9 Alat Musik Tradisional Indonesia Wajib Anda Pahami

Alat Musik Tradisional Indonesia

0 674

Republik Indonesia memiliki berbagai macam daerah dan suku yang memiliki ciri khas masing-masing. Baik unuk keseniannya ataupun produk yang dibuat. Kesenian berupa musik memang menjadi pilihan hiburan dalam sehari-hari. Menggunakan alat musik tradisional semakin memberikan nuansa yang begitu indah dan tetap nyaman. Namun, sudahkah anda paham mengenai alat musik tradisional? Lebih jelasnya akan kami bahas dibawah ini 9 Alat musik tradisional Indonesia secara lengkap.

Sebelumnya juga telah dibahas pertunjukan budaya wayang yang menggunakan alat musik tradisional Indonesia, alat musik membantu dalam membuat instrumen maupun nada yang tepat. Dengan bantuan alat musik, lantunan lagu yang dinyanyikan menjadi lebih menarik. Alat musik tradisional di Indonesia sendiri sangatlah beragam. Tentu, alat musik ini sudah ada sejak zaman dahulu. Memainkan alat musik tradisional sendiri juga tidaklah terlalu repot dan cukup mudah. Untuk itu, anda harus memahami terlebih dahulu 9 alat musik tradisional Indonesia.

9 Alat musik tradisional Indonesia Wajib Anda Pahami

Setidaknya, terdapat 9 alat musik tradisional Indonesia yang sangat sering digunakan sampai saat ini. Apa saja alat musik tersebut? Berikut beberapa alat musik tradisional antara lain:

  1. Kendang

Alat musik tradisional indonesia Kendang

Sudah pasti, banyak masyarakat yang mengenal alat musik kendang Kendang berasal dari Jawa Barat yang memiliki keunikan tersendiri dan juga termasuk alat musik tradisional Indonesia. Kendang dibuat menggunakan kulit hewan seperti sapi ataupun kerbau. Umumnya, penggunaan kendang banyak dipakai dalam acara tradisional ataupun beberapa keperluan lainnya, seperti untuk mengiringi kesenian Reog Jawa Timur.

Cara memainkan kendang sendiri tidaklah merepotkan, cukup dengan menabuhkan tangan di kendang. Suara yang dihasilkan tentu harus menyesuaikan pada lantunan lagu berlangsung. Suara nyaring dan sangat nendang di telingga membuat siapapun yang mendengarnya ingin bergoyang.

  1. Suling

Merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini umumnya terbuat dari bambu yang diberikan lubang pada bagian atas dan bawahnya. Fungsi lubang tersebut bukan lain yaitu untuk mengatur irama musik. Suling memiliki suara yang lembut dan merdu jika digunakan oleh ahlinya. Di beberapa panggung, suling tentu kerap kali di mainkan.

Cara memainkan suling yaitu dengan meniupkan pada ujung belakang. Setelah itu, jemari harus menutup beberapa lubang agar menghasilkan suara yang tepat. Bahkan, perpaduan alat musik lainnya dengan suling dijamin memberikan suasana yang lebih mantap ! Maka anda juga bisa mempelajarinya dengan mudah.

  1. Serunai

Alat musik serunai berasal dari daerah Minangkabau,Sumatera Barat. Terbuat dari batang padi, bambu serta bisa menggunakan tanduk kerbau dengan campuran daun kelapa. Alat musik ini memiliki ujung yang mengambang dan berfungsi sebagai volume suara. Tentu, alat musik yang satu ini cukup menarik sebagai alat musik tradisional Indonesia dan membuat orang ingin mencobanya.

Serunai dimainkan dalam beberapa acara penting seperti adat,pernikahan dan lainnya. Cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan terompet, yaitu dengan memanfaatkan hembusan dari dalam mulut. Tentunya, dilakukan oleh mereka yang telah profesionalfJawa dalam memainkannya.

  1. Aramba

Menarik ! Alat musik tradisional ini terbuat dari tembaga, logam ataupun kuningan dan memiliki ukuran cukup berat. Aramba ialah alat musik yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Aramba dikenal sebagai alat musik untuk sebuah pesta di era dahulu. Namun, seiring berjalannya waktu fungsi aramba juga dapat digunakan sebagai iringan tarian.

