar menikmati pemandangan atau untuk mencari makanan, alun-alun menjadi opsi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

(dnm)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.