9 Upacara Adat di Indonesia Beserta Daerahnya

0 329

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam keunikannya. Hampir di setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Macam-macam seni kriya di Indonesia juga sangat banyak. Terlepas dari itu, masyarakat tentu memiliki jiwa toleransi yang cukup tinggi. Terlebih, dalam adat yang memang selalu berlangsung setiap tahunnya. Beberapa daerah memiliki upacara adat yang tentu memiliki tujuannya masing-masing. Upacara adat juga memiliki fungsi menarik wisatawan dengan lebih banyak.  Apa saja upacara adat di Indonesia dan tujuannya? Untuk lebih jelasnya, akan kami ulas tuntas 9 upacara adat di Indonesia beserta daerahnya.

Di era sekarang ini, tentu masih terdapat beberapa daerah yang memegang teguh kebudayaannya. Adat yang sudah ada sejak zaman dahulu masih tetap di lestarikan. Tidak hanya di jawa saja, di beberapa daerah juga masih ada. Karena, masyarakat menganggap bahwa adat merupakan warisan yang sudah seharusnya di lestarikan. Untuk itu, adat yang ada harus tetap berkembang. Upacara adat biasanya dilakukan dalam beberapa keperluan penting. Ingin tahu lebih lengkap? Baca 9 upacara adat di indonesia pada artikel ini

9 Upacara Adat di Indonesia Beserta Daerahnya

Beragam upacara adat yang ada dari dahulu masih tetap berkembang dan di lestarikan. Hal ini penting, untuk tetap menjaga kesatuan dan keunikan bangsa.

  1. Upacara Adat Sedekah Laut Cilacap

Upacara Adat Sedekah Laut CilacapUpacara adat di indonesia yang pertama yaitu upacara adat jawa di laut cilacap. Salah satu contoh upacara adat jawa di daerah Cilacap, Jawa Tengah berupa sedekah laut. Upacara ini ditujukan untuk Nyi Roro Kidul yang banyak di percaya oleh masyarakat sebagai ratu pantai selatan. Bukan semata-mata untuk ditujukan begitu saja, melainkan dalam rasa syukur terdapat hasil laut yang melimpah.

Umumnya, masyarakat akan mempersiapkan sesaji dalam upacara ini. Kemudian, sesaji yang telah di siapkan akan di bawa bersama-sama ke laut. Sesaji dapat berisikan aneka hasil dengan tambahan kepala kerbau. Kemudian, sesaji di larungkan di lautan oleh para nelayan yang ikut serta upacara tersebut. Upacara yang satu ini cukup diminati oleh para masyarakat karena keunikannya tersebut.

  1. Ma’nene Tana Toraja

Ma’nene Tana TorajaUpacara adat ini merupakan penggantian pakaian jenazah saudaranya. Masyarakat toraja akan melakukan upacara ini setiap 3 tahun sekali tepatnya pada bulan Agustus. Jenazah yang diawetkan akan di ambil kemudian di bersihkan mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung kalki. Kemudian, jenazah yang telah bersih di ganti pakaiannya.

Inti dari upacara ini sebenarnya terletak pada sisi kekeluargaannya. Dimana, hubungan kekeluargaan harus terjalin dengan benar. Meskipun, sudah meninggal sekalipun. Karena, hubungan keluarga sangatlah penting dalam menjalani kehidupan nantinya. Selain itu, ritual ini juga untuk memperkenalkan anggota keluarga muda dengan para leluhurnya.

  1. Upacara Adat Ngaben Bali

Upacara Adat Ngaben BaliMerupakan upacara untuk pembakaran jenazah di Bali. Upacara ngaben akan di buat oleh keluarga berupa bade dan lembu sebagai tempat untuk membawa jenazahnya. Tempat tersebut cukup megah, dan akan di bantu oleh masyarakat sekitar. Setelah itu, jenazah akan di arak dan terakhir dibakar bersama dengan tempat tersebut dalam ritual yang khusus.

Uniknya, upacara ini memang hanya ada di daerah Bali saja. Masyarakat sekitar juga menjunjung tinggi toleransi dengan berbagai macam perbedaan. Ngaben dilakukan sesuai persetujuan dari pihak keluarga. Dengan begitu, tidak ada masalah jika memang sudah akan dilakukan. Terlebih,upacara adat ngaben juga dilakukan dengan ritual yang khusyuk.

  1. Katiana Poso

Katiana PosoUpacara adat di indonesia ke 4 yaitu katiana poso. Katiana merupakan upacara adat sebagai bentuk syukur terhadap perempuan yang telah masuk pada masa kehamilan. Di selenggarakannya pada masa kehamilan usia ke 7 bulan. Prosesnya akan berlangsung dengan khusus dan di pandu oleh sesepuh setempat. Baik dari pria maupun wanita akan menjalankan proses sesuai pada prosedur katiana sendiri.