Aramba memang memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Memainkan aramba hanya dengan memukul menggunakan stik kayu khusus. Namun, dalam memukulnya tidak boleh sembarangan. Karena, jika sembarangan akan menghasilkan intrument yang kurang tepat. Harus sudah memahami terlebih dahulu dasar dalam permainannya.

  1. Angklung

Alat musik yang satu ini tentu banyak orang mengenalnya. Angklung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat. Menariknya, angklung sudah masuk dalam salah satu warisan kebudayaan dunia. Terbuat dari bambu yang dipotong pada bagian ujungnya kemudian di bentuk sedemikian rupa. Suara yang dihasilakan sangat khas dan begitu cocok untuk di dengarkan.

Banyak sekali pengamen jalanan yang menggunakan angklung dalam menyanyikan lagu. Karena, tidak bisa di pungkiri bahwa angklung memberi suasana jauh lebih baik. Cara memainkannya sangat mudah,cukup digoyangkan sampai mengeluarkan suara yang tepat dengan lagunya.

  1. Gamelan

Salah satu alat musik tradisional Jawa tengah ialah gamelang. Terdiri dari gong, gambang, bonang, dan lainnya. Faktanya, alat musik yang satu ini sudah  sangat terkenal di seluruh dunia sebagai alat musik tradisional Indonesia. Karena, keunikan dan suara yang dihasilkan begitu lembut serta indah. Banyak dimainkan saat sedang dalam acara resmi baik di masyarakat maupun lingkungan kraton.

Memang, untuk memainkan alat musik ini sangat dibutuhkan skill yang benar. Banyak sekali para pemain gamelang yang masih anak-anak. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya gamelang masih cukup di minati. Hanya saja, perlu pendampingan yang benar.

  1. Kolintang

Di daerah Minahasa, Sulawesi Utara terdapat salah satu alat musik menarik yaitu Kolintang. Alat musik ini terbuat dari potongan kayu yang dibentuk dengan benar. Pada awal mulanya, alat musik kolintang digunakan untuk pemujaan roh lelhur. Seiring berjalannya waktu, kini kolitang juga digunakan sebagai pengiring tarian maupun upacara adat lainnya.

Untuk memainkan alat musik ini tidaklah sulit. Hanya dengan menggunakan stik kayu pada bagian ujungnya dibalut kain maka dapat dimainkan. Namun, untuk memainkannya sekali lagi jelas membutuhkan ketrampilan yang tinggi. Tidak sembarang orang dapat memainkannya dengan benar. Namun, suara yang dihasilkan dijamin tidak mengecewakan !

  1. Tifa

Di bagian timur wilayah Indonesia, terdapat alat musik yang cukup unik yaitu tifa. Alat musik ini terbuat dari batang kayu yang bagian dalanya dihilangakan kemudian diberikan kulit rusa kering. Menariknya, untuk bagian tengah dari alat musik ini biasanya di buat ukiran sebagi salah satu seni dari pembuatnya.

Cara memainkannya yaitu hanya dengan dipukul menggunakan irama. Masyarakat di daerah timur tentu sudah lama mempelajari alat musik ini. Biasanya, tifa di mainkan saat sedang dalam acara penting maupun event khusus. Bahkan, minat wisatawan untuk melihat orang yang memainkan tifa juga cukup tinggi.

  1. Gambus

Alat musik tradisional yang tidak kalah pentingnya yaitu Gambus. Alat musik ini umumnya banyak digunakan dalam pertunjukan maupun pengiring beberapa tarian. Dalam hal musik, gambus bukanlah baru. Melainkan, sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi cara untuk berekpresi.

Gambus yang berasal dari daerah Jambi ini memiliki ukuran yang berbeda. Dengan jumlat tawai 12 senar tentu cukup merepotkan jika di mainkan. Oleh karena itu, hanya beberapa orang saja yang aapat memainkannya.

Begitulah ulasan lengkap 9 Alat musik tradisional Indonesia. Setiap alat musik sudah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Baik untuk suara yang dihasilkan ataupun cara memainkannya. Sebagai generasi penerus bangsa, sudah saatnya untuk anda ikut melestarikan alat musik ini. Mainkan bersama dengan keluarga ataupun teman untuk menemani waktu luang anda !

Silahkan menyimak ulasan seni budaya Indonesia lainnya di channel GWSLUR.ID untuk menambah hazanah wawasan seni budaya kita dan kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.