Hal ini tentu menarik dan memberikan efek yang baik. Dimana, masyarakat juga berbondong-bondong datang untuk melihat dan mendoakan bersama-sama proses kehamilan tersebut. Dengan berdoa bersama-sama, keluarga berharap untuk kehamilan menjadi lebih lancar dan dimudahkan dalam semua prosesnya.

  1. Tabuik Sumatera Barat

9 Upacara Adat di Indonesia Beserta DaerahnyaUpacara yang satu ini hanya dapat di temukan di Sumatera Barat. Di upacara ini lebih identik apda umat islam dalam mengenang kematian anak Nabi Muhammad SAW pada sebuah perang. Upacara ini tepatnya di lakukan pada hari Asura tanggal 10 Muharram tahun Hijriah. Sebelum upacara dimulai masyarakat akan bersama-sama membuat tabuik.

Kemudian, pada harinya tabuik tersebut akan di arah menuju ke laut. Sebuah tabuik atau peti husein ini di angkat kurang lebih 30 orang. Kemudian, masyarakat akan bersama-sama mengiringi berjalanya untuk menuju ke laut dan di larung. Masyarakat yang datang untuk melihat juga relatif banyak.

  1. Dugderan Jawa Tengah

Dugderan Jawa TengahUpacara yang satu ini digelar untuk menandai datangnya bulan puasa ramadhan. Dugderan sendiri berasal pada perpaudan suara bedug dengan merianya bambu pada bulan puasa. Hal ini memang terjadi pada bulan puasa mulai dari pagi hari sampai dengan malam hari. Pada upacara ini, masyarakat akan mengarak “warak ngendok”.

Warak ngendok merupakan binatang jadi-jadian yang bertubuh kambing, memiliki kepala naga dan bersisik. Binatang buatan ini dibuat dari kertas berwarna corak. Tidak hanya itu, ada juga aktraksi drumband, pawai menggunakan baju adat nusantara agar lebih menarik tentunya !

  1. Pasola Nusa tenggara Timur

Pasola Nusa tenggara TimurPasola ialah upacara untuk menyampaikan doa kepada Tuhan agar panen menjadi lebih berhasil. Upacara ini bertemakan mengenai perang-perangan. Dimana, setiap kelompok akan terdiri lebih 100 pemuda yang akan berperang. Menggunakan senjata tombak dengan bagian ujungnya yang tumpul.

Namun, perperangan yang dilakukan tentu tidaklah asli. Hanya bagian dari penceritaan saja. Sejatinya, masyarakat lebih berharap untuk doa yang di panjatkan lebih di terima oleh tuhan dalam memanfaatkan masa panennya.

  1. Aruh baharin, Kalimantan Selatan

Aruh baharin, Kalimantan SelatanSuku dayak punya cara tersendiri dalam mengungkapkan syukur atas hasil panennya. Yaitu dengan adanya upaya Aruh baharin. Upacara ini sebagai ungkapan atas semua keberhasilkan yang telah di raih pada tahun tersebut. Upacara ini tidak di selenggarakan setiap tahun, melainkan hanya 3 ataupun 4 tahun sekali.

Masyarakat percaya dengan ungkapan terimakasih maka akan jauh lebih menghargai pekerjaan. Dengan begitu, akan timbul sisi positif dalam menghargai waktu yang ada. Di sisi lain, minat masyarakat juga terus berkembang terhadap ketertarikan dalam upacara adat yang satu ini.

  1. Adat Etu Flores

Adat Etu FloresUpacara adat di indonesia yang terakhir yaitu Adat Etu Flores. Menarik bin unik ! Adat yang satu ini memungkinkan pemuda untuk berkelahi. Adat etu merupakan upacara adat dalam rangka menguji kedewasaan remaja laki-laki di Flores. Upacara adat ini dijalankan melalui proses tinju adat. Dimana, para pemuda akan saling memukul menggunakan salah satu tangga yang di sarungi anyaman ijuk.

Kemudian, tangan yang satunya akan digunakan untuk menangkis dari lawan. Hal ini tentu sangatlah unik. Karena, perkelahian yang ada memang telah direstui dan menjadi tontonan oleh para masyarakat. Terlebih, nilai moral yang didapatkan juga cukup baik dalam menguji kedewasaan pria !

Begitulah pembahasan lengkap 9 upacara adat di Indonesia beserta daerahnya versi GWSLUR. Dengan begitu, anda telah mengetahui berbagai macam upacara adat yang ada. Tidak hanya memiliki sisi fungsinya saja, melainkan dapat menarik para masyarakat dan wisatawan lokal maupun luar. Sebagai generasi penerus, alangkah baiknya untuk ikut serta melestarikan adat yang ada di daerah masing-masing. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.